Bisa untuk Semua Merk, Ini Cara Setting Remote TV Universal

tv dan remote tv

Saat membeli televisi, Anda akan mendapat remote untuk mengoperasikan televisi. Remote TV memang menjadi komponen penting dalam penggunaan televisi. Jika remote TV bawaan rusak atau hilang, bisa jadi Anda perlu menggantinya dengan remote TV universal. Namun, sebelum bisa digunakan, Anda perlu tahu dulu bagaimana cara setting TV universal.

Bila penggunaan TV di rumah sudah cukup lama, bisa saja muncul masalah pada remotenya sehingga remote tidak lagi digunakan untuk mengoperasikan TV. Hal ini bukan berarti Anda perlu membeli TV baru supaya mendapatkan remote baru. Untunglah ada remote TV universal yang dapat menggantikan fungsi remote TV bawaan yang rusak atau hilang.

Remote TV yang tidak berfungsi memang sangat mengganggu. Akibatnya, TV jadi tidak bisa dioperasikan. Kenyamanan menonton pun jadi terganggu.

Tahukah Anda, apa hal-hal yang bisa menyebabkan remote TV tidak berfungsi? Berikut contohnya.

  • Baterai remote habis
  • Besi pengantar pada baterai remote sudah berkarat
  • Sensor remote tidak merespons dengan baik
  • Sensor remote terhalang oleh tumpukan debu

Manfaatkan Remote TV Universal

Bila remote TV Anda tidak bisa digunakan lagi atau hilang, bukan berarti Anda harus beli TV baru. Anda dapat mengganti remote yang rusak itu dengan remote TV universal.

Remote TV universal adalah remote yang dapat digunakan atau diprogram untuk mengoperasikan macam-macam merek dan jenis televisi. Remote ini mudah didapat karena banyak dijual di toko elektronik dan harganya pun sangat terjangkau.

Jadi, bila remote TV bawaan di rumah rusak atau hilang, Anda tak perlu mencari remote dengan merek yang sama dengan merek TV Anda. Cukup membeli remote TV universal saja yang kini mudah didapat.

Pada dasarnya, fungsi remote TV universal sama saja dengan remote TV bawaan. Remote TV universal menjadi pilihan saat remote TV bawaan hilang atau rusak dan tidak bisa digunakan lagi. Berikut beberapa kelebihan remote TV universal:

  • Dapat digunakan di berbagai merek televisi
  • Memiliki pengaturan yang mudah
  • Mudah dioperasikan karena jumlah tombol remote universal umumnya lebih sedikit daripada remote bawaan

Beragam Cara Setting Remote TV Universal

Bila Anda belum pernah menggunakan remote TV universal, mungkin awalnya Anda bingung bagaimana cara mengoperasikannya. Berbeda dengan remote TV bawaan yang pasti akan langsung dapat digunakan begitu TV dinyalakan, remote TV universal harus di-setting terlebih dahulu sebelum bisa berfungsi. Ini karena remote universal dapat digunakan untuk bermacam merek dan jenis televisi. Jadi pertama-tama, Anda perlu setting remote terlebih dulu agar sesuai dengan TV yang Anda miliki.

Nah, cara setting remote TV universal ini ternyata bermacam-macam. Ada cara setting remote TV universal tanpa tombol set, cara setting remote TV universal tanpa kode, dan lain-lain. Lalu, bagaimana cara mengetahui mana cara setting yang tepat untuk TV Anda? Yuk, simak info berikut untuk tahu lebih jelas!

Menggunakan Kode Remote TV Universal

Cara pertama adalah setting remote TV universal dengan kode. Setiap merek TV memiliki kode tersendiri. Anda bisa mencari kode remote TV Anda pada kertas panduan yang terdapat di dalam dus atau kemasan remote TV universal yang Anda beli.

