Ini Cara Membersihkan Freezer Box di Rumah

membersihkan freezer box

Penggunaan kulkas tentu merupakan hal lazim bagi sebagian besar rumah tangga modern. Namun, ukuran kulkas yang terbatas sering menghambat penyimpanan makanan dan minuman, bahan mentah, atau barang lainnya. Jika Anda kerap mengalami kendala penyimpanan karena keterbatasan ukuran kulkas, mungkin sudah saatnya Anda memiliki freezer box. Jangan lupa pula mempelajari cara membersihkan freezer box dengan benar bila berencana membelinya dalam waktu dekat.

Simak ulasan lengkap terkait cara membersihkan freezer box berikut ini.

Apa Itu Freezer Box?

Freezer box adalah lemari pembeku berbentuk kubus atau balok dengan elemen pintu pada bagian atasnya. Kapasitasnya sangat bervariasi, mulai dari 100 liter hingga 1.200 liter. Jika dibandingkan dengan kemampuan kulkas untuk membekukan, maka freezer box jauh lebih unggul karena proses pembekuan bisa berlangsung lebih cepat dan kapasitasnya jauh lebih besar daripada kulkas.

Beberapa manfaat freezer box yang penting untuk mendukung kebutuhan rumah tangga maupun bisnis adalah sebagai berikut:

  • Menyimpan berbagai produk kebutuhan dalam jumlah banyak, mulai dari makanan, bahan makanan, obat-obatan, hingga es batu.
  • Memfasilitasi proses pembuatan es batu secara cepat dan ringkas.
  • Mempercepat pembekuan bahan makanan sehingga terhindar dari risiko kebusukan.
  • Mendukung aktivitas bisnis kuliner karena lemari pembeku ini yang dilengkapi pintu kaca membuat tampilan produk terkesan lebih menarik.

Jenis-Jenis Freezer Box yang Patut Anda Ketahui

Beberapa jenis freezer box yang kini beredar di pasaran, antara lain:

  • Chest freezer: varian ini merupakan yang paling populer dan digemari sebagian besar masyarakat. Bagian dalamnya tidak dilengkapi sekat permanen sehingga Anda leluasa mengatur bahan makanan yang hendak disimpan.
  • Upright freezer: jika dilihat sekilas, bentuknya sangat mirip dengan kulkas. Namun, kemampuannya dalam membekukan jelas jauh lebih cepat daripada kulkas. Bagian dalamnya terdiri dari sekat sehingga cocok untuk menyimpan makanan atau bahan makanan yang bentuknya kecil.
  • Display freezer: ciri khasnya terletak pada elemen kaca pada bagian pintunya. Keberadaan kaca transparannya akan membuat display, sehingga cocok digunakan untuk kebutuhan bisnis. Anda bisa memajang berbagai jenis makanan atau bahan makanan seperti es krim dan frozen food dengan tampilan menarik.
  • Portable freezer: kalau Anda membutuhkan freezer box berukuran mini, maka portable freezer adalah solusi terbaik. Perangkat ini berukuran sangat mungil sehingga mudah dipindahkan dan dibawa bepergian. Pada umumnya portable freezer dilengkapi adaptor AC, DC, atau keduanya sebagai sarana utama untuk mengalirkan listrik.

Cara Membersihkan Freezer Box di Rumah

Sama seperti perangkat elektronik lainnya, freezer box juga wajib dibersihkan secara rutin agar performanya tetap terjaga. Cara membersihkan freezer box tidak sulit sebab Anda hanya perlu mengikuti beberapa langkah berikut ini:

1. Mengosongkan isi freezer

Langkah pertama yang wajib Anda lakukan adalah mengosongkan isinya terlebih dahulu. Keluarkan seluruh isinya hingga tidak ada yang tersisa. Keberadaan makanan, es batu, obat-obatan, atau barang lainnya dapat mengganggu proses pembersihan, sehingga hasilnya tidak maksimal.

2. Mematikan aliran listrik freezer box

Jika freezer box sudah kosong, Anda bisa segera mematikan aliran listrik pada perangkat elektronik tersebut. Cabutlah steker secara perlahan-lahan dari stopkontak. Letakkan steker pada posisi tinggi supaya tidak terkena air ketika nanti Anda mulai membersihkannya.

