Ada Masalah di Pembuangan Air Mesin Cuci? Kenali Penyebabnya

Kegiatan mencuci akan terasa ringan dan nyaman bila kita menggunakan mesin cuci yang andal dan berkualitas tinggi. Namun, masalah bisa muncul kapan saja apabila Anda sebagai pemilik mesin cuci tidak menggunakannya dengan tepat atau merawatnya secara rutin. Salah satu masalah yang bisa terjadi pada mesin cuci adalah pembuangan air mesin cuci yang tersumbat. Hal ini memang kerap menjadi salah satu masalah yang muncul pada mesin cuci. Kerusakan ini bisa mengganggu proses pencucian pakaian dan bahkan menimbulkan bau yang tidak enak dari mesin cuci.

Salah satu ciri-ciri jika terjadi masalah pada pembuangan air mesin cuci adalah keluar air dari mesin cuci secara terus-menerus. Oleh karena itu, ada baiknya Anda memahami hal-hal yang dapat menyebabkan pembuangan air mesin cuci mampet beserta cara mengatasinya.

Penyebab Pembuangan Air Mesin Cuci Mampet

Berikut ini beberapa hal yang sering jadi penyebab pembuangan air mesin cuci mampet.

Selang pembuangan tersumbat

Seiring waktu, kotoran dari pakaian bisa mengendap di bagian dalam selang. Bila tidak dibersihkan, maka selang pembuangan mesin cuci dapat tersumbat. Selain kotoran, kebiasaan menggulung selang juga bisa menyebabkan pengeluaran air jadi terhambat.

Saringan kotoran mesin cuci rusak

Saringan ini berfungsi menyaring kotoran pada saat proses pencucian. Supaya dapat berfungsi dengan maksimal, Anda perlu rajin membersihkan saringan ini. Kalau saringan tidak pernah dibersihkan, kotoran bisa menumpuk dan menyebabkan air mampet.

Ada benda yang menyumbat saluran pembuangan

Sebelum Anda mencuci pakaian menggunakan mesin cuci, pastikan tidak ada barang padat yang belum dikeluarkan dari saku, baik itu saku baju atau saku celana. Barang-barang kecil tersebut dapat menyumbat saluran pembuangan air mesin cuci.

Distribusi cucian tidak merata

Jika penempatan pakaian yang dicuci di dalam tabung tidak merata, mesin cuci akan bergetar terlalu sering dan mencegah putaran atau pengeringan berlangsung dengan sempurna.

Kotoran pada klep atau katup menumpuk

Klep atau katup pada mesin cuci berfungsi untuk menguras (drain). Oleh karena itu, bagian ini harus selalu terjaga kebersihannya. Jika terdapat tumpukan kotoran di klep atau katup, pengurasan tidak bisa berlangsung secara maksimal dan menyebabkan pembuangan air mesin cuci mampet.

Tips Mengatasi Pembuangan Air Mesin Cuci Mampet

Untuk mencegah berbagai penyebab pembuangan air mesin cuci mampet atau mengatasi akibatnya, Anda hanya perlu melakukan perawatan secara rutin. Berikut tips yang dapat Anda lakukan.

  • Lakukan pemeriksaan apabila Anda melihat air yang keluar melalui saluran pembuangan hanya sedikit atau sebaliknya, air justru mengalir keluar dari mesin cuci. Ingatlah untuk memutus arus listrik ke mesin cuci terlebih dahulu demi keamanan.
  • Bersihkan klep atau katup mesin cuci secara berkala agar terhindar dari kotoran yang menumpuk. Kalau karet klep sudah keras, sebaiknya segera diganti dengan yang baru. Hal ini penting dilakukan agar karet dapat menutup saluran air dengan baik.
  • Ganti per atau pegas klep yang sudah berkarat atau rusak. Dengan begitu, fungsi per untuk menekan karet klep sehingga dapat menutup saluran air dapat tetap optimal.
  • Bersihkan saringan kotoran mesin cuci secara rutin
  • Pastikan pakaian yang akan dicuci sudah bebas dari benda-benda seperti tisu, koin, pulpen, struk, dan benda kecil serta padat lainnya yang bisa berpotensi menyumbat saluran pembuangan mesin cuci.
  • Jika pakaian yang akan dicuci sangat kotor, sebaiknya direndam terlebih dahulu untuk mengangkat kotorannya. Dengan demikian, risiko penyumbatan akibat kotoran dari pakaian bisa dikurangi.

Mesin Cuci Front Load FQW-1050BF: Tabung Lebih Lebar, Kapasitas Lebih Besar

Salah satu fitur yang dicari dari sebuah mesin cuci adalah kapasitasnya yang besar. Dengan mesin cuci yang berkapasitas besar, kegiatan mesin cuci bisa jadi lebih cepat dan lebih hemat listrik.

Mesin Cuci Mesin Cuci Front Load FQW-1050BF FQW-1050BF persembahan dari AQUA Elektronik tidak hanya memiliki kapasitas besar yang memuat cucian hingga 10,5 kg, tetap juga masih memiliki berbagai keunggulan lainnya.

Diameter drum (tabung) yang lebar, yaitu seluas 525 mm, memberi kemudahan bagi Anda dalam memasukkan dan mengeluarkan pakaian dalam jumlah banyak. Pakaian jadi tidak mudah kusut dan terlilit sehingga mudah ketika disetrika.

Pakaian yang dicuci menggunakan mesin cuci front load FQW-1050BF juga akan bersih sempurna berkat adanya fitur Refresh. Fitur Refresh memungkinkan air untuk dipanaskan pada suhu 60–650 C selama 5 menit dan menjadi uap air kecil. Uap akan menembus pakaian sehingga dapat melembutkan dan menghilangkan bau. Aliran udara dingin kemudian menyapu kotoran dan mengembalikan serat kain ke bentuk aslinya, meminimalkan kerutan dalam waktu 15–30 menit.

Mesin cuci front load FQW-1050BF juga menggunakan teknologi Eco Inverter sehingga suara motor yang dihasilkan jadi lebih halus saat mencuci. Anda tidak akan terganggu dengan suara bising yang ada pada mesin cuci lain.

Fitur lainnya, yaitu Dual Spray, bahkan dapat menjaga keawetan dan kebersihan dari mesin cuci ini sendiri dengan sistem pembersihan otomatis yang diaktifkan pada akhir setiap siklus. Fitur ini dapat menyemprotkan air untuk membersihkan gasket dan jendela untuk menghilangkan semua residu atau kotoran yang mungkin tertinggal.

Jangan sembarangan pilih mesin cuci! Pastikan Anda memilih mesin cuci front load FQW-1050BF yang berkapasitas besar dan menghasilkan cucian yang bersih.

Kunjungi Official Store AQUA Elektronik sekarang juga!

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003