Air Mesin Cuci Keluar Terus, Simak Penyebabnya!

mengepel lantai

Kerusakan elektronik di rumah tentu terasa menjengkelkan karena menghambat aktivitas. Apalagi jika elektronik yang rusak berkaitan dengan kegiatan bersih-bersih seperti mesin cuci. Gangguan pada mesin cuci bukan hanya dapat terjadi pada kinerjanya saja, melainkan juga hal lain seperti kondisi air mesin cuci keluar terus.

Mesin cuci 1 tabung maupun 2 tabung yang berfungsi normal mampu mengatur pembuangan air secara otomatis dalam proses bilang dan pengeringan. Namun, tidak demikian halnya dengan mesin cuci yang rusak. Aliran air yang keluar terus-menerus bukan hanya menghambat proses pencucian tetapi juga mengakibatkan pemborosan. Oleh sebab itu, Anda harus memahami penyebabnya agar bisa melakukan cara mengatasi air mesin cuci keluar terus yang efektif.

Penyebab Air Mesin Cuci Keluar Terus

Ada beberapa alasan kenapa mesin cuci airnya keluar terus, di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Karet pintu sudah tidak elastis

kendala ini lazim terjadi pada mesin cuci bukaan depan yang sudah lama digunakan. Komponen karet yang mulai rusak akan kehilangan elastisitas sehingga membuat pintu mesin cuci susah ditutup rapat.

tumpukan kotoran yang berkumpul di sekitar karet pintu mesin cuci nyatanya juga bisa berujung pada kebocoran. Alhasil, pintu mesin cuci sulit ditutup rapat meskipun sebenarnya kondisi karet pintu tersebut masih bagus.

2. Karet seal saluran pembuangan mulai getas

air mesin cuci keluar terus juga bisa terjadi akibat karet seal saluran pembuangan mulai getas. Hal ini membuat katup pembuangan tidak bisa tertutup sempurna sehingga air tetap mengalir meskipun mesin sedang berada dalam mode pencucian. Di samping itu, beberapa benda kecil yang tersangkut di saluran pembuangan seperti koin, peniti, dan kancing baju akan mengganggu fungsi karet seal hingga tak dapat tertutup rapat.

3. Per saluran pembuangan air mulai rusak

kerusakan per saluran pembuangan juga merupakan biang keladi yang membuat air mesin cuci keluar terus. Per yang rusak membuat daya dorongnya jadi berkurang sehingga air yang dibuang tidak mengalir secara maksimal. Akibatnya, air akan keluar terus meskipun Anda tidak mengaktifkan fitur pembilasan atau pengeringan.

4. Selang pembuangan berlubang:

penyebab air mesin cuci keluar terus yang satu ini paling gampang diidentifikasi secara kasat mata. Pada umumnya, selang pembuangan bisa rusak jika sudah dipakai terlalu lama atau digigit tikus. Lubang-lubang di sepanjang selang pembuangan membuat air mengalir ke luar hingga dapat menggenangi bagian bawah mesin cuci.

5. Saluran pembuangan terlalu kotor

jangan menganggap remeh kebersihan saluran pembuangan air di mesin cuci. Bila saluran pembuangan terlalu kotor hingga tersumbat, aliran air akan berbalik ke bagian dalam mesin cuci sehingga kebocoran pun terjadi.

Cara Mengatasi Air Mesin Cuci Keluar Terus

Kinerja mesin cuci yang terganggu karena air keluar terus bisa diatasi dengan melakukan cara berikut ini:

1. Mengganti komponen mesin cuci yang rusak

Anda wajib mengganti komponen mesin cuci yang rusak hingga membuat air terus mengalir, seperti karet pintu mesin cuci bukaan depan serta karet seal dan per saluran pembuangan. Penggantian komponen mesin cuci tidak butuh waktu lama sehingga mesin cuci bisa kembali digunakan seperti biasa setelah diperbaiki.

2. Membersihkan bagian mesin cuci yang mengandung banyak kotoran:

jangan malas meluangkan waktu untuk membersihkan bagian mesin cuci yang rentan memicu kebocoran, seperti karet pintu dan saluran pembuangan. Lakukan proses pembersihkan secara rutin untuk meminimalkan kontaminasi kotoran pemicu kebocoran.

