4 Cara Main Game di TV, Gaming jadi Makin Seru!

video game atau gaming akan semakin seru dan menyenangkan dengan tampilan layar lebar seperti di TV. Gambar akan terlihat lebih luas dan detail sehingga permainan akan terasa lebih menantang.

Untuk itu, Anda perlu memiliki TV yang sudah dilengkapi sistem android untuk bisa bermain dengan leluasa. Tidak hanya tampilan layar lebih luas, TV android pun umumnya sudah dilengkapi berbagai fitur pendukung yang bisa digunakan sebagai media menyambungkan alat-alat game.

Lalu, bagaimana cara main game di TV android yang bisa dilakukan? Berikut ini ada 5 cara main game di TV yang akan membuat gaming Anda bersama rekan atau keluarga jadi makin seru. Mari simak cara-caranya pada artikel berikut ini!

Alat untuk Main Game di TV

Agar pengalaman gaming lebih seru, berikut ada beberapa alat untuk main game di TV yang bisa dipersiapkan:

1. Gamepad untuk TV Android

Bermain game terasa kurang lengkap jika tidak menggunakan gamepad atau game controller. Biasanya, gamepad ini memang digunakan untuk perangkat game seperti Play Station yang tersambung ke komputer atau laptop.

Nah, Anda juga bisa menggunakan sebagai alat main game di TV, nih. Pada dasarnya, gamepad ini terdiri dari 2 jenis, yaitu wireless dan nonwireless.

Gamepad nonwireless berarti Anda perlu mencolokkan kabel bawaan dari perangkat tersebut ke port koneksi di TV android. Sementara itu, wireless biasanya hanya membutuhkan koneksi bluetooth yang ada pada gamepad dan TV android.

2. Emulator

Berikutnya, Anda bisa menggunakan emulator sebagai media bermain di TV. Sederhananya, emulator ini menghubungkan akun game yang ada di smartphone ke TV android Anda.

Dengan begitu, Anda akan berkesempatan untuk memainkan lebih banyak pilihan game. Cara main game di TV menggunakan emulator ini harus mengunduh (install) emulator itu sendiri.

Ada beberapa emulator yang bisa digunakan, seperti Prime OS, ARChon, Memu, EPSXE, dan masih banyak lagi. Anda bisa meng-installnya sesuai kebutuhan dan pilihan.

3. Air Console

Jika Anda tidak memiliki perangkat gaming seperti gamepad, Anda bisa menggunakan smartphone sebagai controller, loh! Bagaimana caranya?

Cara main game di TV android dengan alat ini adalah mengunduh permainan yang memiliki fasilitas air console. Anda bisa mengunduhnya di platform AirConsole itu sendiri.

Langkah ini sangat efektif karena bisa menghubungkan HP ke TV tanpa kabel. Jika sudah terunduh, Anda bisa langsung menghubungkannya ke smart TV yang ada di rumah. Setelah itu, gunakan smartphone sebagai pengganti gamepad. Cukup mudah, bukan?

Cara Main Game di TV

Jika Anda sudah menyiapkan alat untuk main game di TV, berikut cara bermain game di TV android secara mudah dan tentunya berhasil:

1. Sambungkan Perangkat Game melalui Kabel HDMI

Pertama, pastikan Anda memiliki kabel HDMI (High-Definition Multimedia Interface). Kabel ini berfungsi untuk mengirimkan video atau audio ke berbagai perangkat, seperti TV, proyektor, komputer, dan sejenisnya.

Pada dasarnya, kabel ini digunakan bagi Anda yang tidak memiliki smart TV. Namun, pada beberapa smart TV, Anda pun tetap harus menghubungkan perangkat gaming melalui kabel HDMI.

Selain itu, kabel ini juga berfungsi untuk menghindari beberapa penyebab sinyal TV digital tidak stabil. Dengan kabel HDMI, jangkauan sinyal digital menjadi lebih terjangkau dan lancar.

Setelah perangkat gaming sudah dihubungkan dengan kabel ke TV android, tampilan game akan muncul di layar. Anda pun bisa langsung memainkannya bersama keluarga atau teman.

