Mau Beli TV? Kenali Dulu Macam-Macam Jenis TV yang Ada!

TV merupakan salah satu barang elektronik yang dimiliki hampir seluruh rumah tangga di tanah air. Meskipun sekilas terlihat sama, sebenarnya ada macam-macam TV dengan spesifikasi berbeda yang beredar di pasaran. Perbedaan tersebut bisa berupa tingkat resolusi TV, fitur pada TV, atau jenis sinyal yang digunakan.

Popularitas TV memang sempat merosot ketika masyarakat cenderung lebih menyukai tayangan melalui streaming atau Youtube. Namun, hasil survei konsultan riset Nielsen Indonesia menyatakan bahwa penerapan Working From Home (WFH) dan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) akibat pandemi di tahun 2020 membuat jumlah pemirsa TV meningkat rata-rata 12% dibandingkan kondisi sebelum pandemi.

Peningkatan jumlah pemirsa TV tersebut terjadi karena pandemi membuat mayoritas orang lebih sering beraktivitas di rumah. Selain itu, hasil riset Nielsen Indonesia juga menemukan fakta bahwa jumlah masyarakat yang menonton TV mengalami peningkatan pada bulan Ramadan. Hasil penelitian tersebut didukung peningkatan rata-rata Angka TV Rating (ATR) pada bulan Ramadan dibandingkan periode sebelum dan sesudah Ramadan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kehadiran TV masih menjadi sarana hiburan yang penting bagi masyarakat di tengah gencarnya penggunaan gadget. Apalagi saat ini tv digital hadir dengan berbagai fitur canggih yang menarik.

Apakah Anda berniat membeli TV baru dalam waktu dekat? Jika iya, maka sebaiknya Anda mengenali macam-macam ukuran TV serta jenisnya terlebih dahulu agar bisa memilih produk yang paling sesuai dengan budget dan kebutuhan.

Mengenal Macam-Macam TV Berdasarkan Klasifikasi Tertentu

Jika diuraikan secara detail, macam-macam TV yang beredar di pasaran dapat diklasifikasikan sebagai berikut:

1. Klasifikasi Jenis TV Berdasarkan Fitur

Macam-macam TV berdasarkan fitur yang terdapat di dalamnya dapat dibagi menjadi tiga, yaitu:

  • TV Konvensional
  • Sebelum TV digital mulai populer di tanah air, TV konvensional sudah jauh lebih dahulu dikenal masyarakat karena mulai banyak digunakan sejak dekade 70-an. Media elektronik yang juga populer dengan sebutan TV tabung ini memiliki ciri khas berupa layar cembung dan ukuran yang sangat besar dibandingkan TV modern. Semua jenis TV konvensional hanya mampu menangkap sinyal analog sehingga membutuhkan penggunaan Set Top Box yang bagus agar dapat menangkap sinyal digital.

  • Smart TV
  • Jenis TV yang satu ini telah dilengkapi sistem operasi tertentu untuk menjalankan aplikasi seperti halnya prinsip kerja smartphone. Ada berbagai jenis sistem operasi yang biasanya ditanamkan pada Smart TV, antara lain Android, Firefox OS, Tizen OS, dan webOS.

  • Android TV
  • Semua jenis Android TV termasuk golongan smart TV yang telah menggunakan sistem operasi spesifik, yaitu Android. Karena sistem operasi inilah, salah satu kelebihan dari Android TV adalah bisa langsung terintegrasi dengan Google Play Store.

    2. Klasifikasi Jenis TV Berdasarkan Resolusi

    Resolusi adalah jumlah pixel pada setiap dimensi yang terdapat di layar TV. Besaran resolusi TV berkaitan erat dengan resolusi konten yang ditonton. Artinya, kualitas konten beresolusi rendah tidak akan meningkat meskipun ditonton pada TV beresolusi tinggi. Demikian pula halnya konten beresolusi tinggi yang tidak terlihat berkualitas bila disaksikan pada TV beresolusi rendah.

    Rincian jenis TV bila ditinjau berdasarkan resolusinya, yaitu:

    • 720p TV atau High Definition (HD): 1280 x 720 pixel.
    • 1080p TV atau Full High Definition (Full HD): 1920 x 1080.
    • 1440p TV atau Quad High Definition (Quad HD): 2560 x 1440.
    • 2160p TV atau 4k atau Ultra High Definition (Ultra HD): 3840 x 2160.
    • 4320p TV atau 8k atau Full Ultra High Definition (Full Ultra HD): 7680 x 4320.

