TV Terkunci? Ini Cara Membukanya Tanpa Remote!

Perkembangan teknologi TV berlangsung secara pesat dalam kurun waktu satu dekade terakhir. Apalagi kini program migrasi ke siaran TV digital membuat penggunaan smart TV semakin diminati. Fenomena tersebut patut diimbangi dengan wawasan yang luas seputar pengoperasian TV. Salah satu hal penting yang patut Anda ketahui adalah cara membuka TV yang terkunci tanpa remote.

Masalah TV terkunci sebenarnya sudah terjadi sejak era kejayaan TV konvensional yang hanya bisa menangkap sinyal analog. Sebagian tipe TV konvensional sudah dilengkapi fitur kunci, meskipun pemanfaatannya terbilang sangat jarang. Hal tersebut berlanjut sampai sekarang sehingga patut menjadi perhatian ketika Anda sudah menggunakan TV di rumah. Jangan sampai masalah TV terkunci mengganggu kenyamanan Anda saat menikmati tayangan favorit.

Apa yang Dimaksud dengan Fitur Kunci pada TV?

Fitur kunci (keylock) pada setiap merek TV memiliki prinsip yang sama, yaitu mencegah perubahan pengaturan TV akibat menekan tombol remote atau panel TV secara tidak sengaja. Di samping itu, fitur kunci juga bermanfaat untuk memantau tayangan TV bagi anak-anak (dikenal dengan istilah fitur child lock). Tujuannya, agar anak-anak tidak bisa mengganti siaran TV sesuka hati sehingga orang tua bisa menentukan siaran yang sesuai dengan usia sang anak.

Meskipun Anda tidak pernah memanfaatkan fitur kunci pada TV, Anda tetap harus memahami cara membuka remot TV yang terkunci agar tidak panik ketika TV terkunci secara tidak sengaja. Anda bisa membuka TV yang terkunci dengan atau tanpa remote asalkan sudah memahami mekanismenya.

Mengenal Tanda-Tanda TV Terkunci

Beberapa tanda yang menunjukkan TV sedang dalam kondisi terkunci adalah sebagai berikut:

  • Layar TV menampilkan tayangan seperti biasa, tetapi siaran tidak bisa diganti melalui remote atau panel TV.
  • Layar TV berwarna biru dan menampilkan lambang gembok pada sudut kiri bawah.
  • Timbul kolom untuk memasukkan password.
  • Beberapa tombol pada remote TV mendadak tidak berfungsi sama sekali.
  • Siaran TV hilang.

Cara Membuka TV yang Terkunci Menggunakan Remote

Proses membuka TV yang terkunci sangat mudah jika Anda memiliki remote. Anda bisa segera memasukkan password yang diminta di layar TV untuk mengaktifkan TV seperti biasa. Setiap merek dan tipe TV memiliki password yang berbeda-beda sehingga Anda wajib menemukan password yang tepat. Sekarang, Anda juga dapat mencari password kunci TV di internet dengan melakukan penelusuran berdasarkan merek tipe TV.

Cara Membuka TV yang Terkunci Tanpa Remote

Jangan resah jika remote TV orisinal Anda sudah rusak dan tidak berfungsi sama sekali. Anda bisa membuka TV yang terkunci tanpa remote dengan melakukan satu dari beberapa cara berikut ini:

  • Mengandalkan buku panduan: buku panduan pengoperasian TV biasanya mengandung banyak informasi penting yang membantu Anda mengatasi masalah. Sayangnya, keberadaan buku panduan kerap diabaikan bahkan tidak pernah dibaca sama sekali. Ketika menghadapi kendala TV terkunci, sebaiknya Anda lekas membaca buku panduan supaya bisa menemukan cara membuka tv yang terkunci.
  • Melakukan Reset TV: cara berikutnya yang bisa dilakukan untuk membuka TV yang terkunci yaitu reset TV. Proses reset melalui panel TV harus melalui beberapa tahapan. Misalnya, Anda mengawali reset dengan menekan tombol input dan volume down pada panel. Kemudian, cabut kabel power dan tunggu selama beberapa menit. Pasang kembali kabel power lalu nyalakan TV seperti biasa. Bila TV sudah menyala, tekan tombol menu dan volume down pada panel TV secara bersamaan hingga Anda bisa mengubah pengaturan TV seperti sedia kala.
  • Menggunakan remote universal: kalau remote TV orisinal sudah rusak hingga tak bisa digunakan sama sekali, sebaiknya Anda membeli remote TV universal untuk mempermudah pengoperasian TV. Carilah remote TV universal yang cocok dengan merek dan tipe TV Anda. Lakukan proses pengecekan terlebih dahulu untuk memastikan bahwa remote universal bisa digunakan pada TV Anda.

Setelah memahami cara membuka TV yang terkunci tanpa remote, Anda tentu tak akan panik lagi jika masalah tersebut terjadi secara mendadak pada TV kesayangan Anda. Pengoperasian TV merek apapun akan terasa mudah bila Anda telah menguasai panduan penggunaannya.

Bila Anda berniat mengganti TV lama dengan Android Smart TV baru, maka televisi AQT65S5UG dari AQUA Elektronik bisa menjadi salah satu referensi terbaik untuk Anda. Seri TV AQUA Elektronik yang berukuran 65 inci ini dilengkapi berbagai fitur canggih sebagai berikut:

Android TV, Smart AI: kualitas tampilan dan suara makin jernih, lengkap dengan fitur operasional yang makin canggih.

HQLED: teknologi TV LCD warna yang disempurnakan dengan presisi sehingga menyajikan lebih banyak level warna, kontrol kecerahan yang tinggi, dan tingkat warna yang halus.

4K HDR: resolusi warna lebih tajam serta detail gambar semakin jelas dan hidup.

Android Devices IoT Hub: teknologi TV cerdas sebagai pusat ekosistem digital yang membuat semua perangkat pintar di rumah dapat Anda kontrol secara optimal.

Intelligent Voice Control: kebutuhan informasi Anda tersaji segera cukup dengan perintah suara.

Chromecast Built-in: berbagai tampilan foto, video, atau gambar di smartphone dapat ditayangkan di layar TV yang lebih besar.

Bezel Less: bingkai tipis pada unit TV ini memungkinkan Anda menonton tayangan TV secara nyaman tanpa gangguan.

Rasakan pengalaman menonton yang tak lagi monoton dengan kehadiran televisi AQUA Elektronik seri televisi AQT65S5UG di rumah Anda. Menikmati aneka tayangan favorit bersama keluarga di rumah tentu makin menyenangkan dengan dukungan Android Smart TV berkualitas besutan AQUA Elektronik. Dapatkan produknya hanya di Official Store AQUA Elektronik sekarang juga!

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003