3. Jenis Kebocoran pada Mesin Cuci

Masalah yang menyebabkan air mesin cuci keluar terus dapat dibagi dua berdasarkan jenis mesin cucinya, yaitu:

4. Bocor pada pintu

mesin cuci bukaan depan: jika pintu mesin cuci bukaan depan tidak dapat ditutup rapat, air dari bagian dalam terus mengalir sampai membuat proses pencucian terganggu.

5. Bocor di bagian bawah mesin cuci atau saluran pembuangan:

kondisi air bocor pada mesin cuci bukaan atas biasanya terlihat di bagian bawah yang tergenang atau saluran pembuangan yang tiada henti mengalirkan air.

Tips Mencegah Kebocoran Mesin Cuci

Risiko kebocoran mesin cuci sebenarnya dapat diantisipasi sejak awal bila Anda melakukan beberapa kebiasaan baik ini secara telaten:

  • Membersihkan seluruh bagian mesin cuci secara teliti, terutama pintu mesin cuci bukaan depan. Jangan sampai akumulasi sisa sabun serta kotoran mengganggu fungsi gasket hingga mengakibatkan kebocoran.
  • Meletakkan mesin cuci di tempat bebas gangguan tikus sebab kerusakan karet saluran pembuangan juga dapat disebabkan gigitan tikus.
  • Membiasakan diri untuk memeriksa seluruh pakaian sebelum memasukkannya ke mesin cuci. Hal sederhana ini dapat membantu meminimalkan risiko masuknya benda-benda asing penyebab saluran pembuangan tersumbat.

Masalah kebocoran yang membuat air mesin cuci keluar terus memang dapat diatasi dengan mudah. Namun, berbagai masalah lainnya yang kerap terjadi pada mesin cuci menunjukkan bahwa sebaiknya Anda lekas mengganti elektronik tersebut dengan unit baru. Mesin cuci baru bukan hanya bebas risiko kerusakan melainkan juga dilengkapi banyak fitur canggih yang mempermudah kegiatan mencuci Anda.

AQUA Elektronik telah menyiapkan seri MESIN CUCI FQW-1580BS khusus untuk Anda. Fitur-fitur mesin cuci bukaan depan ini sangat canggih dengan rincian sebagai berikut:

  • 601 Drum: diameter drum yang besar (601 mm) dengan kapasitas mencapai 15 kg. Bodi mesin cuci ini lebih ramping sehingga memberikan ruang lebih luas sekaligus desain menawan untuk hunian modern Anda. Cucian bersih lebih cepat hingga 55%.
  • Inverter Motor: teknologi eco inverter membuat suara motor lebih halus sehingga Anda merasa nyaman saat mencuci.
  • Anti-Bacterial Treatment (ABT): perawatan anti bakteri eksklusif yang menghilangkan 99,99% kuman dan bakteri yang diuji VDE. Teknologi ini memungkinkan laci detergen dan gasket jendela mesin cuci tetap bersih hari demi hari serta siklus pencucian jadi lebih higienis.
  • Refresh: fitur yang memanaskan air mencapai 500C hingga 650 C lalu mengubahnya menjadi uap kecil untuk melembutkan pakaian dan menghilangkan kotoran. Selanjutnya, mesin cuci akan mengalirkan udara dingin untuk mengembalikan serat pakaian ke bentuk aslinya serta meminimalkan kerutan.
  • Dual Spray: sistem pembersihan otomatis yang diaktifkan pada akhir setiap siklus dengan menyemprotkan air. Fitur ini dapat membantu membersihkan gasket dan jendela sekaligus menghilangkan residu dan kotoran yang mungkin tertinggal.
  • Steam: air dipanaskan hingga mencapai suhu tinggi dan berfungsi sebagai disinfektan super yang ampuh menghilangkan 99% mikroorganisme penyebab penyakit. Rutinitas mencuci pakaian tak lagi terasa berat dan merepotkan dengan dukungan MESIN CUCI FQW-1580BS di rumah. Pakaian bersih dan tahan lama dengan proses pencucian yang praktis bisa Anda wujudkan dalam waktu singkat.

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003