Lalu, langkah setting remote TV universal dengan kode adalah seperti berikut:

  • Tekan tombol “Set” pada remote (tahan beberapa saat sampai lampu indikator menyala, lalu lepaskan).
  • Masukkan kode remote sesuai merek TV Anda yang tertera di kertas panduan. Satu merek TV bisa saja memiliki lebih dari satu kode. Oleh karena itu, Anda perlu mencoba setiap kode tersebut sampai menemukan kode yang sesuai dengan jenis TV Anda.
  • Untuk mengetahui apakah kode sudah sesuai dengan jenis TV Anda, setiap habis memasukkan satu kode, tekan tombol remote apakah sudah bisa berfungsi atau belum.
  • Jika kode sudah sesuai, lampu indikator pada remote TV akan mati dan TV bisa dioperasikan.
  • Jika kode belum sesuai, TV belum bisa dioperasikan. Artinya, Anda perlu mencoba kode yang lain sampai menemukan kode yang sesuai.

Menggunakan Auto Code Search

Apakah setiap remote TV pasti memiliki kode yang sesuai dengan merek TV Anda? Ternyata belum tentu. Bila kondisinya begini, apakah artinya percuma membeli remote TV universal karena tidak bisa Anda gunakan? Tidak juga.

Bila Anda tidak mengetahui kode untuk TV di rumah, Anda bisa mencoba cara setting remote TV universal tanpa kode atau auto code search. Dengan cara ini, remote TV universal yang akan membantu Anda mencari kode TV Anda di databasenya. Simak langkah-langkahnya berikut:

  • Nyalakan TV.
  • Tekan dan lepaskan tombol “Device” pada remote yang Anda miliki dengan TV yang ingin Anda operasikan.
  • Tekan kembali tombol “Device” dan “Power” secara bersamaan. Tombol “Power” akan mati, lalu hidupkan kembali.
  • Lepaskan kedua tombol.
  • Tekan, lalu lepaskan tombol “Play” pada remote. Tunggu beberapa detik, dan lihat apakah TV mati. Jika iya, maka remote sudah menemukan kode yang benar. Namun, jika TV masih hidup, coba tekan kembali tombol “Play” dan lakukan proses menunggu dan matikan kembali. Lakukan langkah ini sampai TV mati.
  • Tekan dan lepaskan tombol “Reverse” setiap dua detik hingga TV Anda menyala kembali. Jika berhasil, artinya remote TV universal Anda sudah menemukan kode yang tepat.
  • Tekan tombol “Stop” untuk menyimpan kode.
  • Coba tes beberapa fungsi remote. Jika sudah berfungsi, artinya remote sudah berhasil di-setting.

Menggunakan Tombol “Volume”

Cara setting remote TV universal yang selanjutnya bisa disebut paling mudah, yaitu menggunakan tombol “Volume”. Kenapa disebut mudah? Karena Anda tidak perlu memasukkan kode remote TV seperti dua cara sebelumya.

Anda bisa mencoba cara ini jika tidak memiliki kode remote TV. Begini langkah-langkahnya:

  • Nyalakan televisi.
  • Pastikan letak remote TV universal dekat dengan lampu indikator TV.
  • Tekan tombol “Set” pada remote TV, lalu tahan (jangan langsung dilepas) hingga lampu indikator remote TV menyala.
  • Tekan tombol “Volume +” beberapa kali hingga muncul tulisan “Volume” di layar TV.
  • Tekan tombol “–“ untuk mencoba setting. Jika tombol “Volume” TV berkurang, artinya remote sudah berhasil tersetting. Jika belum tersetting, coba lagi langkah-langkah dari awal hingga akhir.
  • Jika remote TV sudah berhasil berfungsi, tekan tombol “Set” lampu indikator remote hingga mati.

Disetting Melalui Aplikasi

Selain cara setting remote TV universal tanpa kode dan dengan kode, ada lagi cara setting remote TV universal tanpa tombol set, yakni melalui aplikasi. Cara ini bisa dipilih jika remote TV universal yang Anda miliki tidak dilengkapi tombol “Set”. Begini caranya:

  • Buka Google Play Store, lalu ketik kata kunci Peel Smart Remote di menu pencarian.
  • Jika sudah ketemu, unduh dan instal aplikasi tersebut di ponsel Anda.
  • Buka aplikasi Peel Smart Remote, lalu ikuti petunjuk di aplikasi tersebut dengan mencari merek TV Anda.
  • Setelah Anda menemukan merek TV Anda, pilih “Next”.
  • Selanjutnya, tekan tombol “Power” hingga TV Anda menyala. Proses setting remote TV universal melalui aplikasi sudah selesai.