3. Membersihkan bunga es

Proses selanjutnya yang paling penting dalam rangkaian cara membersihkan freezer box adalah menghilangkan bunga es. Meskipun Anda sudah mengaktifkan fitur defrost untuk mencairkan bunga es (jika ada), tetapi Anda tetap harus menunggu beberapa jam hingga bunga es benar-benar cair. Semakin tebal bunga es, maka semakin lama pula jeda waktu yang harus disiapkan untuk membersihkannya.

4. Membuang air dan kotoran

Semua jenis freezer box pasti dilengkapi lubang pembuangan air yang terdapat pada bagian dasar. Letakkan wadah pada bagian bawah perangkat sebelum Anda membuka lubang tersebut untuk membuang air dan kotoran. Proses ini sangat penting karena membuatnya benar-benar bersih dari sisa-sisa bunga es yang mencair. Sambil menunggu proses pembuangan air dari lubang, Anda juga bisa mengangkat sisa-sisa bunga es dan kotoran berukuran besar secara manual.

5. Membersihkan bagian luar

Bukan cuma bagian dalam saja yang harus dibersihkan sampai tuntas. Bagian luarnya juga wajib dibersihkan supaya tampilan freezer kelihatan menarik. Anda dapat menggunakan spons dan sikat gigi bekas untuk membersihkan seluruh bagian luar freezer.

Celupkan spons dan sikat gigi bekas ke dalam larutan sabun cuci piring lalu gosokkan pada bagian luar freezer yang bernoda. Ulangi proses ini pada seluruh bagian luar yang kotor sampai tampilannya kembali bersih seperti sedia kala.

6. Keringkan

Bila bagian dalam dan luar sudah bersih, maka Anda tinggal mengeringkannya sampai tuntas. Gunakan kain lap microfiber yang bersih dan sudah dibasahi sedikit air untuk mengelap bagian dalam dan luar. Jangan sampai ada air atau sisa kotoran yang tertinggal di dalam karena hal tersebut memicu bau tak sedap.

7. Menata bahan makanan secara rapi

Freezer box tanpa bunga es yang sudah bersih bisa segera dinyalakan. Tunggu selama beberapa jam hingga freezer tersebut mulai dingin kemudian Anda bisa mulai menata bahan makanan secara rapi. Jangan menyimpan makanan atau bahan makanan yang masih panas dalam freezer, karena hal tersebut membuat kompresor bekerja ekstra keras untuk mendinginkan, sehingga dapat memicu kerusakan.

Wajarkah Jika Ada Bunga Es di Freezer Box?

Kemunculan bunga es pada freezer box sebenarnya merupakan hal wajar. Bunga es berasal dari kelembapan udara tinggi yang berkumpul pada kumparan evaporator lalu membeku. Biasanya bunga es juga lebih cepat muncul bila Anda sering membuka dan menutupnya.

Bunga es yang menempel sebaiknya lekas dibersihkan agar tidak menyita kapasitas penyimpanan, menimbulkan bau tak sedap, serta membuat perangkat ini rentan rusak. Keinginan memiliki freezer box tanpa bunga es bukanlah hal mustahil jika Anda telaten membersihkan perangkat elektronik tersebut secara rutin.

Cara Membersihkan Bunga Es Freezer Box

Jangan kesal dulu jika bunga es terlalu tebal dan butuh waktu lama untuk dicairkan. Anda bisa melakukan beberapa cara membersihkan bunga es freezer box berikut ini.

1. Memanfaatkan blow dryer

Alat pengering rambut ternyata dapat dimanfaatkan untuk membersihkan bunga es. Letakkan blow dryer pada posisi yang aman dan kering sebelum menyambungkan stekernya ke stopkontak. Kemudian, nyalakan blow dryer pada mode yang tidak terlalu panas lalu arahkan ke bunga es yang tebal.

Anda harus fokus mengarahkan hembusan udara panas blow dryer pada satu titik saja supaya bunga esnya lekas mencair. Usahakan untuk selalu menjaga jarak antara blow dryer dan bagian dalam freezer box tidak terlalu dekat. Jangan sampai udara blow dryer yang terlalu panas malah merusak dindingnya.

2. Menggunakan kipas angin

Jangan berkecil hati bila Anda tidak punya blow dryer. Masih ada cara lainnya yang dapat dilakukan untuk membersihkan bunga es blow dryer secara cepat, yaitu menggunakan kipas angin. Nyalakan kipas angin di dekat dinding bagian dalam freezer untuk mempercepat sirkulasi udara panas. Meskipun terkesan manual, cara ini ternyata cukup efektif dan aman bila ingin membersihkan bunga es secara cepat tanpa efek samping yang merusak perangkat.

