Konsumsi Listrik TV Berapa Watt? Lihat Berdasarkan Jenisnya!

TV termasuk alat elektronik yang sering dinyalakan di rumah. Apakah itu artinya konsumsi listrik akibat penggunaan televisi bisa bikin tagihan listrik bengkak? Sebenarnya, konsumsi listrik TV berapa Watt, ya?

Menonton TV memang jadi salah satu kegiatan favorit keluarga. Apalagi di zaman serba digital seperti sekarang ini, adanya smart TV membuat pilihan tayangan TV jadi semakin membeludak. Anda tidak hanya bisa menonton tayangan dari saluran televisi lokal ataupun nasional, tapi juga bisa menonton tayangan berbasis internet.

Perlu diketahui, setiap jenis TV memiliki Watt yang berbeda-beda, tergantung pada kecanggihan teknologi yang dimilikinya. Itu sebabnya, jenis TV pasti memengaruhi besaran tagihan listrik di rumah. Biasanya, faktor-faktor yang memengaruhi berapa Watt TV adalah ukurannya (dalam inci), teknologi, kelengkapan fitur, serta jenis dan mereknya.

Konsumsi TV Berapa Watt Berdasarkan Jenisnya

Nah, penasaran seberapa besar konsumsi listrik di rumah Anda? Yuk, simak penjelasan tentang konsumsi listrik TV berapa Watt berdasarkan jenis TV seperti berikut ini.

  • TV Tabung

TV ini bisa dibilang generasi pertama. Bentuknya sangat khas, yaitu dengan tabung besar di belakang layar dan dilengkapi beberapa tombol kontrol di sisi samping atau bawahnya. Ternyata, konsumsi listrik TV jadul ini cukup tinggi, yaitu antara 75–100 Watt atau bahkan lebih.

  • TV Plasma

TV Plasma bentuknya lebih pipih dibandingkan TV tabung. TV ini sempat populer pasca masa TV tabung. Di dalam TV plasma terdapat 2 lapis kaca yang berfungsi menerima aliran gas. Gas akan bereaksi dengan listrik untuk kemudian memunculkan gambar di layar ketika Anda menyambungkannya dengan sambungan listrik.

Sama seperti TV tabung, TV Plasma ternyata juga menggunakan daya listrik yang cukup tinggi. Kisaran TV berapa Watt untuk TV Plasma sekitar 60–100 Watt lebih.

  • TV LCD

Televisi Liquid Crystal Display Television (LCD) ini konsepnya seperti LCD komputer yang memanfaatkan panel. Sesuai namanya, panel ini dibuat dari liquid crystal atau kristal cair. Nah, panel ini yang akan menjadi akses bagi cahaya gambar untuk keluar.

Kelebihan TV jenis ini dibandingkan jenis pendahulunya adalah suhunya yang lebih rendah. Sementara, penggunaan listrik pada TV LCD umumnya antara 60–100 Watt lebih.

  • TV LED

TV Light Emitting Diode (LED) terdiri dari dua jenis, yaitu edge lit dan direct LED. Edge lit meletakan LED di bagian tengah produknya, sedangkan direct LED meletakkan LED di bagian belakang.

TV LED mampu menghasilkan gambar pada layar televisi secara lebih jernih dan terang. Dibandingkan pendahulunya, jenis TV ini lebih hemat daya karena penggunaan listriknya berkisar di 40–50 Watt.

  • TV oLED

TV Organic Light Emitting Diode (oLED) memiliki bentuk yang sangat tipis. TV ini memanfaatkan karbon sebagai pengantar cahayanya. Untuk penggunaan daya listriknya, TV oLED masih lebih tinggi sedikit dibandingkan dengan TV LED, yaitu antara 50–75 Watt.

  • Smart TV

TV jenis ini makin populer di era digital. Sebab smart TV bisa terhubung ke berbagai alat elektronik yang memadai dengan bantuan internet. Selain itu, smart TV umumnya dilengkapi beragam fitur untuk memenuhi kebutuhan hiburan penggunanya. Kapasitas penggunaan listriknya beragam, tergantung pada perangkat apa ia terpasang.

Dengan berbagai kecanggihan itu, kira-kira konsumsi TV berapa Watt ya, untuk smart TV? Ternyata kapasitas penggunaan listriknya beragam, tergantung pada perangkat apa ia terpasang.

Televisi LE55AQT7000QU Pro: Berkualitas dan Tahan Lama

Dengan semakin beragamnya pilihan fitur pada TV zaman now, Anda memiliki kebebasan untuk memilih TV yang dapat memenuhi kebutuhan keluarga. Sebab, menonton TV kini menjadi pilihan aktivitas hiburan yang optimal di rumah. Dengan segala kecanggihan yang disematkan pada smart TV, ada begitu banyak kegiatan yang bisa dilakukan selain menonton tayangan biasa.

Televisi LE55AQT7000QU Propersembahan dari AQUA Elektronik, misalnya, menawarkan berbagai fitur canggih demi bisa menghadirkan pengalaman menonton yang tak lagi monoton bagi Anda dan keluarga di rumah.

Televisi ini dilengkapi HQLED with 4K HDR, yaitu teknologi TV LCD meningkatkan warna yang presisi, menghadirkan lebih banyak level warna. Kontrol kecerahan pada TV ini tinggi sehingga menciptakan tingkat warna yang halus.

Selain tampilan gambar yang mumpuni, televisi LE55AQT7000QU Pro juga membuat Anda dapat menikmati pengalaman hiburan premium dengan Dolby Atmos. Sutradara dan mixer suara menggunakan teknologi canggih ini untuk menciptakan hiburan yang spektakuler.

Kecanggihan lain televisi LE55AQT7000QU Pro terasa pada Hands-free Voice Control. Fitur ini menegaskan perbedaan TV zaman now dengan teknologi TV pendahulunya.

Dengan Hands-free Voice Control, Anda cukup mengucapkan perintah pada TV, dimulai dengan “Hai Google” atau “OK Google”, dan perintah itu akan langsung muncul di TV. Canggih, bukan?

Jadi, jangan sampai ketinggalan kemajuan teknologi. Miliki TV canggih ini demi mendapatkan kenikmatan menonton yang maksimal! Kunjungi Official Store AQUA Elektronik sekarang juga!


AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003