Bisakah TV Biasa Diubah Menjadi Smart TV?

Sosialisasi mengenai migrasi dari sistem TV analog ke TV digital oleh pemerintah Indonesia sudah gencar dilakukan sejak tahun 2021. Rencananya, sinyal TV analog akan dinonaktifkan dan sepenuhnya digantikan dengan sinyal TV digital. Meskipun kebijakan tersebut dilakukan secara bertahap, Anda tetap harus melakukan langkah antisipasi sejak dini agar bisa tetap menikmati tayangan TV secara leluasa. Selain membeli TV baru yang mampu menangkap sinyal digital, Anda bisa mengubah TV biasa jadi Smart TV jika belum memiliki anggaran yang memadai untuk membeli TV baru.

Mencermati Perbedaan TV Biasa dan Smart TV

Hingga saat ini, masih banyak orang yang belum memahami perbedaan antara TV biasa dan Smart TV. Perbedaan kedua produk elektronik tersebut sebenarnya bisa didefinisikan secara sederhana dengan penjabaran sebagai berikut.

  • TV biasa adalah perangkat televisi berteknologi lama yang komponen tuner-nya hanya mampu menerjemahkan sinyal analog. Sinyal analog berbentuk gelombang yang ditangkap antena akan diterjemahkan tuner menjadi gambar dan suara. Sayangnya, format gelombang pada sinyal tersebut memboroskan penggunaan pita frekuensi dan rentan mengalami perubahan sebelum diterima oleh TV. Itulah sebabnya tayangan yang berasal dari sinyal analog mudah mengalami gangguan seperti layar penuh semut atau suara tidak jelas (berbunyi kresek-kresek).
  • Smart TV adalah perangkat televisi berteknologi canggih yang komponen tuner-nya mampu menerjemahkan sinyal analog dan sinyal digital. Tak seperti TV biasa, tuner Smart TV dapat menangkap sinyal digital berupa angka 0 dan 1 maupun sinyal analog berbentuk gelombang untuk diterjemahkan menjadi gambar dan suara. Format sinyal digital yang tidak mudah mengalami perubahan dapat menghasilkan tayangan TV yang kualitas gambar dan suaranya jauh lebih jernih dibandingkan TV dengan sinyal analog.

Apakah TV LED dan Smart TV Berbeda?

TV LED adalah TV yang menggunakan teknologi dioda semikonduktor (Light Emitting Diode atau LED) untuk menghasilkan cahaya. Cahaya TV LED tergolong tidak berbahaya dibandingkan dengan generasi TV pendahulunya. Selain itu, TV LED juga identik dengan bentuk yang simpel dan layar datar serta kemampuan menghemat energi yang cukup mumpuni.

Semua Smart TV merupakan TV LED yang nyaman ditonton dan berteknologi canggih. Namun, tidak semua TV LED tergolong Smart TV sebab ada juga TV LED yang tidak bisa terkoneksi dengan internet. Namun, Anda tak perlu khawatir bila memiliki TV LED yang belum mampu menangkap sinyal digital. Cara membuat TV LED menjadi Smart TV terbilang mudah karena prosesnya sama dengan TV lainnya, seperti TV LCD atau TV tabung.

Cara Mengubah TV Biasa Jadi Smart TV

Bila saat ini Anda belum memiliki anggaran yang cukup untuk membeli Smart TV, Anda masih bisa mengubah TV biasa jadi Smart TV dengan alat yang disebut Set Top Box (STB) TV digital. Perangkat yang juga populer dengan sebutan receiver TV digital ini memiliki prinsip kerja sederhana. Fungsi utamanya adalah untuk menggantikan tuner TV biasa yang tidak mampu mengolah sinyal digital.

Set Top Box akan memproses sinyal digital dari antena dan menerjemahkannya sebagai gambar dan suara yang ditampilkan pada TV analog. Anda akan tetap bisa menonton tayangan dari sinyal digital pada TV biasa bila TV Anda sudah dilengkapi dengan Set Top Box. Kendati demikian, TV biasa yang diubah jadi Smart TV tetap memiliki keterbatasan jika dibandingkan dengan perangkat Smart TV baru, misalnya tidak bisa dioperasikan lewat perintah suara dan tidak dapat diintegrasikan dengan layanan video on demand.

Saat ini, Set Top Box dipasarkan dengan harga yang bervariasi, mulai dari 100 ribu hingga 300 ribu rupiah. Sebaiknya Anda memilih set top box yang telah bersertifikasi Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) untuk memastikan bahwa perangkat tersebut dapat berfungsi dengan baik.

Rekomendasi Smart TV Terbaik

Jika Anda sudah menggunakan TV biasa selama lebih dari 10 tahun, tak ada salahnya menyiapkan anggaran untuk membeli Smart TV. Cara mengubah TV biasa menjadi Smart TV memang mudah dengan bantuan Set Top Box, tetapi memiliki Smart TV juga merupakan keputusan terbaik untuk menyempurnakan sarana hiburan keluarga di rumah.

Soal urusan Smart TV, Anda tak perlu bingung menentukan pilihan karena kini ada Smart TV LE40AQT6600FG dari Aqua Japan. Seri Smart TV berukuran 40 inchi ini memiliki beberapa keunggulan, yaitu:

  • Android TV, Smart Artificial Intelligence (AI): Kualitas tampilan dan suara makin jernih serta lengkap dengan fitur operasional yang makin canggih.
  • Android Devices IoT Hub: Teknologi TV cerdas sebagai pusat ekosistem digital. Semua perangkat pintar di rumah dapat Anda kontrol secara optimal.
  • Intelligent Voice Control: Kebutuhan informasi anda tersaji dengan segera cukup dengan perintah suara.
  • Chromecast Built-in: Layar TV mampu menampilkan video, foto, atau gambar dari smartphone dengan ukuran lebih besar.
  • Bluetooth Connectivity: Teknologi nirkabel untuk menghubungkan TV dengan speaker portabel atau perangkat lain yang kompatibel.

Kecanggihan Smart TV Aqua Japan seri LE40AQT6600FG siap menyajikan pengalaman hiburan yang menyenangkan bagi Anda sekeluarga. Mari nikmati kecanggihannya agar momen menonton TV bersama keluarga semakin istimewa.

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003