Simak Cara Pilih STB yang Bagus Agar Sinyal Digital Lancar

Indonesia mulai memasuki era TV digital dengan kualitas tampilan tayangan lebih baik pada penghujung tahun 2022. Informasi tentang program migrasi ke sinyal TV digital memang sudah gencar dipublikasikan sejak tahun 2020. Anda tak perlu berkecil hati jika belum memiliki TV digital karena Set Top Box atau STB yang bagus bisa membantu TV analog mengelola sinyal digital dan menginterpretasikannya menjadi tayangan TV.

Jadi, tak ada tuntutan untuk langsung menyiapkan bujet besar demi membeli TV digital. Sebab TV analog masih bisa dimanfaatkan untuk menikmati aneka tayangan favorit asalkan sudah dilengkapi perangkat STB.

Apa Kegunaan STB?

STB (juga dikenal dengan istilah Digital TV Box) adalah perangkat yang berfungsi membantu TV analog menerjemahkan TV digital. Dengan demikian, sinyal digital yang ditangkap antena dapat diterjemahkan oleh STB menjadi sinyal analog untuk menghasilkan tayangan TV. Fungsi tersebut dapat direalisasikan karena STB dilengkapi fitur penerima sinyal digital sesuai standar penyiaran tanah air, yaitu Digital Video Broadcasting-Terrestrial second generation (DVB-T2).

Anda berkesempatan menikmati siaran TV digital dengan tampilan berkualitas jika menggunakan STB yang bagus. Berbeda dengan sinyal analog yang dikirim dalam bentuk gelombang sehingga rentan terganggu cuaca buruk, sinyal digital dikirim dalam format bit (angka 0 dan 1) sehingga tingkat akurasinya lebih baik. Selain itu, penggunaan STB juga tidak disertai biaya bulanan seperti fasilitas TV kabel. Ada puluhan saluran TV digital yang bisa dinikmati secara gratis.

Bagaimana Cara Memilih STB yang Bagus?

Jika Anda belum memiliki persiapan bujet yang memadai untuk membeli TV digital, Anda bisa membeli STB yang bagus sebagai solusi. Ikuti beberapa cara memilih STB yang bagus berikut ini supaya bisa mendapatkan kualitas siaran TV digital yang prima:

  • Memprioritaskan STB yang Direkomendasikan Kemenkominfo
    Memilih STB yang bagus tidak sulit karena Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) telah merekomendasikan sejumlah produk STB tersertifikasi. Informasi lengkap seputar merek dan tipe STB bersertifikasi bisa Anda dapatkan dengan mudah melalui internet. Jika berencana membeli STB dalam waktu dekat, pastikan bahwa STB pilihan Anda sesuai dengan rekomendasi Kemenkominfo sehingga kualitas tayangan yang dihasilkan benar-benar terjamin.
  • Mengamati Tanda Khusus pada Kemasan STB
    Salah satu cara memilih STB yang bagus paling sederhana yang bisa Anda lakukan adalah mengamati kemasan STB tersebut. STB pilihan Anda harus mencantumkan label “siap digital” atau DVB-T2. Selain itu, ada pula kemasan STB yang menyertakan gambar Modi (maskot siaran TV digital Indonesia) untuk mempermudah masyarakat. Kalau Anda sudah memilih STB dengan tanda tersebut tetapi STB tetap tidak dapat menangkap sinyal digital, jangan ragu menyampaikan komplain atau meminta bantuan dari penjual STB.
  • Memilih STB dengan Fitur Tambahan Sesuai Kebutuhan
    Kini, STB bukan sekadar berfungsi menerjemahkan sinyal digital pada TV analog. Lebih dari itu, banyak produk STB yang dilengkapi berbagai fitur canggih, seperti fitur untuk merekam siaran TV yang sedang tayang serta konektivitas dengan USB, Wifi, atau HDMI. Ada pula STB yang mempunyai fitur parental lock untuk membatasi tayangan TV yang bisa disaksikan anak-anak. Alangkah baik jika Anda menyiapkan bujet memadai untuk membeli STB berkualitas dengan dukungan fitur-fitur canggih tersebut sehingga pengalaman menikmati hiburan di rumah semakin sempurna.
  • Mencermati Ulasan tentang Suatu Produk STB
    Cara berikutnya yang patut Anda praktikkan ketika memilih STB yang bagus adalah mencermati ulasannya. Biasanya produk STB yang populer akan dipilih banyak orang dan spesifikasinya juga kerap diulas di internet. Luangkan waktu Anda untuk mencari informasi seputar ulasan suatu merek STB yang Anda minati. Sehingga nantinya Anda lebih mudah menentukan keputusan pembelian usai menyimak ulasan perangkat tersebut secara detail.
    Selain ulasan di internet, Anda juga bisa mencari informasi tentang kualitas STB dari orang-orang terdekat, seperti sahabat, tetangga, atau rekan kerja. Semakin banyak testimoni positif yang diperoleh suatu merek STB, maka semakin baik pula kualitas STB tersebut.
  • Membeli STB di Toko Resmi
    Jangan mudah tergiur dengan tawaran STB yang harganya sangat murah. Biasanya STB yang bagus memang dibanderol dengan harga cukup mahal, yaitu antara 150 hingga 500 ribu rupiah. Sebaiknya, Anda membeli STB di toko fisik atau toko online resmi untuk menghindari jebakan STB palsu yang harganya sangat menggiurkan. Anda juga bisa menanyakan tentang klaim garansi ketika membeli STB di toko resmi untuk mengantisipasi risiko kerusakan STB.

Penggunaan STB yang bagus akan membantu Anda berhemat sehingga bisa lekas beralih ke TV digital. Sama seperti proses memilih STB, pemilihan TV digital juga harus dilakukan dengan teliti. AQUA Elektronik Indonesia telah menyiapkan rekomendasi Televisi LE55AQT6600UG untuk mendukung kebutuhan Anda sekeluarga.

Televisi seri LE55AQT6600UG dari AQUA Elektronik Indonesia tergolong istimewa karena dilengkapi fitur-fitur canggih sebagai berikut:

Android TV, Smart AI: kualitas tampilan dan suara makin jernih, lengkap dengan fitur operasional yang makin canggih.

4K HDR: resolusi warna lebih tajam serta detail gambar semakin jelas dan hidup.

Android Devices IoT Hub: teknologi TV cerdas sebagai pusat ekosistem digital yang membuat semua perangkat pintar di rumah dapat Anda kontrol secara optimal.

Intelligent Voice Control: kebutuhan informasi Anda tersaji segera cukup dengan perintah suara.

Chromecast Built-in: berbagai tampilan foto, video, atau gambar di smartphone dapat ditayangkan di layar TV yang lebih besar.

Mobile Remote App: aplikasi jarak jauh Android TV yang kini juga tersedia di iOS Android. Fitur ini memungkinkan Anda menggunakan gerakan d-pad atau touchpad serta memasukkan teks ke keyboard dari mobile phone untuk mengembalikan TV Android.

TV AQUA Elektronik Indonesia seri LE55AQT6600UG pasti akan membuat Anda sekeluarga betah bersantai di rumah sambil menikmati tayangan TV favorit. Kecanggihan TV berukuran 55 inci tersebut akan membuat siapa pun jadi berdecak kagum. Segera dapatkan tipe TV AQUA Elektronik Indonesia tersebut sebelum kehabisan hanya di official store AQUA Elektronik Indonesia!

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003