    3. Klasifikasi Jenis TV Berdasarkan Teknologi

    Selain mempertimbangkan fitur dan resolusi, teknologi juga menjadi hal penting yang patut Anda cermati ketika hendak membeli TV. Penggolongan macam-macam TV berdasarkan teknologinya, yaitu:

    • TV LCD
    • LCD adalah singkatan dari Liquid Crystal Display. Panel TV ini menggunakan layar kristal dengan fluorescent yang memancarkan cahaya putih (white backlight).

    • TV LED
    • LED adalah singkatan dari Light Emitting Diode. Prinsip teknologi TV ini sebenarnya menyerupai TV LCD yang diterangi cahaya dioda. Jika TV LED dibandingkan dengan TV LCD, teknologi LED membuat TV lebih hemat konsumsi listrik.

    • TV OLED
    • OLED adalah singkatan dari Organic Light Emitting Diode. Ciri khas teknologi TV ini adalah panel yang mengandung elemen organik sehingga dapat memancarkan cahaya ketika listrik mengenai panel tersebut. Tak hanya membuat konsumsi listrik menjadi lebih hemat, TV OLED juga menampilkan warna dan cahaya yang lebih nyaman bagi mata.

    4. Klasifikasi Jenis TV Berdasarkan Tipe Layar

    Parameter berikutnya yang dapat digunakan untuk mengategorikan jenis-jenis TV adalah tipe layar. Ada tiga jenis TV jika dilihat berdasarkan tipe layarnya yaitu:

    • TV layar cembung layar cembung adalah salah satu ciri khas TV konvensional. Ciri khas lainnya adalah ukuran TV yang tebal dan hanya mampu menangkap sinyal analog.
    • TV layar datar: sebagian jenis TV konvensional dan hampir semua jenis smart TV sudah menggunakan teknologi layar datar.
    • TV layar cekung (curved screen): tipe layar TV terbaru kini berbentuk cekung atau curved. Bentuk layar TV ini diyakini memberikan kualitas grafis yang lebih baik sehingga membuat aktivitas menonton TV dan bermain game terasa lebih nyata.

    5. Klasifikasi Jenis TV Berdasarkan Ukuran

    Satu lagi kriteria yang lazim digunakan untuk mengelompokkan jenis TV adalah ukuran. Satuan yang digunakan untuk menyatakan ukuran TV adalah inci atau inch yang setara dengan 2,54 cm. Setiap ukuran inch yang disebutkan dalam spesifikasi TV menggambarkan besaran diagonal TV dengan rasio tertentu, yaitu 4:3 atau 16:9. Jadi, TV dengan ukuran inch yang sama bisa saja memiliki panjang dan lebar yang berbeda karena rasionya berbeda.

    Beberapa ukuran TV yang kini tersedia di pasaran adalah sebagai berikut:

    • Ukuran kecil: meliputi TV 21 inch, 24 inch, dan 32 inch.
    • Ukuran sedang: meliputi TV 40 inch, 42 inch, 43 inch, dan 50 inch.
    • Ukuran besar: meliputi TV 60 inch, 70 inch, 80 inch, dan 85 inch.

    Tips Memilih TV Berkualitas Sesuai Kebutuhan

    Setelah mengenal macam-macam ukuran TV serta spesifikasi lainnya, kemungkinan besar Anda semakin cermat memilih TV berkualitas sesuai kebutuhan. Jangan lupa pula mempertimbangkan beberapa hal penting berikut ini ketika memilih TV:

