10 Tips Memilih Smart TV yang Bagus, Yuk Simak!

Memilih produk elektronik seperti smart TV tentu harus diperhatikan lebih maksimal agar kualitas produk yang dibeli terjamin dan Anda pun tidak menyesal. Pasalnya, jika Anda tidak mengetahui cara memilih smart TV yang tepat, dikhawatirkan produk yang dibeli tidak berfungsi secara optimal dan bahkan tidak sesuai kebutuhan.

Nah, agar tidak menyesal, berikut ada 10 tips memilih smart TV yang bagus! Penasaran? Mari simak beberapa caranya pada penjelasan artikel di bawah ini!

Cara Memilih Smart TV yang Bagus

Agar smart TV yang akan Anda beli berfungsi optimal, ada beberapa cara memilih smart TV yang bagus seperti penjelasan di bawah ini:

1. Pilih Ukuran Layar TV Sesuai Kebutuhan

Cara memilih smart TV yang pertama dan harus diperhatikan adalah pemilihan ukuran layar yang sesuai kebutuhan Anda. Tips ini penting dilakukan guna menyesuaikan panjang dan lebar layar TV dengan kondisi ruangan, penempatan produk, hingga kesehatan Anda.

Ukuran smart TV yang ada di pasaran sekarang ukurannya cukup beragam, mulai dari 21 inch hingga 85 inch. Semakin besar ukuran TV, semakin besar pula ruangan yang diperlukan agar tidak mengganggu aktivitas dan kesehatan mata Anda.

Jika ruangan untuk menonton yang Anda miliki berukuran tidak terlalu besar, sebaiknya Anda mengambil ukuran layar kecil, yaitu ukuran 21 inch hingga 32 inch. Tujuannya agar produk tidak terlalu mendominasi ruangan. Selain itu, jarak pandang Anda dengan televisi pun lebih terjaga agar tidak membuat mata sakit.

Anda tetap bisa melihat visual televisi dengan jelas dan jernih karena jarak pandang mata sesuai. Jika ukuran terlalu besar, mata justru akan sulit mengambil informasi dan menangkap gambar yang ditampilkan.

2. Perhatikan Fitur yang Ditawarkan oleh Merek Smart TV

Berbeda dengan TV digital dan TV analog, smart TV menawarkan fitur-fitur canggih yang umumnya sudah terhubung dengan koneksi internet. Sesuai dengan namanya, smart TV memang ditujukan untuk mempermudah aktivitas penggunanya melalui 1 media.

Pada dasarnya, smart TV memiliki sistem kerja seperti komputer. Anda bisa mengakses website atau situs tertentu melalui laman browser yang tersedia di TV. Tidak hanya itu saja, Anda pun bisa bermain game di TV dengan menghubungkannya secara wireless atau melalui kabel yang terhubung dengan laptop atua perangkat keras Anda. Tidak seperti TV digital yang hanya bisa menampilkan kualitas gambar terbaik, tetapi kurang maksimal jika ingin digunakan sebagai media aktivitas gaming.

3. Pertimbangkan Resolusi Layar yang Ditawarkan

Tips berikutnya adalah mempertimbangkan resolusi layar yang ditawarkan merek smart TV. Sebagai seorang pembeli, tentunya Anda ingin memiliki televisi dengan kualitas gambar jernih dan warna tajam, bukan? Nah, maka dari itu, Anda perlu tahu resolusi layar apa saja yang tersedia dalam smart TV.

Ukuran resolusi layar dimulai dari HD (1280 x 720 Piksel), QHD (2560 x 1440 piksel), UHD 4K (3840 x 2160 piksel), dan 8K (7680 x 4320 Piksel). Semakin tinggi ukuran pikselnya, kualitas gambar yang dihasilkan semakin jernih dan jelas.

Nah, Anda bisa menyesuaikan resolusinya sesuai kebutuhan Anda. Jika Anda fokus menggunakan smart TV untuk gaming, Anda bisa menggunakan resolusi 8K agar tampilan game lebih jernih. Namun, jika Anda hanya ingin menggunakan televisi untuk hiburan semata, resolusi UHD 4K sudah termasuk standard dan menampilkan kualitas baik juga.

4. Periksa Kelengkapan Konektivitas Port Penghubung

Pada dasarnya, setiap jenis televisi, baik smart TV maupun android TV, semuanya memiliki konektivitas port penghubung. Akan tetapi, Anda perlu memperhatikan kelengkapan port jika ingin menggunakannya sebagai media gaming.

Smart TV umumnya dilengkapi dengan port berupa port USB, HDMI, dan jaringan lainnya yang mendukung. Tidak hanya itu saja, jenis televisi satu ini juga pastinya sudah terhubung dengan internet sehingga memudahkan Anda untuk menghubungkan perangkat keras ke televisi tanpa melalui kabel (wireless).

5. Pilih Jenis Layar yang Sesuai

Smart TV juga mempunyai beberapa jenis layar yang memengaruhi kualitas tampilan visual. Ada 3 jenis layar utama yang disediakan, yaitu OLED (Organic Light-Emitting Diode), QLED (Quantum Light-Emitting Diode), dan LED (Light – Emitting Diode).

Setiap jenis tersebut memiliki spesifikasi dan kelebihannya masing-masing. Pada dasarnya, layar QLED dan LED memiliki fungsi dan tampilan yang sama. Perbedaan utamanya terletak pada tingkat kecerahan warna yang ditampilkan.

