Mesin Cuci Anda Lemah Putarannya? Mungkin Ini Penyebabnya!

Penggunaan mesin cuci merupakan solusi terbaik yang mempermudah kegiatan rumah tangga, sebab Anda tak perlu mengeluarkan banyak tenaga untuk mencuci pakaian. Itulah sebabnya, mesin cuci harus dirawat secara telaten agar fungsinya tetap normal. Salah satu yang dapat menghambat proses mencuci adalah putaran mesin cuci lemah.

Jangan menganggap remeh masalah mesin cuci lemah putarannya karena hal tersebut adalah gejala kerusakan yang lebih parah. Di samping itu, mesin cuci yang putarannya lemah membuat proses membersihkan baju jadi kurang maksimal. Mari kenali dulu akibat serta berbagai penyebab lemahnya putaran mesin cuci supaya Anda bisa mengatasinya dengan cara yang tepat.

Apa yang Terjadi Jika Mesin Cuci Lemah Putarannya?

Kondisi putaran mesin cuci lemah akan membuat proses pencucian berlangsung kurang maksimal. Sebab, rotasi mesin cuci yang kuat dibutuhkan untuk membersihkan pakaian kotor secara menyeluruh. Mesin cuci yang lemah putarannya hanya akan menghambat proses pembersihan tersebut. Selain itu, kemungkinan besar Anda butuh waktu mencuci lebih lama dari biasanya bila ingin mendapatkan hasil yang maksimal. Jika putaran mesin cuci lemah akibat kerusakan komponen tertentu, Anda harus lekas mengatasinya supaya tidak menyebabkan gangguan yang lebih parah.

Penyebab Putaran Mesin Cuci Lemah

Apakah mesin cuci Anda berfungsi tetapi putarannya lemah? Kemungkinan besar satu dari beberapa hal inilah yang menjadi penyebabnya:

  • Kelebihan muatan: penyebab yang paling sering membuat mesin cuci lemah putarannya adalah kelebihan muatan. Banyak orang memaksa memasukkan pakaian dalam jumlah banyak melebihi kapasitas sehingga mesin cuci jadi kelebihan muatan. Hal ini membuat motor dinamo harus bekerja ekstra keras menggerakan drum mesin cuci sehingga putarannya melemah. Kebiasaan mencuci pakaian melebihi kapasitas mesin cuci tidak boleh dibiarkan terus-menerus karena berisiko merusak mesin cuci.
  • Karet vanbelt usang dan longgar: penggunaan mesin cuci selama bertahun-tahun dapat membuat karet vanbelt menjadi usang dan longgar. Sayangnya, hal ini jarang disadari sehingga banyak orang kebingungan menghadapi mesin cuci lemah putarannya.
  • Motor dinamo lemah: masalah yang satu ini juga kerap menjadi biang keladi penyebab lemahnya putaran mesin cuci. Biasanya, motor dinamo yang melemah ditandai dengan kemunculan dengung yang sangat kuat, kemudian diikuti lemahnya putaran mesin cuci.
  • Kerusakan timer: banyak orang tidak menyadari kalau kerusakan timer juga bisa menyebabkan putaran mesin cuci lemah. Pada umumnya, kerusakan ini disebabkan kondisi kabel putus hingga mengganggu fungsi timer.
  • Gearbox rusak: gearbox adalah komponen yang menghubungkan motor dinamo dengan drum mesin cuci. Kerusakan gearbox mengakibatkan putaran mesin cuci lemah karena energi yang dihasilkan dinamo tidak tersalurkan secara maksimal pada drum mesin cuci.
  • Kerusakan kapasitor: penyebab putaran mesin cuci lemah juga bisa berasal dari kapasitor yang rusak. Kapasitor berperan penting menyalurkan arus listrik pada motor dinamo mesin cuci. Jika kapasitor rusak, maka nilai muatan listrik yang terkandung di dalamnya akan berkurang sehingga menyebabkan mesin cuci lemah putarannya.
  • Seal rusak: komponen ini merupakan salah satu elemen penting yang terdapat pada pengering mesin cuci 2 tabung. Bagian tengah seal yang mulai bocor membuatnya rentan berkarat bahkan karatnya dapat menjalar hingga bagian ass tabung. Kemunculan karat akan mengganggu rotasi tabung sehingga putaran mesin cuci turut melemah.
  • Rem pengering terlalu rapat: mesin cuci 2 tabung memiliki komponen berupa rem yang berfungsi sebagai penahan putaran ketika Anda membuka tabung pengering. Posisi rem yang terlalu rapat bisa membuat putaran mesin cuci melemah. Setelan rem harus diatur sedemikian rupa supaya tabung pengering bisa dibuka tutup secara lancar tanpa membuat putarannya melemah.