    • Menyiapkan budget adalah hal pertama yang harus Anda lakukan bila hendak membeli TV. Saat ini, macam-macam TV dari berbagai brand dibanderol dengan harga murah dan kualitas mumpuni. Jadi, Anda tak akan kesulitan menyiapkan budget khusus untuk mendapatkan TV baru yang Anda butuhkan.
    • Memprioritaskan smart TV sebagai pilihan utama karena produk elektronik yang satu ini dapat menangkap siaran digital. Program migrasi siaran digital mulai diumumkan secara gencar di tanah air sejak tahun 2021. Oleh sebab itu, Anda mesti memilih smart TV agar tidak kerepotan menyiapkan Set Top Box demi menangkap sinyal digital. Namun, saat memilih smart TV, mesti ada beberapa hal yang diperhatikan, di antaranya seperti resolusi layar, fitur, dan kebutuhan Anda sebagai pengguna.
    • Memilih bentuk TV sesuai kebutuhan. Setiap orang pasti memiliki kebutuhan yang berbeda sehingga spesifikasi TV yang dibutuhkan juga berbeda. Misalnya, Anda yang hobi bermain game atau menonton pertandingan olahraga cocok menggunakan TV digital curved screen untuk memperoleh pengalaman menonton yang terasa lebih nyata. Sementara itu, Anda yang memiliki kamar tidur berukuran mungil dan ingin meletakkan TV di tembok pasti lebih cocok dengan Android TV ukuran kecil yang tidak membuat ruangan terkesan sempit.
    • Mengamati fitur-fitur yang terdapat pada suatu produk TV sebelum menentukan pilihan. Macam-macam TV digital kini dilengkapi berbagai fitur unggulan seperti akses langsung ke aplikasi streaming, perintah suara, serta integrasi dengan gadget seperti smartphone dan laptop. Pastikan bahwa fitur pada TV yang akan Anda pilih sudah sesuai dengan kebutuhan sehingga dapat mendukung berbagai aktivitas secara maksimal.
    • Memperhitungkan kesesuaian antara ukuran TV dengan luas ruangan. Sebaiknya ruangan berukuran kecil menggunakan TV kecil atau sedang untuk mendukung kenyamanan Anda saat menggunakan TV tersebut. Sebaliknya, ruangan besar juga membutuhkan TV berukuran besar sehingga proporsinya lebih seimbang. Perbandingan antara ukuran TV dan luas ruangan juga berhubungan dengan jarak pandang ideal saat menonton TV. Idealnya, jarak antar layar TV terhadap Anda minimal 5 kali ukuran TV. Contohnya, bila Anda memilih TV berukuran 30 inch, maka jarak pandang idealnya adalah 5 x 30 inch= 150 inch atau sekitar 3,8 meter. Penyesuaian jarak pandang ideal tersebut bukan hanya mempengaruhi kenyamanan tetapi juga penting untuk menjaga kesehatan mata, khususnya bila Anda sering menonton TV dalam waktu lama.
    • Memperhatikan garansi yang menyertai TV pilihan Anda. Keberadaan garansi merupakan salah satu bukti bahwa produk elektronik yang Anda beli berstatus orisinal. Pada umumnya, TV disertai garansi resmi selama 1 tahun. Namun, ada pula produk TV yang memberikan garansi lebih lama. Jangan lupa menyelesaikan urusan garansi sampai tuntas supaya proses klaim bisa dilakukan secara lancar jika terjadi kerusakan TV dalam masa garansi.
    • Mencari dan mempertimbangkan ulasan dari para pengguna TV lain sebelum Anda menentukan pilihan terbaik. Sekarang, Anda tak akan kesulitan mencari ulasan tentang merek TV tertentu karena banyak orang membuat ulasan lengkap di media sosial. Setelah menyimak ulasan tersebut, Anda pasti lebih mantap memilih TV tertentu yang paling cocok dengan kebutuhan Anda.

    Aqua Japan adalah salah satu brand populer yang konsisten memenuhi kebutuhan masyarakat tanah air dengan menghadirkan produk elektronik berkualitas, termasuk TV. Smart TV seri LE70AQT6300UG dari Aqua Japan merupakan salah satu rekomendasi produk paling berkualitas yang siap memenuhi kebutuhan Anda sekeluarga. Seri smart TV berukuran 70 inci ini memiliki berbagai fitur unggulan sebagai berikut:

    • Android TV, Smart AI: kualitas tampilan dan suara makin jernih, lengkap dengan fitur operasional yang makin canggih.
    • 4K HDR: resolusi warna lebih tajam serta detail gambar semakin jelas dan hidup.
    • Android Devices IoT Hub: teknologi TV cerdas sebagai pusat ekosistem digital yang membuat semua perangkat pintar di rumah dapat Anda kontrol secara optimal.
    • Intelligent Voice Control: kebutuhan informasi Anda tersaji segera cukup dengan perintah suara.
    • Chromecast Built-in: berbagai tampilan foto, video, atau gambar di smartphone dapat ditayangkan di layar TV yang lebih besar.

    Semua kecanggihan tersebut bisa Anda rasakan dengan konsumsi daya listrik sebesar 220 watt saja. Jadi, jangan ragu memiliki TV Aqua Japan LE70AQT6300UG untuk merasakan pengalaman menonton yang tak lagi monoton. Pengalaman berkumpul bersama keluarga sambil menonton tayangan berkualitas akan segera terwujud jika Anda memilih produk TV persembahan Aqua Japan.

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003