Ini Dia Bedanya TV LED dan LCD, Mana Pilihan Anda?

tv led

Teknologi elektronik mengalami perkembangan pesat dalam kurun waktu satu tahun terakhir. Banyak sekali perangkat elektronik canggih yang siap mendukung aktivitas Anda, salah satunya yaitu TV. Dahulu, TV LCD sempat menjadi primadona yang digemari banyak orang. Namun kini teknologi tersebut sudah digantikan TV LED yang jauh lebih canggih. Anda patut mengenali perbedaan TV LED dan LCD secara teliti agar bisa menentukan pilihan terbaik.

Tak ada kata terlambat untuk memperbarui TV di rumah. Ulasan seputar perbedaan TV LED dan LCD berikut ini menambah wawasan Anda sebelum memilih salah satu di antaranya.

Mengenal Perbedaan TV LED dan LCD

Jika dilihat sekilas, TV LED dan LCD memang tampak tidak berbeda. Namun, sebenarnya kedua jenis TV tersebut memiliki beberapa perbedaan sebagai berikut:

1. Periode Produksi

TV LCD pertama kali diperkenalkan kepada khalayak ramai pada awal tahun 2001. Kala itu, kehadiran TV LCD menjadi momentum yang perlahan-lahan menggeser penggunaan TV tabung di seluruh penjuru dunia. TV LED baru dirilis pertama kali pada tahun 2014 dengan teknologi lebih canggih daripada TV LCD. Dengan kata lain, TV LED merupakan generasi penerus TV LCD.

2. Teknologi

LCD adalah singkatan dari Liquid Crystal Display karena tampilannya menyerupai bahan kristal cair. Panel TV ini menggunakan layar kristal sinyal neon (fluorescent) yang memancarkan cahaya putih (white backlight). Sementara itu, LED adalah singkatan dari Light Emitting Diode yang menggambarkan penggunaan lampu diode sebagai sumber pencahayaan.

3. Ketebalan Layar TV

Lampu fluorescent pada TV LCD pasti berada di belakang layar, sedangkan lampu diode pada TV LED dapat diposisikan di belakang atau samping layar. Itulah sebabnya TV LED memiliki bentuk lebih tipis dibandingkan TV LCD. Bentuk TV LED tersebut membuatnya lebih hemat tempat dan tidak menyita kapasitas ruangan dibandingkan TV LCD.

4. Kualitas Gambar

TV LCD membutuhkan tiga warna penyaring, yaitu merah, hijau, dan biru. Ketiga warna tersebut akan menyaring semua cahaya lalu melepaskan warna yang melintas untuk membentuk pixel warna tersebut. Berbeda dengan LCD, TV LED menggunakan tiga lampu warna merah, biru, dan hijau untuk menghasilkan warna yang lebih tajam dan bernuansa realistis. Diode pemancar cahaya bisa diredupkan sehingga menampilkan warna-warna gelap yang lebih pekat sehingga tampilan gambar terasa semakin kontras. Itulah sebabnya kualitas gambar yang dihasilkan TV LED terbilang lebih baik daripada TV LCD.

5. Daya Tahan TV

Rata-rata TV LCD memiliki usia pakai 75.000 jam, sedangkan TV LED memiliki usia pakai lebih lama yaitu rata-rata 100.000 jam.

6. Konsumsi Daya Listrik

perbedaan TV LED dan LCD yang cukup signifikan juga tampak dari segi penggunaan listrik. Teknologi pada TV LED sudah berkembang lebih sempurna sehingga konsumsi listriknya lebih hemat 20% hingga 30% dibandingkan TV LCD.

7. Harga

TV LED memang dibanderol dengan harga minimal tiga juta rupiah pada awal kemunculannya. Seiring berjalannya waktu, harga TV LED jadi jauh lebih terjangkau karena bisa diperoleh dengan harga 2 jutaan rupiah saja untuk unit berukuran 32 inci. Sebaliknya, TV LCD kini sudah tidak diproduksi dan hanya bisa diperoleh dalam kondisi bekas. Beberapa tahun lalu, unit TV LCD baru juga dijual dengan harga hampir sama dengan harga TV LED baru pada awal kemunculannya.

Apakah TV LCD dan TV LED Bisa Menerima Sinyal Digital?

Semua produk TV LCD tidak bisa menerima sinyal digital secara langsung karena dirilis jauh sebelum program migrasi TV digital resmi dilakukan. Hal serupa juga terjadi pada TV LED.

Produk TV LED yang diluncurkan beberapa tahun sebelum program migrasi TV digital berlangsung tentu tidak bisa menerima sinyal digital. Namun, sebagian besar TV LED yang dipasarkan sejak tahun 2020 sudah memiliki kemampuan menangkap sinyal digital.

Jika Anda memiliki TV LCD atau TV LED yang tidak dapat menerima sinyal digital, maka Anda harus memasang perangkat Set Top Box (STB) agar bisa menyaksikan tayangan TV digital. Penerimaan sinyal digital akan semakin maksimal jika didukung antena digital sehingga TV Anda bisa mengakses lebih banyak saluran.

Setelah menyimak ulasan seputar perbedaan TV LED dan LCD kali ini, tentu saja Anda semakin yakin beralih ke TV LED. AQUA Elektronik telah menyiapkan TV LED canggih untuk Anda, yaitu seri Televisi LE43AQT6700UG. Android Smart TV berukuran 70 inci ini memiliki kualitas tampilan dan suara yang lebih jernih serta fitur operasional yang makin canggih.

Televisi LE43AQT6700UG dibekali resolusi 4K HDR yang membuat detail warna semakin tajam, jelas, dan hidup. Teknologi TV cerdas ini berfungsi sebagai pusat ekosistem digital yang dapat mengontrol semua perangkat pintar di rumah secara optimal.

Anda juga bisa mengoperasikan seri TV AQUA Elektronik ini dengan Intelligent Voice Control untuk mendapatkan berbagai info secara cepat. Akses video, foto, maupun gambar di smartphone juga kian mudah karena bisa langsung diintegrasikan dengan fitur Chromecast Built In pada TV ini.

Nikmati pengalaman menonton tayangan favorit tanpa gangguan karena TV ini mengusung konsep bingkai tipis atau Bezel Less. Berkumpul bersama keluarga sambil menonton TV jadi makin menyenangkan bila Anda sudah memiliki TV berkualitas dengan beragam fitur canggih.

Untuk dapatkan produk TV AQUA Elektronik seri ini, Anda dapat mengunjungi official store AQUA Elektronik sekarang juga!

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003