5 Cara Menggunakan Mesin Cuci Otomatis dengan Benar

Halo sobat Aqua! Mesin cuci satu tabung memiliki beberapa perbedaan dengan mesin cuci dua tabung. Pastinya cara penggunaan mesin cucinya pun terdapat perbedaan. Salah satu manfaat Mesin cuci satu tabung adalah proses pencucian yang mudah sehingga sangat membantu mengurangi beban pekerjaan rumah tangga.

Dengan mesin cuci otomatis, sobat AQUA Elektronik tak perlu lagi repot-repot merendam, mengucek dan memeras baju sebelum digantung di jemuran. Cukup memasukkan tumpukan baju ke dalam mesin cuci lalu dinyalakan dan kamu bebas melakukan hal lain sambil menunggu sampai selesai.

5 Cara menggunakan mesin cuci otomatis

1. Memisahkan pakaian

Sama seperti mencuci baju dengan cara tradisional, jika menggunakan mesin cuci disarankan untuk memisahkan pakaian berdasarkan warna. Pewarna pada pakaian, terutama yang masih baru, mudah luntur saat dicuci. Daripada membagi pakaian berdasarkan warna masing, biar lebih mudah, bagi pakaian antara yang berwarna terang dan gelap.

  • Warna gelap termasuk hitam, abu-abu, biru gelap, merah hati, dan ungu gelap
  • Warna terang termasuk warna pastel seperti putih, pink, kuning, biru muda, hijau muda, dan ungu muda
  • Karena jeans cenderung mudah luntur, disarankan dicuci terpisah dari baju yang lain

Sebaiknya berat bahan juga menjadi pertimbangan saat membagi cucian. Baju berbahan ringan seperti pakaian dalam jangan dicuci dengan pakaian biasa karena dapat merusaknya. Handuk, jaket tebal atau baju berbahan wol tidak disarankan untuk dicuci bersama baju biasa karena dapat merusak baju biasa.

2. Memasukkan pakaian

Ketika akan mengisi tabung untuk mencuci pakaian, kamu hanya cukup memasukkan pakaian kotornya ke dalam mesin cuci, pastikan pakaian tidak ditumpuk begitu saja. Jika baju tidak dimasukkan ke dalam mesin cuci dengan benar, malah jadi boros air dan deterjen. Ada beberapa mesin cuci yang memberi kita pilihan untuk memilih jumlah air yang digunakan untuk mencuci baju. Pengaturan air berdasarkan banyaknya baju yang kamu cuci sebagai berikut:

  • Untuk beban baju ringan, isi baju sampai sepertiga dari mesin cuci
  • Untuk beban baju sedang, isi baju sampai setengah dari mesin cuci
  • Untuk beban baju penuh, isi baju sampai tiga perempat dari mesin cuci

3. Mengatur putaran mesin cuci

Sebelum memulai proses pencucian dengan memulai tombol start sebaiknya kamu menentukan Siklus dari mesin cuci untuk mencuci baju harus sesuai dengan bahan pakaian. Ini berguna untuk memaksimalkan kemampuan pencucian sekaligus menjaga keawetan pakaian. Berikut adalah penjelasan singkat dari pilihan siklus yang pada umumnya terdapat pada mesin cuci.

  • Siklus Normal: Cocok untuk membersihkan pakaian kotor dan mencuci baju harian.
  • Siklus Lembut: Sesuai namanya siklus ini memperlakukan pakaian dengan lembut. Cocok untuk mencuci pakaian dalam yang berenda dan berbahan sutra.
  • Siklus Permanen: Karena bahan sintetis seperti rayon, polyester, asetat atau rajutan cenderung menggumpal saat dicuci, siklus ini dapat mencegah hal ini sehingga tidak perlu memetik bola-bola bulu yang menumpuk.

4. Menambahkan deterjen dan pelembut/pengharum

Jika mesin cuci kamu adalah jenis front loading, gunakan kotak dispenser deterjen agar dapat dikeluarkan pada waktu yang tepat. Jika mesin cuci kamu tipe top loading, disarankan untuk memasukkan deterjen sebelum memasukkan baju, agar deterjen tidak menodai pakaian, lalu tutup pintu mesin cuci otomatis.

