Konsumsi Listrik TV Berapa Watt? Lihat Berdasarkan Jenisnya!

seorang pria sedang berpikir di depan tv

TV termasuk alat elektronik yang sering dinyalakan di rumah. Apakah itu artinya konsumsi listrik akibat penggunaan televisi bisa bikin tagihan listrik bengkak? Sebenarnya, konsumsi listriknya berapa Watt, ya?

Menonton TV memang jadi salah satu kegiatan favorit keluarga. Apalagi di zaman serba digital seperti sekarang ini, adanya smart TV membuat pilihan tayangan televisi jadi semakin membeludak. Anda tidak hanya bisa menonton tayangan dari saluran lokal maupun nasional, tapi juga bisa menonton tayangan berbasis internet.

Perlu diketahui, setiap jenis televisi memiliki Watt yang berbeda-beda, tergantung pada kecanggihan teknologi yang dimilikinya. Itu sebabnya, pasti memengaruhi besaran tagihan listrik di rumah. Biasanya, faktor-faktor yang memengaruhi berapa konsumsi daya listriknya adalah ukurannya (dalam inci), teknologi, kelengkapan fitur, serta jenis dan mereknya.

Konsumsi TV Berapa Watt Berdasarkan Jenisnya

Nah, penasaran seberapa besar konsumsi listrik di rumah Anda? Yuk, simak penjelasan tentang konsumsi listrik TV berapa Watt berdasarkan jenisnya seperti berikut ini.

1. TV Tabung

Jenis televisi ini bisa dibilang generasi pertama. Bentuknya sangat khas, yaitu dengan tabung besar di belakang layar dan dilengkapi beberapa tombol kontrol di sisi samping atau bawahnya. Ternyata, konsumsi listriknya cukup tinggi, yaitu antara 75–100 Watt atau bahkan lebih.

2. TV Plasma

TV Plasma bentuknya lebih pipih dibandingkan TV tabung. Di dalamnya terdapat 2 lapis kaca yang berfungsi menerima aliran gas. Gas akan bereaksi dengan listrik untuk kemudian memunculkan gambar di layar ketika Anda menyambungkannya dengan sambungan listrik.

Sama seperti sebelumnya, TV Plasma ternyata juga menggunakan daya listrik yang cukup tinggi, yakni pada kisaran 60–100 Watt lebih.

3. TV LCD

TV Liquid Crystal Display Television (LCD) ini konsepnya seperti LCD komputer yang memanfaatkan panel. Sesuai namanya, panel ini dibuat dari liquid crystal atau kristal cair. Nah, panel ini yang akan menjadi akses bagi cahaya gambar untuk keluar.

Kelebihannya dibandingkan jenis pendahulunya adalah memiliki suhu lebih rendah. Sementara, penggunaan listriknya kisaran 60–100 Watt lebih.

4. TV LED

TV Light Emitting Diode (LED) terdiri dari dua jenis, yaitu edge lit dan direct LED. Edge lit meletakan LED di bagian tengah produknya, sedangkan direct LED meletakkan LED di bagian belakang.

Salah satu kelebihannya, yaitu mampu menghasilkan gambar pada layar televisi secara lebih jernih dan terang. Dibandingkan pendahulunya, jenis televisi ini lebih hemat daya karena penggunaan listriknya berkisar di 40–50 Watt.

5. TV oLED

TV Organic Light Emitting Diode (oLED) memiliki bentuk yang sangat tipis. Jenis televisi satu ini memanfaatkan karbon sebagai pengantar cahayanya. Kemudian untuk konsumsi daya listriknya, terhitung lebih tinggi dibandingkan dengan TV LED, yaitu antara 50–75 Watt.

6. Smart TV

Televisi satu ini makin populer di era digital karena bisa terhubung ke berbagai alat elektronik yang memadai dengan bantuan internet. Selain itu, smart TV umumnya dilengkapi beragam fitur untuk memenuhi kebutuhan hiburan penggunanya. Kapasitas penggunaan listriknya beragam, tergantung pada perangkat apa ia terpasang.

Dengan berbagai kecanggihan itu, kira-kira konsumsi TV berapa Watt ya? Ternyata kapasitas penggunaan listriknya beragam, tergantung pada perangkat apa ia terpasang.

Televisi LE55AQT7000QU Pro: Berkualitas dan Tahan Lama

Dengan semakin beragamnya pilihan fitur pada televisi zaman now, Anda memiliki kebebasan untuk memilih produk yang dapat memenuhi kebutuhan keluarga. Sebab, menonton televisi kini menjadi pilihan aktivitas hiburan yang optimal di rumah. Dengan segala kecanggihan yang disematkan pada televisi pintar, ada begitu banyak kegiatan yang bisa dilakukan selain menonton tayangan biasa.

Televisi LE55AQT7000QU Propersembahan dari AQUA Elektronik, misalnya, menawarkan berbagai fitur canggih demi bisa menghadirkan pengalaman menonton yang tak lagi monoton bagi Anda dan keluarga di rumah.

Televisi ini dilengkapi HQLED with 4K HDR, yaitu teknologi TV LCD meningkatkan warna yang presisi, menghadirkan lebih banyak level warna. Kontrol kecerahan pada produk termasuk ini tinggi, sehingga menciptakan tingkat warna yang halus.

Selain tampilan gambar yang mumpuni, televisi LE55AQT7000QU Pro juga membuat Anda dapat menikmati pengalaman hiburan premium dengan Dolby Atmos. Sutradara dan mixer suara menggunakan teknologi canggih ini untuk menciptakan hiburan yang spektakuler.

Kecanggihan lain produk ini juga terasa pada Hands-free Voice Control, yang membedakannya dengan generasi televisi sebelum-sebelumnya.

Dengan Hands-free Voice Control, Anda cukup mengucapkan perintah pada perangkat elektronik tersebut, dimulai dengan “Hai Google” atau “OK Google”, dan perintah itu akan langsung muncul di TV. Canggih, bukan?

Jadi, jangan sampai ketinggalan kemajuan teknologi. Miliki televisi canggih ini demi mendapatkan kenikmatan menonton yang maksimal! Kunjungi Official Store AQUA Elektronik sekarang juga!

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003