Google TV Vs Android TV: Mana yang Lebih Cocok Untuk Anda?

android tv

Menikmati film atau tontonan kesayangan akan semakin menyenangkan dengan menggunakan smart TV. Smart TV sendiri terbagi menjadi 2, yaitu Google TV dan Android TV.

Pada dasarnya, kedua jenis TV tersebut memiliki fungsi yang sama yaitu mempermudah aktivitas penonton dengan berbagai fitur pendukung yang terhubung dengan internet (jaringan WiFi). Walaupun memiliki fungsi yang sama, ternyata Google TV dan Android TV memiliki perbedaan yang cukup signifikan, loh!

Artikel kali ini akan membahas perbedaan Google TV dan Android TV mulai dari pengertian, kelebihan, hingga kekurangannya. Tujuannya agar Anda bisa memilih jenis TV yang cocok untuk dinikmati bersama keluarga atau rekan terdekat. Mari simak informasi lebih lengkapnya pada pembahasan di bawah ini!

Google TV vs Android TV, Mana yang Cocok untuk Anda?

Baik Google TV maupun android TV, keduanya akan cocok untuk Anda sesuai kebutuhan. Jika Anda ingin menggunakan layanan yang simpel dan praktis, Anda bisa menggunakan Google TV. Hal ini lantaran segala aplikasi dan layanan yang terhubung dengan akun Google sudah otomatis terpasang di dalam perangkat televisi.

Namun, jika Anda lebih gemar menggunakan televisi untuk bermain game, android TV akan lebih disarankan untuk digunakan. Pasalnya, android TV memberikan akses yang tidak terbatas pada perangkat lain untuk bisa terhubung selama memiliki koneksi bluetooth dan internet yang stabil. Selengkapnya, simak perbedaannya di bawah ini.

Apa Itu Google TV

Google TV adalah salah satu jenis TV yang dikembangkan oleh perusahaan Google. Televisi ini menggunakan sistem operasi (OS/operating system) yang dikembangkan oleh Google.

Sederhananya, televisi yang satu ini memungkinkan pengguna yang sudah memiliki akun Google untuk bisa lebih mudah dan cepat dalam mengakses kebutuhan mereka. Seperti yang diketahui bersama bahwa Google sendiri sudah terintegrasi dengan banyak akun layanan, seperti YouTube, Netflix, Hulu Plus, HBO, dan masih banyak lagi.

Nah, Google TV menyediakan akses langsung ke layanan-layanan tersebut untuk mempermudah penonton. Tidak hanya itu saja, Google TV juga mengandalkan OS berupa ChromeOS guna menunjang fitur-fitur terbaik dalam televisi, seperti voice-assistant, konektivitas langsung ke akun Google pengguna, hingga mengontrol smart home yang terhubung di rumah Anda.

Kelebihan dan Kekurangan Google TV

Google TV menawarkan beberapa kelebihan dan kekurangan yang bisa dijadikan pertimbangan sebelum Anda membeli produk ini. Mari simak pembahasan lebih lengkapnya pada poin-poin berikut ini:

1. Kelebihan Google TV

Adapun kelebihan Google TV, antara lain:

  1. Dilengkapi Google Assistant sebagai remote control. Proses pencarian dan penggunaan fitur layanan semakin mudah berkat adanya fitur VA yang adaptif;
  2. Terhubung dengan berbagai layanan Google dan streaming online. Anda bisa menghubungkan akun Google Anda di Google TV dengan mudah beserta history (riwayat) pencarian sebelumnya. Bahkan, Anda bisa mengontrol akun Google di Google TV dari perangkat lain juga apabila diperlukan;
  3. Koneksi bluetooth yang stabil.

2. Kekurangan Google TV

Di balik kelebihannya, Google TV juga memiliki sejumlah kekurangan, yaitu:

  1. Akses pencarian (browsing) lebih terbatas karena tidak tersedia mesin pencarian. Anda hanya bisa mencari layanan atau fitur yang sudah tersedia di Google TV
  2. Pengunduhan aplikasi atau layanan terbatas pada layanan Google Play;
  3. Beberapa konten tayangan film atau televisi terbatas pada negara-negara tertentu.

Apa Itu Android TV

Android TV adalah televisi yang menggunakan sistem operasi android sebagai layanan utamanya. Sistem android memungkinkan Anda untuk mengakses fitur dan layanan seperti di smartphone atau gadget.

Dengan kata lain, android TV menyediakan akses lebih luas terhadap berbagai fitur layanan yang tidak terbatas seperti Google TV. Lebih daripada itu, Anda pun tetap dapat menghubungkan akun yang ada di smartphone android dengan TV android. Cukup efektif, bukan?

Selain itu, Anda pun bisa mengunduh aplikasi lain yang tidak terpasang di android TV melalui browser atau situs resmi yang terpasang di televisi tersebut.

Kelebihan dan Kekurangan Android TV

Agar Anda tidak salah dalam memilih smart TV yang bagus, ketahui dahulu kelebihan dan kekurangan android TV sebelum membelinya:

1. Kelebihan Android TV

Kelebihan Android TV antara lain:

  1. Akses berbagai sumber dan layanan online (aplikasi atau game) tidak terbatas;
  2. Desain/tampilan televisi mudah digunakan sehingga tidak membingungkan pengguna saat akan mengakses fitur yang dibutuhkan;
  3. Terdapat fitur voice-assistant untuk menampilkan lebih banyak fitur dan layanan yang terpasang tanpa batas;
  4. Dilengkapi dengan browser (mesin pencari) yang terhubung dengan internet.

2. Kekurangan Android TV

Android TV juga memiliki sejumlah kekurangan yang perlu diperhatikan, yaitu:

  1. Ketergantungan pada stabilitas konektivitas internet. Anda harus memastikan perangkat TV selalu terhubung dengan internet agar tetap bisa nyaman ketika mengakses fitur di dalamnya;
  2. Harga android TV cenderung lebih mahal jika dibandingkan dengan smart TV atau TV digital biasa;
  3. Perlu perangkat tambahan jika Anda ingin bermain game di TV. Anda memerlukan game controller atau perangkat lainnya yang menunjang kebutuhan game.

Nikmati Hiburan yang Lebih Seru dengan TV K800UX Series dari AQUA Elektronik

Pengalaman menonton Anda lebih menyenangkan dengan berbagai fitur optimal yang tersedia di TV K800UX Series dari AQUA Elektronik. Produk ini sangat tepat digunakan bagi Anda yang suka mengakses layanan streaming film dengan resolusi dan ukuran layar lebih besar.

Resolusi 4K HDR di TV K800UX Series dari AQUA Elektronik menghadirkan tampilan warna dan dan detail gambar yang lebih tajam dan jelas. Anda tidak akan menemukan kualitas gambar yang patah-patah atau macet saat menonton tayangan TV favorit Anda.

Tidak hanya itu saja, Anda pun tetap bisa mengakses hiburan lain dari channel TV digital berkat adanya fitur Digital TV. Jadi, Anda tidak perlu menggunakan perangkat tambahan seperti parabola atau antena eksternal.

Produk ini pun dilengkapi dengan fitur Google TV yang memungkinkan Anda untuk menikmati layanan dan aplikasi yang tersedia di Google Play langsung di televisi.

Demikianlah pembahasan sekilas tentang Google TV dan android TV yang bisa dijadikan pertimbangan sebelum membelinya. Pastikan Anda memahami kelebihan dan kekurangan antara kedua produk televisi tersebut agar bisa membeli sesuai kebutuhan.

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003