Ingin Beli Kulkas Baru? Kenali Macam-macam Kulkas Berikut Ini!

perempuan membuka kulkas

Membahas seputar peralatan elektronik rumah tangga tentunya tidak lengkap tanpa menyebut kulkas. Hingga saat ini, kulkas menjadi salah satu peralatan elektronik paling penting di rumah karena fungsinya yang sangat beragam, mulai dari menjaga kesegaran bahan makanan, menyimpan benda selain makanan (obat-obatan, vaksin, skincare), hingga memfasilitasi promosi penjualan makanan dan minuman. Ada beberapa macam-macam kulkas yang beredar di pasaran sehingga Anda leluasa memilih tipe kulkas yang paling sesuai dengan anggaran dan kebutuhan.

Macam-macam Kulkas dan Karakteristiknya

Hal penting yang patut jadi perhatian Anda sebelum membeli kulkas baru adalah jenis dan ukuran kulkas. Carilah tips membeli kulkas yang memberikan informasi lengkap dan relevan untuk menambah wawasan Anda seputar kulkas. Jika masih bingung tentang macam-macam lemari es atau kulkas dan karakteristiknya, simak ulasan berikut ini terlebih dahulu!

1. Kulkas Freezer

Jenis kulkas yang satu ini paling cocok untuk menyimpan es batu, es krim, frozen food, dan bahan makanan lainnya dalam jumlah banyak karena kapasitasnya besar. Selain itu, kemampuan kulkas freezer untuk membekukan tergolong lebih efektif dibandingkan jenis kulkas lainnya. Temperatur kulkas ini dapat mencapai -280 C sehingga bisa menjaga kesegaran bahan makanan secara maksimal. Freezer bisa dibagi lagi menjadi dua jenis, yaitu deep freezer yang bentuknya menyerupai kulkas 1 pintu dan chest freezer yang bentuknya lebih lebar dengan pintu pada bagian atas.

2. Kulkas Showcase

Di antara macam-macam kulkas lainnya, kulkas showcase paling cocok digunakan untuk promosi bagi Anda yang memiliki usaha kuliner atau toko kelontong. Bagian pintunya terbuat dari kaca transparan sehingga siapa pun bisa melihat bagian dalam kulkas tanpa harus membukanya terlebih dahulu. Kulkas showcase dapat digunakan untuk menyimpan aneka makanan dan minuman karena ketinggian raknya dapat diatur sesuai kebutuhan.

3. Kulkas 1 Pintu

Jika Anda tidak membutuhkan kulkas yang ukurannya terlalu besar, maka kulkas 1 pintu bisa jadi pilihan terbaik untuk Anda. Ukuran kulkas yang satu ini terbilang mungil dan konsumsi daya listriknya lebih rendah daripada kulkas 2 pintu. Sayangnya, bagian freezer kulkas 1 pintu rentan tertutup bunga es karena freezer dan chillerchiller berada pada satu kompartemen yang sama.

4. Kulkas 2 Pintu

Jenis kulkas ini hadir sebagai solusi bagi Anda yang membutuhkan kulkas ukuran besar untuk skala rumah tangga. Bila dibandingkan dengan macam-macam kulkas lainnya, kulkas 2 pintu paling populer di pasaran karena dilengkapi dengan berbagai fitur menarik. Konsumsi daya listriknya memang cukup besar, tetapi manfaatnya sebanding dengan biaya yang harus Anda keluarkan. Penggunaan kulkas 2 pintu akan membuat Anda leluasa menyimpan bahan makanan maupun makanan matang di rumah.

5. Kulkas Side by Side

Bila dilihat sekilas, kulkas side by side memang mirip dengan kulkas 2 pintu. Perbedaannya terdapat pada letak pintu. Kulkas 2 pintu memiliki pintu di bagian atas dan bawah, sedangkan kulkas side by side mempunyai pintu di bagian kiri dan kanan. Bagian kiri biasanya merupakan freezer, sedangkan bagian kanan adalah chiller. Ukuran kulkas side by side jauh lebih besar daripada kulkas 2 pintu sehingga kapasitas muatannya pun lebih besar. Di samping itu, kulkas side by side biasanya juga dibanderol dengan harga cukup mahal dan konsumsi daya listriknya tinggi.

6. Kulkas Multi Door French Door

Lemari es jenis multi door mirip dengan lemari es side by side. Namun, jumlah pintu dan kompartemennya lebih dari dua, bahkan bisa mencapai lima atau lebih. Pintu-pintu bagian atas biasanya untuk membuka bagian chiller, sedangkan pintu-pintu bagian bawah untuk freezer. Harga kulkas multi door tidak jauh berbeda dengan kulkas side by side. Anda akan lebih leluasa mengelompokkan bahan makanan jika menggunakan kulkas multi door karena bagian dalamnya yang terdiri dari banyak ruang penyimpanan.

7. Kulkas Mini

Satu lagi jenis kulkas yang tak boleh dilewatkan adalah kulkas mini. Varian kulkas ini jelas jauh lebih kecil dibandingkan macam-macam ukuran kulkas lainnya. Kulkas mini hanya dapat menyimpan sedikit muatan berupa minuman, makanan, dan camilan lainnya. Biasanya kulkas ini diperuntukkan bagi kamar hotel atau kamar di rumah agar tidak menyita kapasitas ruangan secara berlebihan.

Jika saat ini Anda sedang mencari kulkas berukuran besar untuk mendukung kebutuhan rumah tangga, maka kulkas SIDE BY SIDE AQR-565IM 480 liter dari Aqua Japan bisa menjadi salah satu referensi yang tepat untuk Anda. Kulkas setinggi 1,75 meter ini dilengkapi berbagai fitur unggulan sebagai berikut ini.

  • Antibacterial metal door: dibuat dari material khusus sehingga bakteri sulit berkembang meskipun handle pintu kulkas sering disentuh oleh tangan.
  • Deo fresh: menyerap aroma tak sedap sekaligus menghambat pertumbuhan bakteri sehingga kesegaran makanan tetap terjaga dan aman dikonsumsi.
  • Precise multi flow: mendeteksi dan mendistribusikan udara dingin dengan tepat ke setiap lapisan lemari es sekaligus menghemat energi.
  • 900 auto suspension: pintu dapat terbuka pada posisi 900 tanpa harus dipegang.
  • Digital temperature control: pengaturan suhu bisa dilakukan secara mudah dengan sentuhan pada panel LED.
  • Big capacity: kapasitas besar hingga 480 liter membuat Anda leluasa menyimpan stok makanan untuk persediaan satu minggu.
  • Adjustable shelves: posisi rak bisa disesuaikan untuk menyimpan barang berukuran besar.
  • Cold LED: sistem penerangan dingin yang hanya menghasilkan sedikit panas tanpa variasi suhu ketika menyala.
  • Twist ice maker: mesin pembuat es batu yang mudah dioperasikan dan tersedia sepanjang waktu.
  • Twin inverter: mengoptimalkan pendinginan dengan double compressor dan fan sehingga kulkas lebih cepat dingin dan dapat mendukung upaya penghematan listrik di rumah.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera miliki kulkas SIDE BY SIDE Aqua Japan AQR-565IM 480 liter. Hingga saat ini, Aqua Japan senantiasa berkomitmen memenuhi kebutuhan Anda dengan peralatan elektronik berteknologi canggih.

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003