Mudah! Begini Cara Cek Sinyal TV Digital

tv digital dan remotenya

Migrasi siaran TV analog ke TV digital yang sudah terwujud sejak 3 November 2022 membawa Indonesia memasuki masa siaran digital yang lebih berkualitas. Anda tak akan repot berurusan lagi dengan kualitas tayangan TV yang buruk karena sinyal digital mampu menghasilkan gambar dan suara bermutu tinggi. Bahkan, Anda juga bisa cek sinyal TV digital secara mudah untuk mengidentifikasi jangkauan sinyal di sekitar tempat tinggal.

Jangan patah semangat jika selama ini Anda belum bisa menikmati tayangan siaran digital secara maksimal. Mari cek sinyal TV digital dengan cara yang tepat agar bisa lekas mendapat banyak siaran digital terbaik yang Anda inginkan.

Cara Cek Sinyal TV Digital

Ada dua cara yang bisa Anda lakukan untuk cek sinyal TV digital, yaitu menggunakan aplikasi atau melalui situs Kominfo. Ikuti beberapa langkah praktis berikut ini jika ingin mengecek sinyal TV digital:

Cara Cek Sinyal TV Digital melalui aplikasi Sinyal TV Digital

Aplikasi SinyalTVDigital dapat Anda unduh dan gunakan melalui sistem operasi Android maupun iOS dengan tahapan sebagai berikut:

  • Unduh aplikasi SinyalTVDigital melalui smartphone atau tablet PC.
  • Bila sudah berhasil mengunduh, buka aplikasi tersebut lalu klik ikon bidik pada bagian tengah bawah aplikasi untuk mendeteksi lokasi secara akurat.
  • Tampilan awal aplikasi SinyalTVDigital akan menyuguhkan informasi seputar Lembaga Penyiaran Multiplexing (MUX) yang menjangkau kawasan tempat tinggal Anda. Ada 7 Lembaga Penyiaran Swasta yang menjadi penyelenggara MUX, yaitu Media Group, Surya Citra Media (SCM), Trans, Media Nusantara Citra (MNC), dan Rajawali Televisi (RTV), Viva Group, dan Nusantara TV.
  • Pilih opsi See Mux Detail untuk mengakses info lengkap seputar sinyal TV digital yang meliputi kekuatan sinyal, jenis layanan, operator MUX, frekuensi, dan lainnya. Sinyal TV digital yang kuat ditunjukkan dengan warna merah pada peta, sedangkan sinyal sedang ditunjukkan dengan warna hijau atau kuning. Warna biru atau abu-abu menggambarkan bahwa sinyal lemah.
  • Klik ikon galeri pada sisi kanan bawah untuk mengakses info seputar siaran TV digital yang dapat ditonton.

Cara Cek Sinyal TV Digital melalui Situs Kominfo

Untuk cek sinyal TV digital tanpa aplikasi, dapat melalui situs Kominfo. Berikut langkah-langkahnya:

  • Kunjungi situs siarandigital.kominfo.go.id.
  • Klik opsi Wilayah Siaran TV Digital.
  • Masukkan nama wilayah pada kolom Cari Wilayah lalu klik tombol Cari.
  • Situs Kominfo akan menampilkan informasi tentang status jangkauan sinyal TV digital, yaitu dijadwalkan Analog Switch Off (ASO) atau selesai ASO.

Intinya, Anda bebas memilih penggunaan STB atau TV digital untuk menikmati siaran TV digital secara maksimal. Pilihlah STB yang telah memiliki standar Digital Video Broadcasting-Second Generation Terestrial (DVB-T2) karena kualitasnya dalam menangkap sinyal TV digital telah teruji.

Kelebihan Sinyal TV Digital dibandingkan Sinyal TV Analog

Berbeda dengan format sinyal analog berupa gelombang naik turun, sinyal digital menggunakan kombinasi data biner 0 dan 1 dalam bentuk bit. Perbedaan mendasar tersebut membuat sinyal TV digital memiliki beberapa kelebihan berikut ini dibandingkan sinyal analog:

  • Format data diskrit membuat sinyal TV digital stabil daripada sinyal TV analog. Bahkan, sinyal digital tidak mudah terpengaruh oleh kebisingan dan perubahan cuaca sehingga dapat menghasilkan tayangan berkualitas dalam kondisi apa pun.
  • Pengunaan spektrum radionya jauh lebih hemat daripada sinyal analog. Spektrum sebesar 8 MHz setara dengan satu saluran TV analog atau 12 saluran TV digital yang tayang secara bersamaan. Dengan demikian, migrasi siaran digital membuat jalur frekuensi menjadi lebih longgar dan dapat dimanfaatkan untuk berbagai teknologi baru.
  • Proses pengiriman data dan pemecahan masalah (troubleshooting) dengan sinyal TV digital jauh lebih mudah daripada sinyal analog. Cara cek sinyal TV digital bisa dilakukan secara praktis oleh semua individu.

Manfaat Cek Sinyal TV Digital

Kalau Anda sudah beralih ke siaran TV digital, maka sebaiknya Anda memahami cara cek sinyal TV digital supaya bisa mendapatkan beberapa manfaat berikut ini:

  • Mengetahui daftar saluran digital yang bisa Anda dapatkan di suatu lokasi.
  • Memperbarui siaran TV digital secara berkala agar bisa menikmati lebih banyak tayangan.
  • Menguji kualitas antena dan atau Set Top Box (STB) yang Anda gunakan. Bila lokasi tempat tinggal Anda mendapatkan jangkauan sinyal TV digital secara maksimal tetapi Anda gagal mendapatkan banyak siaran digital, maka kemungkinan besar penyebabnya adalah kualitas antena atau STB yang rendah.

Jika Anda hendak menggunakan TV digital, maka pilihlah TV dan antena berkualitas demi mendapatkan siaran TV terbaik. Kini, ada berbagai TV digital berkualitas yang siap memenuhi kebutuhan hiburan Anda sekeluarga. Salah satunya yaitu Smart TV AQT65S900UX dari AQUA Elektronik.

  • Android Smart TV dengan layar berukuran 65 inci ini memiliki berbagai fitur unggulan yang siap memanjakan Anda, yaitu:
  • QLED: menciptakan warna lebih luas dan akurat serta mampu mengontrol warna yang keluar secara tepat.
  • Google TV: unduh semua aplikasi dan game favorit Anda dari Google Play dan nikmati layar lebar dengan akses mudah dari layar utama Google TV.
  • MEMC 120Hz: mengurangi blur pada setiap gerakan dan gambar berbayang serta meningkatkan kejernihan.
  • Dolby Atmos: membenamkan Anda dalam hiburan favorit dengan suara bergerak yang disertai realisme menakjubkan.
  • Hands-free Voice Control: tak perlu repot mengatasi kendala jarak ketika menonton TV. Cukup katakan “Hai Google” atau “Ok Google” untuk memulai perintah.
  • Dolby Vision: membuat gambar semakin hidup dan warna lebih akurat.

Semua kelebihan Smart TV AQT65S900UX tentu jadi alasan bagi Anda untuk semakin yakin memilihnya. Sensasi pengalaman menonton yang difasilitasi Smart TV dari AQUA Elektronik akan membuat siapa pun merasa terpukau.

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003