Ingin Mesin Cuci Awet? Ikuti Cara Merawat Mesin Cuci Berikut

mesin cuci

Tidak bisa dipungkiri kebutuhan mencuci baju saat pandemi COVID-19 semakin meningkat daripada sebelumnya. Setiap kita ke luar rumah, baju yang dikenakan pasti akan segera dicuci untuk meminimalisir penyebaran kuman, bakteri, dan virus.

Oleh karenanya, pemakaian mesin cuci yang lebih sering akan memengaruhi performa mesin cuci tersebut bila tidak dirawat dengan baik. Lantas, apa saja penyebab mesin cuci kurang awet dan bagaimana cara merawat mesin cuci yang benar? Yuk, simak selengkapnya!

Penyebab Mesin Cuci Kurang Awet

Barang elektronik adalah salah satu peralatan yang akan menurun fungsinya bila usianya sudah lama, seperti halnya permasalahan pada mesin cuci yang bocor atau rusak karena pemakaian. Berikut beberapa penyebab mesin cuci kurang awet yang harus diperhatikan:

1. Jarang Dibersihkan

Salah satu penyebab utama mesin cuci cepat rusak adalah penyumbatan kotoran. Meskipun terlihat bersih, mesin cuci yang jarang dibersihkan akan menyebabkan menumpuknya kotoran pada bagian filter. Selain itu, sisa deterjen yang menumpuk dapat memperpendek usia mesin cuci.

2. Memasukan terlalu banyak pakaian

Niat hati ingin pekerjaan cuci mencuci cepat selesai dengan memasukan banyak pakaian sekaligus, padahal tindakan yang satu ini pantang dilakukan, lho. Memasukan terlalu banyak pakaian ke dalam mesin cuci akan menyebabkan mesin cuci bekerja terlalu keras.

Tidak hanya itu, jika terlalu banyak pakaian yang dimasukkan, akan menyebabkan pakaian tidak tercuci dengan maksimal karena terlalu banyak pakaian yang menumpuk di dalam.

3. Mencuci barang yang dapat merusak mesin cuci

Seringkali kita tidak sadar memasukan barang yang dapat merusak mesin cuci. Seperti halnya mencuci barang berukuran besar, akan menyebabkan mesin cuci tidak berputar secara sempurna.

4. Penggunaan deterjen terlalu banyak

Menggunakan deterjen terlalu banyak pada mesin cuci dapat menyebabkan menumpuknya residu busa pada mesin cuci dan tentu hal ini tidak bagus untuk mesin cuci jika dilakukan dalam jangka waktu yang lama.

Cara Merawat Mesin Cuci Agar Tidak Cepat Rusak

Setelah melihat beberapa penyebab mesin cuci cepat rusak, berikut 5 cara merawat mesin cuci agar awet:

1. Bersihkan secara berkala

Untuk menghindari menumpuknya kotoran dan sisa deterjen, Sobat AQUA harus membersihkannya secara berkala. Caranya gampang, kok! Isi tabung mesin cuci dengan air secukupnya lalu tekan mode cleaning untuk membersihkan tabung secara otomatis.

Selain membersihkan tabung, bagian lainnya yang tak boleh luput untuk dibersihkan adalah filter. Bersihkan paling tidak 2 minggu sekali untuk menghilangkan noda, jamur, dan kotoran yang menempel pada filter.

2. Jangan memasukan pakaian terlalu banyak

Alih-alih memasukan pakaian terlalu banyak dan memperberat kerja mesin cuci, sebaiknya Sobat AQUA memasukkan pakaian secara bertahap. Selain itu, saat mencuci pakaian bersamaan, pisahkan pakaian berdasarkan bahan dan warna untuk mempermudah proses pencucian.

3. Gunakan deterjen secukupnya

Mesin cuci dengan high efficiency hanya membutuhkan deterjen yang sedikit untuk melakukan pencucian secara maksimal. Jadi, mulai sekarang gunakan deterjen secukupnya, ya! Agar tidak banyak sisa deterjen yang mengendap dan pakaian pun akan tercuci dengan sempurna.

4. Letakkan mesin cuci pada lokasi yang tepat

Hindari meletakkan mesin cuci pada tempat yang dapat terkena air hujan dan terkena paparan sinar matahari langsung. Sobat AQUA wajib meletakkan mesin cuci pada ruangan yang datar, kering, dan tidak terpapar matahari secara langsung untuk memperpanjang usia mesin cuci.

5. Hindari mencuci barang yang dapat merusak mesin cuci

Beberapa jenis barang dapat merusak mesin cuci dan barang itu sendiri, seperti bantal, pakaian dengan bahan wol, pakaian dengan motif renda, atau bahkan barang dengan ukuran raksasa. Alih-alih menggunakan mesin cuci, lebih baik cuci menggunakan tangan atau menggunakan layanan laundry, agar mesin cuci kesayangan Sobat AQUA bertahan lama dan barang pun tidak rusak.

Selain menerapkan 5 cara merawat mesin cuci di atas, pemilihan mesin cuci yang tepat dengan fitur berkualitas akan membuat mesin cuci lebih tahan lama, seperti produk mesin cuci dari AQUA Elektronik!

Mesin Cuci AQUA Elektronik FQW-850829QD Hadir dengan Fitur Berkualitas dan Tahan Lama

Sekarang Sobat AQUA sudah tidak perlu bingung lagi cari mesin cuci yang tahan lama, karena Mesin Cuci AQUA Elektronik FQW-850829QD hadir dengan fitur yang tentunya nggak kaleng-kaleng!

Dilengkapi dengan fitur Anti-Bacteria Treatment, mesin cuci ini akan menghilangkan 99.99% bakteri dan kuman dari pakaian yang sangat berguna terlebih saat pandemi COVID-19. Selain itu, Sobat AQUA bisa menghemat waktu banyak karena mesin cuci ini hanya butuh 15 menit saja untuk mencuci pakaian yang tidak terlalu kotor dan barang yang paling Sobat AQUA butuhkan dengan fitur Quick Wash.

Yuk, kunjungi aquaelektronik.com untuk informasi lengkapnya atau klik di sini untuk temukan mesin cuci AQUA Elektronik impian mu!

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003