Sinyal TV Digital Tidak Stabil? Mungkin Ini Penyebabnya!

Era siaran TV digital yang mulai berlangsung di tanah air sejak November 2022 membawa banyak dampak positif bagi dunia hiburan pertelevisian. Masyarakat berkesempatan menyaksikan tayangan yang lebih beragam dan siaran lebih berkualitas dibandingkan masa siaran TV analog. Namun, tak dapat dipungkiri bahwa masih ada kendala yang dihadapi sebagian khalayak ramai terkait siaran tersebut, salah satunya adalah sinyal TV digital tidak stabil.

Dahulu, sinyal analog yang kurang stabil membuat layar TV menampilkan siaran yang buram dan didominasi bintik-bintik putih. Berbeda dengan hal tersebut, gangguan kestabilan sinyal digital membuat siaran TV benar-benar hilang atau blank. Jika ingin melakukan cara mengatasi sinyal tv digital tidak stabil yang efektif, Anda harus mengenali penyebabnya secara cermat.

Penyebab Sinyal TV Digital Tidak Stabil dan Cara Mengatasinya

Kondisi sinyal TV digital tidak stabil karena beberapa permasalahan berikut ini nyatanya dapat diatasi dengan mudah:

Kualitas Antena Kurang Mumpuni

Penyebab sinyal TV digital tidak stabil ini biasanya jarang disadari karena tidak menimbulkan ciri khusus. Oleh sebab itu, Anda wajib lebih teliti memeriksa keadaan antena serta konektornya sewaktu sinyal TV digital bermasalah. Antena analog diklaim bisa menangkap sinyal digital, tetapi kemampuannya kurang memadai sehingga kualitas siaran digital yang ditampilkan jadi rendah. Cobalah mengganti elemen konektor atau antena secara keseluruhan kemudian hubungkan kembali dengan TV untuk menguji keberadaan sinyal digital.

Posisi Antena Kurang Tepat

Jangan lupa bahwa posisi antena turut menentukan kualitas sinyal digital yang Anda dapatkan. Jika arah antena terlalu jauh dari posisi pemancar sinyal, kemungkinan besar antena akan kesulitan menangkap sinyal digital secara maksimal.

Cara mengatasi sinyal TV digital tidak stabil akibat posisi antena tentu sangat mudah. Anda hanya perlu meletakkan antena pada posisi lebih tinggi dari letak sebelumnya. Usahakan agar jarak antara antena dan TV tidak terhalang apa pun, misalnya tembok atau lemari. Jika memungkinkan, Anda juga bisa menggunakan antena outdoor yang jangkauan sinyalnya lebih baik daripada antena indoor.

Jangkauan Sinyal Digital Masih Terbatas

Keterbatasan jangkauan sinyal di daerah tertentu juga dapat menyebabkan sinyal TV digital tidak stabil. Anda tak perlu berkecil hati bila sedang mengalami kendala yang satu ini. Penggunaan booster antena bisa membantu Anda menjangkau sinyal TV digital secara maksimal. Cara mengatasi sinyal tv digital tidak stabil sangat praktis dan bisa dilakukan sendiri di rumah. Anda hanya perlu membeli perangkat booster lalu memasangnya dengan sambungan adaptor dan konektor tipe F supaya lekas mendapatkan tayangan digital yang lebih beragam.

Set Top Box (STB) yang Tidak Sesuai Standar

Penggunaan TV analog bukan halangan untuk menikmati siaran digital. Anda hanya perlu melengkapi TV analog dengan Set Top Box (STB) sehingga TV tersebut masih dapat digunakan. STB adalah perangkat elektronik yang berfungsi menangkap sinyal digital lalu menerjemahkannya menjadi sinyal analog supaya dapat ditampilkan pada TV analog.

Varian merek STB yang beredar di pasaran memang sangat bervariasi dengan harga mulai dari 100 ribu rupiah. Kendati demikian, bukan berarti Anda boleh mempertimbangkan harga STB murah semata tanpa memperhatikan kualitasnya. Ingatlah bahwa kualitas STB sangat berpengaruh terhadap kestabilan sinyal digital yang Anda dapatkan.

Anda patut memilih STB dengan label Digital Video Broadcasting-Second Generation (DVB-T2) untuk memastikan bahwa perangkat tersebut bisa menangkap sinyal digital dengan baik. Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kominfo) juga telah merilis daftar STB bersertifikat yang info lengkapnya dapat diakses melalui

https://siarandigital.kominfo.go.id/assets/regulasi/Sertifikasi_STB.pdf.

Letak Elektronik Lain Berdekatan dengan TV

Hingga saat ini masih banyak orang belum menyadari bahwa keberadaan elektronik lain di sekitar TV bisa jadi penyebab sinyal tv digital tidak stabil. Posisi elektronik seperti TV, kulkas, microwave, dan airfryer sering diletakkan berdekatan karena alasan keterbatasan ruang.

Gangguan sinyal akan bertambah parah bila berbagai elektronik tersebut dinyalakan bersamaan dengan TV. Gelombang elektromagnetik yang dipancarkan elektronik lain akan menghambat penangkapan sinyal digital. Solusinya, Anda mesti memindahkan berbagai elektronik tersebut sehingga posisinya tidak terlalu berdekatan dengan TV.

Sinyal TV digital yang stabil patut diimbangi dengan kehadiran TV berkualitas untuk menyempurnakan pengalaman menikmati hiburan di rumah. Bila Anda sedang mencari TV digital keluaran terbaru yang punya banyak kelebihan, AQUA Elektronik sudah punya solusinya untuk Anda. TELEVISI AQT55S900UX merupakan Android Smart TV yang dilengkapi sejumlah keunggulan. Layarnya mengusung teknologi QLED sehingga menciptakan warna lebih kuat dan akurat serta mampu mengontrol setiap warna yang keluar dengan tepat.

TELEVISI AQT55S900UX mengusung teknologi Dolby Atmos yang mewujudkan realisme suara menakjubkan seperti pengalaman menonton film di bioskop serta Dolby Vision yang membuat gambar semakin hidup. Ketika menggunakan TV pintar berukuran 55 inci ini, Anda dapat mengakses Google Play untuk mengunduh berbagai aplikasi dan game favorit. Akses mudah dari layar utama Google TV jelas membuat pengalaman menikmati aneka tayangan semakin menyenangkan.

Saatnya bebaskan diri dari kendala gambar berbayang dan gerakan blur karena teknologi MEMC 120Hz pada TELEVISI AQT55S900UX efektif meningkatkan kejernihan gambar. Pengalaman menonton yang tak monoton akan segera terwujud dengan kehadiran Android Smart TV persembahan AQUA Elektronik di rumah.

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003