5. Segera jemur setelah dicuci

Jangan biarkan baju yang selesai dicuci diam terlalu lama dalam mesin cuci karena sisa air yang terdapat pada baju dapat membuat baju bau. Oleh karena itu, sebaiknya mengeringkan pakaian dengan langsung dijemur.

Sekarang sobat AQUA Elektronik sudah tahu kan bagaimana cara menggunakan mesin cuci otomatis dengan baik dan benar. Dengan menggunakan mesin cuci otomatis dengan baik, baju kamu akan selalu tampak bersih dan tahan lebih lama.

Untuk hasil mencuci terbaik, AQUA Elektronik sebagai salah satu produsen peralatan elektronik salah satunya adalah mesin cuci otomatis berkomitmen untuk memberikan pengalaman terbaik. Anda dapat menggunakan mesin cuci single tabung full otomatis AQUA Elektronik seri AQW-1051678QD yang dilengkapi dengan berbagai fitur canggih seperti :

  • Teknologi 360ยบ Waterfall, yang mampu menghasilkan air dari 360 derajat. Hal ini membuat pemakaian air lebih irit dan membersihkan kotoran sampai serat kain
  • DD Inverter Motor, dapat mengurangi penggunaan listrik hingga 30%
  • Pillow Drum Technology, dengan adanya bantal-bantal kecil membuat gesekan terhadap pakaian menjadi lebih halus. Sehingga tidak ada lagi pakaian yang kusut akibat dicuci.

Kelebihan Menggunakan Mesin Cuci Otomatis

Jika dibandingkan dengan dengan mesin cuci manual, mesin cuci otomatis memiliki banyak keunggulan. Ada beberapa keunggulan yang semakin memudahkan proses pencucian pakaian Anda, diantaranya adalah :

Proses Sekali Cuci

Ini merupakan keunggulan utama dari mesin cuci otomatis. Kemudahan proses mencuci sangat membantu bagi para kaum urban yang memiliki kesibukan yang cukup tinggi dan tidak memiliki cukup banyak waktu untuk mencuci baju. Selagi proses mencuci dilakukan, maka Anda dapat multitasking sambil melakukan kegiatan lain. Jadi Anda tidak perlu repot-repot untuk memindahkan pakaian dari tempat cuci ke mesin pengering pakaian.

Lebih Hemat Air dan Listrik

Karena proses pencuciannya yang hanya sekali. Ini tentu akan menghemat banyak air yang digunakan untuk mencuci. Jika dibandingkan dengan mesin cuci semi otomatis, maka penggunaan airnya dapat dihemat hingga dua kali lipat lebih irit. Begitupun dengan konsumsi listrik menjadi lebih efisien.

Kering Lebih Cepat

Keunggulan lain yang didapatkan adalah, pakaian yang dicuci dapat lebih cepat kering karena proses satu kali pencucian membuat pakaian terus berputar bahkan ketika air sudah dikuras habis. Sehingga tidak membutuhkan tabung pengering dan mempercepat proses pengeringan. Tingkat pengeringan yang dicapai dapat lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan mesin cuci otomatis. Karena pada mesin cuci semi otomatis pakaian ditumpuk secara vertikal, sehingga ada bagian yang tidak benar-benar kering sempurna.

Pakaian Tetap Lembut Setelah Dicuci

Tak jarang kita menemukan pakaian yang setelah dijemur mengalami kusut. Ini terjadi karena proses pengeringan menggunakan mesin cuci semi otomatis. Mesin cuci ini biasanya menggunakan pengering yang diputar dan terpisah dari mesin cuci. Sehingga membuat pakaian tertumpuk dan menjadikan pakaian kusut ketika selesai dicuci dan dijemur. Dengan menggunakan mesin cuci otomatis, hal ini tidak terjadi karena proses sekali pencucian membuat pakaian tetap bergerak dan tidak kusut.

Namun ada beberapa catatan yang perlu diperhatikan dalam menggunakan mesin cuci otomatis agar tetap berfungsi secara maksimal. Berikut adalah beberapa langkah menggunakan mesin cuci otomatis dengan benar

Dengan banyaknya keunggulan yang ditawarkan mesin cuci AQUA Elektronik dapat menjadi solusi tentang kebutuhan mesin cuci otomatis di rumah Anda.

Ayo ketahui lebih banyak mengenai mesin cuci AQW-1051678QD di sini!

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003