Waspada, Cari Tahu Apa Saja Penyebab Kulkas Nyetrum!

Setiap barang elektronik mempunyai risiko untuk nyetrum, tak terkecuali kulkas. Meski masalah kulkas nyetrum jarang terjadi, ada baiknya Anda mengetahui beberapa hal yang bisa jadi penyebab kulkas nyetrum maupun penyebab freezer box nyetrum.

Bila Anda merasakan sensasi kesetrum saat menyentuh kulkas, kemungkinan ada salah satu komponennya yang bermasalah. Yuk, simak penjelasannya!

Ini Penyebab Kulkas Nyetrum Saat Disentuh

Umumnya, masalah kulkas nyetrum saat disentuh terjadi pada kulkas yang usia pakainya sudah cukup lama. Tapi, kadang bisa juga terjadi pada kulkas yang masih baru. Nah, sebaiknya Anda ketahui beberapa faktor yang bisa jadi penyebab body kulkas nyetrum.

Kompresor short body

Kompresor berfungsi sebagai penyokong sistem pendingin pada kulkas. Kompresor short body artinya isolasi gulungan dalam kompresor mulai mengelupas dan mengenai atau menempel pada bagian body kompresor. Akibatnya muncul arus listrik yang mengalir pada body kulkas sehingga timbul sensasi kesetrum saat Anda menyentuhnya.

Korsleting pada heater

Heater kulkas memiliki lilitan kawat tahan panas yang terbungkus tabung kaca. Tabung ini mampu mengisolasi arus listrik sehingga tidak nyetrum ke bagian kulkas lainnya. Jika penyebab kulkas nyetrum adalah heater korsleting, biasanya bagian kacanya akan pecah. Lilitan heater pemanas kemudian menyentuh evaporator atau body kulkas.

Kabel colokan terkelupas

Penyebab body kulkas nyetrum yang lain adalah bila ada kabel instalasi yang mengelupas atau sambungan kabel tidak terisolasi dengan baik. Akibatnya, kabel menempel ke body kulkas dan mengalirkan arus listrik ke permukaan luar.

Anda perlu mengecek kondisi kabel colokan secara berkala. Sebab kabel mengelupas kadang disebabkan oleh gigitan tikus atau kecoa.

Kabel grounding putus

Grounding adalah jalur kabel tersendiri yang dipasang pada instalasi listrik rumah menuju titik pertanahan atau bumi. Mekanisme ini menghindarkan kita dari sengatan listrik ketika memegang barang-barang elektronik.

Untuk mengecek apakah kabel grounding bermasalah, Anda cukup lihat ke bagian belakang kulkas, tepatnya di area kompresor. Kabel grounding biasanya berwarna kuning dan menempel ke body kulkas.

Begini Cara Mengatasi Body Kulkas yang Nyetrum

Bila kulkas Anda terasa nyetrum saat disentuh, bukan berarti kulkas sudah rusak dan harus diganti baru. Coba dulu atasi penyebab kulkas nyetrum dengan tips berikut.

Perbaiki kompresor

Jika kompresor sudah short body, maka saatnya diganti dengan yang baru.

Pasang grounding

Pasang kabel grounding yang dialirkan langsung ke tanah sehingga Anda terlindungi dari risiko tersengat listrik.

Ganti kabel

Bila kabel hanya terkelupas sedikit, Anda bisa memperbaikinya dengan cara mengisolasi area yang mengelupas. Namun, bila kabel yang menuju steker maupun heater tampak sudah usang atau terkelupas sangat parah, segera ganti dengan yang baru.

Balik posisi steker

Untuk mengatasi masalah kulkas nyetrum, Anda juga bisa mencoba cara membalikkan posisi steker listrik. Misalnya, jika posisi kepala steker menghadap ke atas ketika dicolokkan, putar posisinya menjadi menghadap ke bawah. Langkah ini akan membalikkan arus listrik sehingga Anda tidak akan tersengat listrik saat menyentuh kulkas.

Kulkas Side By Side AQR-675IG(GB) dengan Glass Door Mewah untuk Dapur Indah

Saat ini, kulkas bukan hanya berfungsi sebagai lemari pendingin untuk menyimpan stok bahan makanan atau minuman. Lebih dari itu, kulkas juga bisa menjadi salah satu elemen dekorasi yang dapat mempercantik ruangan.

Bagi Anda yang butuh kulkas baru, pastikan Anda memilih kulkas dengan desain eksterior yang elegan agar dapat mengoptimalkan interior dapur. Contohnya kulkas Side By Side AQR-675IG(GB) persembahan dari AQUA Elektronik yang dilengkapi Glass Door, yaitu bahan kaca berkualitas sehingga menghadirkan tampilan yang mempercantik ruangan dengan efek pantulan cahaya elegan. Anda pun dapat dengan mudah mengatur suhu kulkas dengan Digital Temperature Control yang terdapat pada panel LED.

Kulkas Side By Side AQR-675IG(GB) juga sudah memiliki teknologi Twin Inverter untuk mengoptimalkan pendinginan dengan double compressor dan fan, sehingga kulkas cepat dingin dan stabil. Hal ini akan mendukung penggunaan listrik yang hemat di rumah.

Keistimewaan kulkas Side By Side AQR-675IG(GB) tak berhenti di situ. Masih ada teknologi Deo Fresh yang akan mencegah dan menyerap aroma tidak sedap. Kapasitas kulkas ini pun cukup besar sehingga mampu memuat stok makanan keluarga hingga satu minggu. Dibantu juga dengan pemisahan compartment humidity and dry untuk pengontrol kelembapan dari jenis makan yang basah dan kering.

Miliki segera kulkas Side By Side AQR-675IG(GB) untuk memberikan tampilan dapur yang lebih cantik dan elegan. Kunjungi Official Store AQUA Elektronik untuk informasi lebih lanjut!



AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003