2. Hubungkan TV Android dengan Miracast

Selain kabel, Anda juga bisa menghubungkan game ke TV melalui koneksi Miracast. Untuk bisa mengoperasikannya, pastikan smart TV Anda sudah terhubung dengan koneksi internet, ya.

Cara bermain game di TV android dengan Miracast adalah aktifkan terlebih dahulu fitur Miracast di smartphone atau gadget Anda. Jika sudah aktif, smartphone akan mencari sinyal atau koneksi internet terdekat untuk menghubungkannya.

3. Operasikan Fitur “Google Home” di TV Android (Smart TV)

TV android umumnya bisa terhubung dengan akun Google. Caranya pun cukup mudah yaitu login akun Google Anda di smart TV yang ada di rumah.

Setelah itu, buka smartphone atau gadget, lalu pergi ke menu pengaturan. Setelah itu, pilih opsi “Mirror Device”. Jika sudah, nantinya akan muncul nama TV di smartphone Anda.

Kemudian, klik “Cast Screen or Audio”.

Terakhir, smartphone dan TV akan otomatis terhubung. Anda pun bisa langsung memainkan game di TV. Cara ini sangat tepat dilakukan jika Anda menggunakan air console sebagai alat untuk main game di TV.

4. Gunakan Chromecast

Sama seperti fitur “Google Home”, Anda juga bisa menggunakan Chromecast untuk bermain game di TV. Akan tetapi, pastikan akun Google Anda sudah terkoneksi dengan Chromecast, ya.

Cara main game di TV dengan cara ini pun cukup mudah. Pertama, masuk ke akun Google. Kemudian, pilih opsi “Local Device”. Opsi ini bertujuan untuk mencari nama TV yang sudah terhubung dengan Chromecast.

Setelah itu, klik “Device Setting”. Jika TV sudah terkoneksi dengan akun Google, smartphone sudah bisa digunakan untuk bermain berbagai game.

Rekomendasi TV Gaming yang Cocok untuk Main Game

Bagaimana? Cukup mudah, bukan? Agar pengalaman gaming makin lancar dan menyenangkan, berikut ada beberapa rekomendasi TV gaming yang cocok untuk main game:

1. Televisi AQT98P900UX

Rekomendasi pertama adalah smart TV AQT55S900UX persembahan dari AQUA Elektronik. Berbasis teknologi yang terhubung dengan AI (artificial intelligence), smart TV ini memiliki beragam fitur pendukung yang berikan pengalaman tersendiri bagi penggunanya.

Fitur tersebut antara lain HQLED, 4K HDR, Google TV, Dolby Vision and Atmos, dan Hands Free Voice Control. Selain fitur tersebut, televisi ini berukuran 98”. Layar yang lebar tersebut akan berikan pengalaman gaming yang lebih luas dan jernih khusus untuk Anda.

Tidak hanya itu saja, menonton atau bermain game di TV bisa berikan dampak positif bagi kehidupan. Salah satunya adalah menambah kreativitas melalui tantangan yang dihadapi dalam permainan.

2. Televisi AQT65C900UX


Aqua Elektronik juga hadirkan rekomendasi series smart TV lainnya yaitu Televisi AQT65C900UX. Fitur yang tersedia hampir sama dengan series pada poin sebelumnya, hanya saja produk yang satu ini menggunakan layar OLED.

Produk ini berukuran 65” dengan tingkat resolusi sebesar 3840 x 2160. Bagi Anda para gamers, televisi ini akan tampilkan visual game yang lebih jernih dan tidak pecah. Selain itu, sound effect menggunakan software Dolby juga akan membuat aktivitas gaming jadi lebih menantang dan menyenangkan. Adanya fitur Google TV juga mempermudah Anda untuk bermain game menggunakan air console, Google Home, atau Chromecast.

Itulah beberapa cara main game di TV yang bisa dilakukan dengan mudah. Jadikan pengalaman bermain lebih seru dan menyenangkan dengan tampilan visual yang lebih lebar dn jernih.

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003