3. Letakkan panci berisi air panas

Cara lainnya yang bisa Anda coba untuk membersihkan bunga es adalah meletakkan panci berisi air panas. Didihkan air panas secukupnya dalam panci. Kemudian, letakkan handuk tebal di dalam freezer box sebagai alas.

Tempatkan panci berisi air panas di atas handuk tebal secara hati-hati supaya airnya tidak tumpah lalu tutuplah freezer box selama kurang lebih 30 menit. Jika bunga es masih belum mencair sempurna, gantilah air yang mulai dingin pada panci tersebut kemudian ulangi prosesnya.

4. Gunakan spatula metal secara hati-hati

Membersihkan bunga es pada freezer box menggunakan benda-benda tajam seperti pisau memang tidak diperbolehkan. Namun, Anda masih bisa memanfaatkan benda keras yang ujungnya tumpul seperti spatula metal. Caranya, lilitkan lap tebal pada pegangan spatula lalu panaskan spatula selama beberapa detik di atas api.

Gunakan ujung spatula panas untuk mencongkel bunga es yang sangat tebal secara pelan-pelan. Cara membersihkan bunga es dengan spatula ini harus dilakukan secara teliti supaya dinding bagian dalam tidak rusak.

5. Mengandalkan kain lap dan alkohol

Satu lagi cara ampuh membersihkan lapisan bunga es tipis pada freezer box adalah mengandalkan kain lap dan alkohol. Anda hanya perlu menyiapkan air mendidih lalu memasukkan kain lap ke dalamnya. Jangan lupa menambahkan beberapa tetes alkohol isopropil ke dalam air yang digunakan untuk merendam lap. Diamkan sesaat hingga kain lap menjadi hangat.

Kemudian, usapkan kain lap hangat pada permukaan bunga es yang tipis di bagian dalam freezer box. Lakukan proses ini secara seksama hingga tidak ada lapisan bunga es yang tersisa.

Cara Menghilangkan Bau Tak Sedap pada Freezer Box

Membersihkan secara berkala memang penting. Namun tak kalah penting menghilangkan bau tak sedap freezer demi menjaga kualitas bahan makanan yang disimpan. Beberapa cara di bawah ini dapat dicoba untuk membantu menghilangkan bau tak sedap dari freezer box Anda.

  • Arang aktif: Letakkan semangkuk berisi arang aktif (active charcoal) di dalam freezer, kemudian tutup dan biarkan selama 2-4 jam.
  • Baking soda: Untuk menghilangkan bau menyengatnya, letakkan baking soda dalam wadah selama beberapa jam dalam kondisi freezer hidup. Tetapi jika ingin mencegah masalah bau, Anda dapat menyimpannya bersamaan dengan bahan makanan di dalamnya lalu menggantinya setiap 2-3 bulan sekali.

Simpan Bahan Makanan Menggunakan Freezer Box dari AQUA Elektronik agar Lebih Awet!

Setelah mempelajari cara membersihkan freezer box serta menghilangkan bau tak sedapnya dengan benar, tentu Anda tak ragu memilikinya untuk mendukung kebutuhan rumah tangga atau bisnis. Salah satu rekomendasi produk yang berkualitas untuk Anda adalah Chest Freezer AQF-332SD dari AQUA Elektronik.

Seri freezer box berkapasitas 332 liter tersebut memiliki beberapa keunggulan sebagai berikut:

  • Large Window Design: desain pintu kaca miring memperluas bidang pandang dan memperbesar permukaan tampilan untuk menarik lebih banyak konsumen.
  • Powerful Compressor: kapasitas pendinginan yang kuat serta daya yang cukup hemat energi untuk mendukung proses pendinginan yang cepat.
  • Streamlined Handle: gagang pintu kaca yang ramping sehingga proses buka tutup geser mempermudah akses barang.
  • High Quality Fan: adaptasi kipas bilah daun ADDA yang menghasilkan volume udara besar sekaligus memperkuat pertukaran panas sistem kondensasi dan pembuangan panas kompresor.
  • Ultra-Microcellular Foaming: teknologi foaming ultra-mikroseluler berdensitas tinggi untuk insulasi terminal yang baik dan tebal sehingga dapat mengunci udara dingin secara lebih efektif.

AQUA Elektronik senantiasa berkomitmen menghadirkan produk terbaik berteknologi canggih sesuai perkembangan zaman. Yuk, segera dapatkan Chest Freezer AQF-332SD di Official Store AQUA Elektronik untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga atau bisnis rumahan Anda.

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003