Bagaimana Cara Kerja AC Inverter?

“ac

Memasang penyejuk ruangan atau air conditioner (AC) di rumah memang bisa memberikan kenyamanan tersendiri. Sebelum membeli AC, sebaiknya Anda cari tahu dulu jenis-jenisnya, cara kerjanya, dan keunggulannya. Simak juga penjelasan tentang cara kerja AC inverter yang disebut-sebut lebih oke dibandingkan jenis AC lain.

Saat mendatangi toko elektronik atau browsing di marketplace, Anda mungkin akan bingung melihat ada begitu banyak pilihan AC. Mana, ya, yang pas untuk dipasang di rumah? Bagaimana cara memilih AC yang tepat?

Tenang, Sobat AQUA. Sebelum menentukan pilihan, ikuti dulu penjelasan berikut.

Cara Kerja AC Inverter

Produk AC yang dijual di pasaran saat ini umumnya dibagi ke dalam dua kategori besar, yaitu AC inverter dan AC non-inverter. Sistem kerja air conditioner inverter dan non-inverter memiliki perbedaan yang cukup menonjol.

Inverter adalah teknologi yang dapat mengkonversi daya tinggi menjadi rendah tanpa mengurangi hasil atau kualitas. Saat AC inverter dinyalakan, kompresor akan bekerja dengan kecepatan tinggi untuk mendinginkan ruangan sesuai suhu yang diinginkan atau yang telah disetel. Begitu suhu ruangan mendekati suhu yang diinginkan, kompresor akan melambat dan mempertahankan suhu konstan.

Kompresor AC inverter tidak akan mati, tapi tetap aktif menyala. Bila suhu ruang berangsur naik, kompresor AC inverter akan bergerak mempercepat laju putarannya.

Dengan kata lain, cara kerja air conditioner inverter dapat menghemat konsumsi energi dengan cara menurunkan kecepatan kompresornya setelah suhu ruangan mencapai angka yang telah disetel pada termostat. AC inverter juga dapat membuat ruangan lebih cepat dingin dibandingkan AC non-inverter.

Cara kerja AC inverter yang unik ini membuat pemakaiannya lebih hemat listrik antara 30–50 persen dari AC biasa. Dan karena keunggulan ini pula, harga AC inverter lebih mahal dibandingkan jenis AC lain.

Perbedaan AC Inverter dengan AC Non-Inverter

Saat AC non-inverter dinyalakan, kompresor akan bekerja secara total sehingga tarikan daya listrik yang terpakai juga tinggi. Saat suhu ruangan yang diinginkan sudah tercapai, kompresor pada AC non-inverter akan mati. Namun, bila suhu ruangan berubah, kompresor akan kembali menyala. Cara kerja mati-nyala pada AC non-inverter ini yang menyedot cukup banyak daya listrik.

Jenis AC non-inverter yang cukup banyak diminati adalah AC standard dan AC low-watt. Yuk, bandingkan cara kerja AC inverter dengan kedua jenis AC non-inverter tersebut!

SIstem kompresor saat AC dinyalakan

Pemakaian listrik

Waktu mencapai suhu dingin

Suara AC saat dinyalakan

Harga

AC Inverter

Fleksibel mengikuti suhu ruangan

Lebih ekonomis & hemat

Cepat

Pelan/ringan

Lebih mahal

AC Low Watt

Mati-nyala

Lebih besar

Agak lambat

Agak berisik

Terjangkau

AC Standard

Mati-nyala

Lebih besar

Agak lambat

Agak berisik

Paling murah dibandingkan AC inverter dan low watt

Pilih AC AQUA Elektronik yang Hemat Listrik

Karena AC kini menjadi salah satu peralatan elektronik esensial di rumah, maka besar atau kecilnya daya listrik yang disedot oleh AC menjadi pertimbangan penting saat membelinya. Semakin kecil daya listrik yang diperlukan AC, maka semakin hemat biaya listrik yang akan dikeluarkan.

Bila hal tersebut juga jadi pertimbangan penting bagi Sobat AQUA, maka proses memilih AC yang tepat jadi lebih mudah setelah mengetahui cara kerja air conditioner. Tiga AC inverter persembahan AQUA Elektronik ini bisa menjadi pilihan utama Anda yang ingin memperoleh kesejukan di rumah tanpa takut biaya listrik membengkak atau daya listrik rumah jadi “byar-pet”.

Ketiga AC tersebut adalah AC Inverter AQA-KCRV10WP, AQA-KCRV9WG, dan AQA-KCRV9WGW. Ketiganya dilengkapi teknologi inverter plus yang mampu mengontrol perubahan suhu secara presisi dengan penghematan daya listrik hingga 63%. Konsumsi listrik hemat pada AC Inverter AQA-KCRV9WG dan AQA-KCRV9WGW dibuktikan dengan rasio efisiensi energi berlabel bintang 4.

Keunggulan lainnya adalah teknologi Aqua Fresh yang memungkinkan AC membekukan evaporator dan kotoran yang menempel. Dengan tenaga ekspansi dan hembusan kipas, semua kotoran akan hilang melalui kondensasi air es sehingga menghasilkan udara yang bersih, bebas virus dan bakteri.

Selain itu, ketiga AC inverter ini memiliki fitur Hyper PCB, yakni bagian PCB yang mampu bertahan kurang lebih 10 tahun pada kondisi normal. Hal ini didukung dengan hasil uji ketahanan yang berat dan terbukti andal. Karena daya tahannya ini, Sobat AQUA tak perlu sering-sering melakukan service AC.

Khusus AC Inverter AQUA Japan AQA-KCRV9WG dan AQA-KCRV9WGW juga dilengkapi fitur air fragrance yang menyediakan tempat aromaterapi udara di bagian filter. Cukup teteskan sedikit aromaterapi kesukaan Anda, dan ruangan menjadi harum dan segar saat AC dinyalakan, tanpa tanpa Anda perlu menggantungkan pewangi ruangan lagi.

Nah, ada gunanya juga kan, memahami sistem kerja air conditioner. Kini Anda jadi tak bingung lagi saat memilih AC. Yuk, kunjungi Official Store AQUA Elektronik di marketplace kesayangan atau www.aquaelektronik.com untuk memiliki salah satu AC ini!

References:

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003