Tips Merawat Remote TV Universal agar Awet

Setelah mengetahui berbagai cara setting remote TV universal, Anda kini dapat kembali menikmati kegiatan menonton tayangan di televisi. Supaya terhindar dari keribetan membeli remote baru dan melakukan setting atau pengaturan, sebaiknya rawat remote TV universal yang Anda miliki dengan baik. Dengan begitu, remote dapat awet digunakan untuk waktu lama.

Berikut tips merawat remote TV universal yang praktis dan mudah dilakukan:

    Ganti Baterai Remote Secara Berkala

Baterai memiliki batas usia pakai. Bila sudah terlalu lama, baterai bisa terkena karat dan memengaruhi sistem kerja remote. Jadi, pastikan Anda mengganti baterai remote TV secara berkala.

    Bersihkan Remote Secara Rutin

Benda yang sering disentuh cenderung mudah kotor. Begitu juga dengan remote TV. Agar remote dapat awet, Anda perlu menjaga kebersihannya. Pastikan Anda rutin membersihkan remote dari debu dan kotoran yang mudah menempel dan menumpuk.

    Simpan Remote dengan Baik

Sediakan tempat khusus untuk menaruh remote atau letakkan remote di tempat yang aman agar tidak mudah tertindih, terjatuh, atau terinjak. Faktanya, hal ini sering terjadi dan sebetulnya turut berkontribusi dalam menyebabkan remote TV cepat rusak.

Televisi LE55AQT7000QU Memberikan Pengalaman Menonton yang Maksimal

Di era serba digital seperti sekarang ini, pemilihan TV tak boleh asal. Televisi kini bukan sebatas alat untuk menayangkan siaran stasiun-stasiun televisi, tapi lebih dari itu. Dengan smart TV, Anda bisa menikmati tayangan-tayangan berbasis internet maupun yang berasal dari smartphone.

Maka, jangan ragu untuk memilih televisi LE55AQT7000QU persembahan dari AQUA Elektronik. Smart TV 4K berukuran 55 inci ini dilengkapi berbagai fitur canggih yang akan memaksimalkan pengalaman Anda menonton berbagai tayangan di televisi.

Smart TV LE55AQT7000QU adalah Android TV yang memiliki kualitas tampilan dan suara makin jernih. Dengan teknologi 4K yang menghasilkan resolusi warna pada televisi LE55AQT7000QU lebih tajam, dan detail gambarnya pun semakin jelas dan hidup.

Sebagai smart TV, LE55AQT7000QU juga dilengkapi teknologi Android Devices IoT Hub yang dapat menjadikannya pusat ekosistem digital. Dengan demikian, semua perangkat pintar di rumah dapat Anda kontrol secara optimal.

Misalnya, dengan menggunakan fitur Intelligent Voice Control, Anda dapat memberi perintah melalui suara untuk memperoleh informasi secara segera. Selain itu, Anda juga dapat mengintegrasikan tayangan, foto, atau gambar di ponsel ke smart TV ini berkat teknologi Chromecast built-in. Hal ini adalah kelebihan sekaligus kenyamanan tersendiri karena Anda dapat menikmatinya di layar TV yang lebih besar. Terlebih lagi ada fitur Bezel Less, yaitu bingkai tipis pada TV yang memungkinkan Anda untuk menonton televisi tanpa gangguan. Sungguh suatu kenyamanan yang memuaskan!

Jadi, tunggu apa lagi? Segera miliki Android TV, Smart TV LE55AQT7000QU untuk bisa merasakan kecanggihan teknologi tersebut!

Kunjungi Official Store AQUA Elektronik untuk informasi lebih detail!

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003