Lebih Asyik Nonton YouTube di TV, Intip Caranya!

Era Internet of Things (IoT) membawa banyak kemudahan bagi masyarakat modern. Bahkan, perkembangan teknologi yang berlangsung pesat bikin integrasi antar perangkat pintar jadi makin praktis.

Kalau dulu Anda terbiasa menonton tayangan YouTube di smartphone atau Personal Computer, sekarang Anda bisa mencoba cara nonton YouTube di TV untuk mendapatkan pengalaman yang lebih menakjubkan.

Produk TV Pintar (Smart TV) kini hadir sebagai solusi hiburan lengkap bagi semua kalangan masyarakat. Anda tidak hanya bisa menikmati tayangan dari saluran TV digital, melainkan juga dapat menonton YouTube, bermain game, menyajikan presentasi, serta melakukan beragam hal bermafaat lainnya dengan perangkat tersebut.

Jika selama ini Anda belum menggunakan TV digital atau belum memahami cara nonton YouTube di TV, maka sebaiknya Anda menyimak ulasan lengkap berikut ini terlebih dahulu.

Kelebihan Menonton YouTube di Smart TV

Jangan ragu mempelajari cara nonton YouTube di TV agar bisa merasakan beberapa kelebihan sebagai berikut:

  • Tayangan YouTube tampil di layar yang lebih besar daripada smartphone atau PC sehingga nyaman ditonton banyak orang.
  • Pengalaman menonton terasa lebih nyaman karena tidak terganggu notifikasi tertentu, seperti dering telepon masuk atau pemberitahuan dari media sosial.
  • Kualitas gambar dan suara YouTube yang ditampilkan di TV jauh lebih baik dibandingkan smartphone atau PC.
  • Kesempatan memanfaatkan fitur-fitur tambahan yang ada di TV, misalnya pewaktu tidur (sleep timer) dan kontrol terhadap tayangan untuk anak (children lock).

Beragam Cara Nonton YouTube di TV

Keinginan menonton YouTube di TV akan segera terwujud karena Anda hanya perlu mencoba satu dari beberapa cara praktis berikut ini:

  • Mengakses YouTube pada Smart TV: produk Smart TV keluaran tahun 2020 ke atas biasanya sudah dilengkapi aplikasi YouTube. Jadi, Anda tinggal mengakses aplikasi tersebut untuk membuka YouTube dan menonton tayangan yang Anda inginkan. Jangan lupa melakukan login akun Gmail pada Smart TV supaya langsung terintegrasi dengan YouTube Anda.
  • Mengandalkan Kabel HDMI: Anda patut menyiapkan kabel High Definition Multimedia Interface (HDMI) jika ingin menyambungkan tayangan YouTube dari smartphone ke TV.

Pastikan kalau jenis kabel HDMI yang Anda gunakan sudah sesuai dengan port smartphone dan TV. Hubungkan kedua perangkat tersebut dengan kabel lalu tunggu sejenak sampai tayangan YouTube dari smartphone muncul pada layar TV.

  • Menggunakan Set Top Box (STB): belum banyak orang yang menyadari kalau STB juga bisa dimanfaatkan untuk menonton YouTube di TV. Anda tinggal menyiapkan smartphone, STB, dan TV.

Hubungkan STB ke TV, lalu sambungkan juga STB tersebut ke smartphone dengan kabel USB. Masuklah ke opsi pengaturan pada smartphone lalu klik submenu Connectivity untuk mengaktifkan Tethering dan Hotspot.

Bila Tethering USB sudah diaktifkan, gunakan remote STB untuk mengakses menu Pengaturan Jaringan. Pastikan bahwa status jaringan pada STB sudah terhubung dengasn smartphone.

Selanjutnya, klik opsi Menu pada STB, klik USB, klik Internet, lalu yang terakhir klik YouTube. Proses tersebut akan membuat tayangan YouTube segera tampil di TV.

  • Menggunakan Chromecast: Chromecast adalah perangkat besutan Google yang berfungsi memproyeksikan layar smartphone ke TV. Cara nonton YouTube di TV dengan Chromecast terbilang praktis.

Anda tinggal menyambungkan Chromecast ke port HDMI TV. Sesuaikan koneksi Chromecast agar terhubung dengan jaringan wifi melalui smarphone lalu lakukan instalasi aplikasi Chromecast. Kemudian, pindahkan saluran TV ke mode HDMI sebagai sumber tontonan sehingga YouTube tampil pada TV.

  • Menggunakan Miracast: selain Chromecast, ada satu lagi caster yang kerap digunakan untuk nonton YouTube di TV, yaitu Miracast. Anda tinggal menyambungkan dongle Miracast ke TV lalu masuk ke opsi Pengaturan pada smartphone.

Pilih submenu Display lalu pilih Wireless Mirroring atau Cast Screen. Ubah semua pengaturan menjadi ON supaya jaringan Miracast muncul di smartphone. Jika jaringan sudah muncul, pilihlah jaringan tersebut untuk menampilkan YouTube.

Jika penggunaan STB, kabel HDMI, atau caster untuk menonton YouTube di TV terasa merepotkan, mungkin alangkah lebih baik bila Anda mengandalkan Smart TV saja.

AQUA Elektronik punya rekomendasi Android Smart TV istimewa dengan layar berukuran 65 inci, yaitu TELEVISI AQT65S900UX. Fitur canggih pada TV tersebut memungkinkan Anda menonton YouTube secara mudah dan nyaman.

Smart TV ini dilengkapi teknologi QLED yang menciptakan warna lebih luas dan akurat serta mampu mengontrol warna yang keluar secara tepat. Nikmati tampilan lebar dengan akses mudah dari layar utama Google TV untuk mengunduh semua aplikasi dan game favorit Anda dari Google Play.

Kejernihan gambar pada TELEVISI AQT65S900UX juga tak perlu diragukan lagi karena ada teknologi MEMC 120 Hz yang mengurangi blur pada setiap gerakan dan gambar berbayang.

Pengalaman menonton TV juga makin sempurna dengan kecanggihan suara khas Dolby Atmos serta dukungan Dolby Vision yang membuat gambar makin hidup dan warna makin akurat.

Kendala pengontrolan TV dari jarak jauh pun tak akan mengganggu lagi karena TELEVISI AQT65S900UX dilengkapi Hands-free Voice Control. Anda cukup mengucapkan “Hai Google” atau “Ok Google” untuk memulai perintah.

Suguhan hiburan lengkap dari Smart TV di rumah tentu membuat Anda makin betah menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga. AQUA Elektronik senantiasa berkomitmen menyiapkan produk terbaik hanya untuk Anda. Dapatkan produk terbaiknya di official store AQUA Elektronik!

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003