Cara Mengatasi Putaran Mesin Cuci Lemah

Kerusakan mesin cuci tentu mengganggu kelancaran aktivitas Anda saat membersihkan pakaian. Jadi, jangan tunggu sampai mesin cuci mengalami kerusakan yang lebih parah. Masalah mesin cuci lemah putarannya bisa Anda atasi dengan beberapa cara berikut ini:

  • Memastikan bahwa penggunaan mesin cuci tidak melebihi kapasitasnya. Usahakan untuk menyisakan minimal 20% ruang dalam drum mesin cuci agar seluruh pakaian terendam air dengan sempurna dan proses pencucian berlangsung lancar. Kalau Anda ingin mencuci pakaian dalam jumlah banyak, pisahkan pakaian tersebut menjadi beberapa bagian agar bisa dicuci secara bertahap.
  • Melakukan pemeriksaan terhadap komponen mesin cuci secara menyeluruh agar bisa lekas menemukan bagian yang rusak. Hal ini harus dilakukan dengan penuh ketelitian sehingga tidak ada sumber kerusakan yang terlewatkan.
  • Mengganti komponen mesin cuci yang rusak dengan komponen baru supaya mesin cuci kembali berfungsi seperti sedia kala. Beberapa komponen mesin mesin cuci yang rentan rusak hingga membuat putarannya melemah, yaitu gear box, vanbelt, kapasitor, motor dinamo, timer, dan seal.

Kondisi mesin cuci yang putarannya melemah masih dapat diperbaiki agar berfungsi seperti semula. Namun, Anda juga bisa memutuskan membeli mesin cuci baru jika ingin merasakan fitur-fitur canggih yang mempermudah proses pencucian pakaian. Salah satu rekomendasi produk yang siap mendukung kegiatan mencuci Anda adalah mesin cuci front load FQW-1050BF dari Aqua Japan.

Mesin cuci Aqua Japan ini memiliki tabung berukuran lebih besar sehingga kapasitasnya besar, yaitu mencapai 10,5 kg. Ada beberapa fitur unggulan yang disematkan pada mesin cuci front load FQW-1050BF, yaitu:

525 Drum: diameter drum yang luas (525 mm) memberikan kemudahan bagi Anda untuk memasukkan dan mengeluarkan pakaian dalam jumlah banyak. Pakaian tak hanya bersih sempurna tetapi juga bebas kusut dan terlilit sehingga mudah disetrika.

Inverter Motor: teknologi eco inverter membuat suara motor lebih halus sehingga Anda merasa nyaman saat mencuci.

Refresh: fitur yang memanaskan air mencapai 500C hingga 650 C lalu mengubahnya menjadi uap kecil untuk melembutkan pakaian dan menghilangkan kotoran. Selanjutnya, mesin cuci akan mengalirkan udara dingin untuk mengembalikan serat pakaian ke bentuk aslinya serta meminimalkan kerutan.

Dual Spray: sistem pembersihan otomatis yang diaktifkan pada akhir setiap siklus dengan menyemprotkan air. Fitur ini dapat membantu membersihkan gasket dan jendela sekaligus menghilangkan residu dan kotoran yang mungkin tertinggal.

Anti-Bacterial Treatment (ABT): perawatan anti bakteri eksklusif yang lolos uji VDE dan terbukti ampuh menghilangkan 99,99% bakteri dan kuman.

Steam: air dipanaskan hingga mencapai suhu tinggi dan berfungsi sebagai disinfektan super yang ampuh menghilangkan 99% mikroorganisme penyebab penyakit.

Aktivitas mencuci pakaian jadi makin menyenangkan bila Anda menggunakan mesin cuci berkualitas. Produk mesin cuci front load FQW-1050BF dari Aqua Japan siap membantu proses mencuci Anda secara praktis dengan hasil maksimal.

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003