Bagaimana Cara Mengecek TV Sudah Digital Atau Belum?

remote TV digital

Mulai tahun 2022 ini, Pemerintah akan menghentikan siaran TV analog secara bertahap dan beralih ke siaran TV digital. Apakah Anda sudah tahu cara cek sinyal TV digital? Yuk, cari tahu cara mengecek TV sudah digital atau belum.

TV analog umumnya berbentuk tabung dan hanya menerima sinyal antena UHF yang masih berbentuk analog. Hanya sedikit TV layar datar yang menangkap siaran analog.

Sementara, TV digital adalah siaran televisi yang menggunakan modulasi digital dan sistem kompresi untuk menayangkan siaran sinyal gambar, suara, dan data ke pesawat televisi.

Anda tentu tahu, penerimaan sinyal TV analog kadang tidak bersih karena rentan mengalami noise, gangguan, dan distorsi. Semakin jauh lokasi penerimaan dari titik transmisi, kualitas sinyal pun akan semakin menurun. Alhasil, pengalaman menonton dengan TV analog jadi tidak nyaman bila gambar maupun suara yang terlihat di TV tidak jernih.

Migrasi dari siaran analog ke digital dilakukan pemerintah demi efisiensi. Pada siaran TV analog, satu stasiun televisi menempati satu frekuensi. Sementara, pada TV digital, satu frekuensi bisa digunakan oleh 6–12 stasiun televisi.

Begini Cara Cek TV Digital atau Analog

Lalu, apakah TV Anda di rumah sudah tergolong digital? Untuk mengetahuinya, cukup ikuti langkah-langkah cara cek TV digital atau analog berikut ini.

1. Cek spesifikasi TV

Cara mengecek TV sudah digital atau belum yang pertama adalah dengan mengetahui spesifikasinya. Cukup buka situs web resmi merek TV Anda, lalu masukkan nomor model TV Anda.

2. Periksa fitur HDTV

Cara yang lain adalah dengan memeriksa fitur HDTV yang biasanya terdapat di bodi TV. Bila TV Anda mendukung untuk siaran digital, Anda akan menemukan label maupun jack input built-in HDTV, DTV, Digital Ready, HD Ready, Digital Tuner, Digital Tuner Built-In, Digital Receiver, dan lain sebagainya.

3. Cek daftar siaran TV

Anda juga bisa mencoba cara cek TV digital yang lain, yaitu langsung mengecek siaran yang ada di televisi. Kalau ada channel yang bagian depan atau belakang namanya dilengkapi tulisan “HD”, berarti TV Anda sudah mendukung untuk siaran digital.

Ciri TV digital lainnya, satu channel TV bisa memiliki sub-channel. Misalnya, TVRI yang mempunyai beberapa sub-channel TVRI Nasional, TVRI 3 Budaya, serta TVRI Sport HD.

4. Cek di situs web Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo)

Cara mengecek TV sudah digital atau belum yang terakhir adalah dengan masuk ke situs web Kominfo. Pada kolom kategori, pilih opsi “Televisi”, lalu isi dengan merek dan model TV Anda. Jika merek dan TV Anda tertera di situs web itu, berarti Anda sudah menggunakan TV digital.

Apa Kelebihan TV Digital?

Pada dasarnya, tayangan yang akan Anda tonton di TV analog dan digital kurang lebih sama. Perbedaan antara TV digital dan TV analog adalah pada kemampuan TV dalam menangkap sinyal.

TV digital mampu menangkap sinyal lebih baik dibandingkan TV analog. Hal ini membuat pengalaman menonton dengan TV digital jadi lebih nyaman karena kelebihan berikut:

  • Kualitas gambar TV digital lebih jernih. TV digital mampu menampilkan kualitas gambar pada resolusi high definition (HD) hingga 4K. Pada TV digital tidak ada tampilan gambar buram atau “bersemut” seperti pada TV analog.
  • Kualitas suara TV digital juga lebih baik karena efek noise jauh berkurang. Bahkan sebagian TV digital telah dilengkapi dengan teknologi surround-sound seperti Dolby Audio.
  • TV digital dapat menangkap dan menampung banyak siaran dalam satu paket. Hal ini karena penggunaan bandwidth pada TV digital tidak sebesar TV analog. Anda pun jadi bisa menikmati tayangan yang lebih beragam dari berbagai channel.

Bagaimana? Anda tentu ingin juga merasakan berbagai kenyamanan tersebut saat menonton televisi. Pastikan Anda sudah mengetahui cara cek sinyal TV digital, ya!

Televisi LE40AQT6300FA Hadirkan Momen Berharga di Ruang Keluarga Anda

Tak ada yang lebih nikmat daripada menonton TV full HD. Dengan ukuran televisi yang besar dan gambar yang jernih, tayangan apa pun jadi terlihat enak dilihat.

Kualitas gambar seperti itu juga yang disajikan oleh TV LE40AQT6300FA persembahan dari AQUA Elektronik. Smart TV 40 inci dan full HD (1920 x 1080)P ini memiliki resolusi tinggi untuk menampilkan gambar lebih tajam dan jernih sehingga mata Anda tidak cepat letih. Dilengkapi pula dengan fitur Auto Volume Leveler (AVL) yang akan menyesuaikan volume suara TV Anda ke volume yang pas.

TV LE40AQT6300FA sangat pas untuk menemani momen berharga Anda di ruang keluarga. Terdapat beragam konten dan aplikasi yang bisa Anda nikmati, sekaligus berbagai tayangan stasiun TV yang menerapkan siaran digital dengan gambar tanpa bintik dan bayangan. Ditambah lagi, ada fitur USB Movie yang memungkinkan Anda untuk memutar secara langsung beragam film, foto, dan lagu favorit di USB flash drive tanpa proses yang rumit.

Tak perlu ragu lagi. Segera miliki TV LE40AQT6300FA untuk momen berharga bersama keluarga! Cek Official Store AQUA Elektronik sekarang juga untuk dapatkan informasi lebih lengkap!

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003