Sementara itu, jenis layar terbaik dan dijadikan rekomendasi untuk smart TV sekarang adalah layar OLED. Kualitas gambar yang dihasilkan lebih jernih dan jelas dibandingkan jenis lainnya.

6. Cek Refresh Rate TV

Tips berikutnya adalah mengecek refresh rate yang dimiliki oleh smart TV. Refresh rate adalah kecepatan yang dimiliki oleh televisi dalam menampilkan dan menyegarkan konten yang dihasilkan dalam hitungan detik. Hitungan ini dihitung dalam ukuran Hertz (Hz).

Semakin tinggi refresh rate sebuah televisi, semakin jelas dan stabil objek (visual) yang ditampilkan. Refresh rate yang dimiliki TV berukuran mulai dari 60Hz, 90Hz, 120Hz, 144Hz. Sebenarnya, tips ini bukan menjadi penentu utama smart TV yang bagus. Hanya saja, Anda bisa mempertimbangkan refresh rate jika ingin menggunakan televisi untuk bermain game agar pengalaman gaming menjadi lebih menyenangkan.

7. Uji Kualitas Speaker TV

Visual smart TV yang berkualitas tinggi tidak akan lengkap jika tidak disertai dengan speaker yang baik pula. Maka dari itu, tips cara memilih smart TV berikutnya adalah memperhatikan kualitas speaker yang dimiliki oleh sebuah produk.

Pengalaman menonton film atau gaming akan semakin mengesankan jika Anda memiliki smart TV dengan sound bass yang menggelegar. Tidak hanya itu saja, Anda pun perlu menguji kualitas dengan memperhatikan kejernihan dan kejelasan suara yang dihasilkan.

8. Sesuaikan Harga TV dengan Bujet

Beragamnya jenis TV tentu memiliki harga yang berbeda sesuai spesifikasi, kualitas, dan fitur yang ditawarkan. Termasuk salah satunya adalah smart TV yang memiliki range (kisaran) harga beragam, mulai dari termurah hingga termahal.

Biasanya, perbedaan harga ini dipengaruhi oleh kualitas gambar dan fitur-fitur yang disediakan. Jika Anda tidak terlalu mementingkan fitur dan hanya fokus pada tampilan gambar, Anda bisa mendapatkan harga smart TV dengan harga murah hingga menengah. Namun, jika Anda ingin menggunakan smart TV untuk keperluan gaming atau video lainnya, harga produk tentu akan lebih mahal karena fitur pendukungnya pun lebih lengkap dan kompleks.

Kisaran harga ini perlu diperhatikan agar uang yang digunakan untuk membeli TV tidak keluar dari bujet yang sudah disiapkan. Tujuannya agar Anda tetap bisa mengatur keuangan dan mempertimbangkan pemilihan smart TV yang sesuai dengan bujet beserta spesifikasinya. Jadi, pastikan Anda memilih produk sesuai kebutuhan, ya.

9. Periksa Ulasan (Review) Produk

Layaknya membeli produk elektronik pada umumnya, pastikan Anda memeriksa ulasan terhadap produk yang akan dibeli terlebih dahulu, ya! Tips ini akan sangat efektif guna meyakinkan pilihan Anda dan mengetahui pengalaman pengguna lainnya.

Dengan demikian, Anda dapat mengetahui apakah benar kualitas smart TV yang akan dibeli terbukti berkualitas dan sepadan dengan harganya. Anda bisa mencari informasi ulasan ini dari website resmi merek smart TV yang akan dibeli atau melalui video/sosial media pengguna lain.

10. Cek Ketersediaan Garansi

Cara memilih smart TV terakhir dan terutama adalah pastikan produk tersebut menyediakan garansi pembelian. Garansi produk menjadi layanan yang disediakan oleh produsen guna menjamin kualitas produk yang dibeli.

Biasanya, garansi yang diberikan berlaku untuk 1 tahun sejak tanggal pembelian. Jika dalam 1 tahun Anda mendapati produk yang dibeli mengalami kerusakan, Anda bisa mengeklaim garansi untuk diganti dengan produk baru atau diperbaiki.

Namun, pastikan kerusakan yang terjadi bukan karena kelalaian diri sendiri, ya. Jika Anda tidak sengaja merusak produk, Anda tidak akan bisa mengeklaim garansi yang diberikan.

mart TV AQT98P900UX untuk Pengalaman Nonton dan Gaming yang Memuaskan

Dari beberapa cara memilih smart TV di atas, sudahkah Anda menentukan produk yang sesuai kebutuhan? Jika belum, Anda bisa membeli Smart Televisi AQT98P900UX dari AQUA Elektronik.

Ada banyak spesifikasi unggulan yang ditawarkan oleh produk ini, mulai dari ukuran layar 98 inch, sistem operasi TV menggunakan Google TV, layar HQLED, refresh rate sebesar 120 Hz, dan speaker Dolby Atmos.

Spesifikasi tersebut bisa tingkatkan pengalaman nonton film dan gaming Anda menjadi lebih memuaskan. Ukuran layar yang besar disertai kualitas warna yang jernih akan membuat konten gaming dan film menjadi lebih menarik. Selain itu, suara yang dihasilkan dari speaker Dolby Atmos pun akan membuat aktivitas televisi Anda menjadi lebih sempurna.

Nah, itulah 10 tips memilih smart TV yang bagus untuk bisa diperhatikan sebelum membeli produk. Pastikan Anda memahami cara-cara di atas agar tidak salah pilih produk smart TV.

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003