Remot TV Tidak Merespon? Ini Cara Memperbaikinya!

remote tv

Remot TV merupakan bagian penting dari TV. Tanpa remot, Anda akan kesulitan mengoperasikan TV. Maka itu, bila saat sedang menonton TV remot-nya tiba-tiba tidak merespon, Anda tentu akan kebingungan. Anda tidak bisa mengganti saluran TV, mengatur volume, atau bahkan mematikan TV. Lantas, bagaimana cara memperbaiki remot TV yang tidak merespon?

Mengenal Komponen Remote TV

Remote control adalah pengendali jarak jauh yang berfungsi untuk mengendalikan sebuah benda atau peralatan. Benda yang dikendalikan tersebut kemudian akan memberikan respon sesuai dengan instruksi yang diberikan. Pemberian instruksi melalui remote control dilakukan dengan menekan tombol pada remot itu.

Pada remote control biasanya terdapat komponen-komponen berikut:

  • Transmitter (pengirim sinyal)
  • Panel remote control
  • Receiver (penerima sinyal)

Prinsip yang sama berlaku bagi remot TV. Kita menggunakan remot TV untuk memberikan perintah pengoperasian TV. Jadi, kita tidak perlu repot-repot menghampiri TV atau menekan tombol di TV untuk mengendalikan TV. Dengan adanya remot TV, kita bisa mengendalikan TV dari jarak yang agak jauh.

Namun, kadang remot TV ini bisa bermasalah juga. Masalah remot TV yang tidak merespon ternyata cukup sering terjadi. Untungnya, solusi untuk mengatasi masalah ini cukup sederhana. Sebelum Anda membeli remot TV baru, ada baiknya Anda memahami cara memperbaiki remot yang tidak merespon.

Penyebab Remot TV tidak Merespon

Tapi, sebenarnya apa saja faktor yang bisa menyebabkan remot TV tidak merespon? Berikut penjelasannya.

1. Baterai habis

Setiap remot TV menggunakan baterai. Sebelum Anda mencoba memperbaiki remot TV, cek dulu kondisi baterainya. Baterai yang habis memang akan membuat remot jadi tidak bisa merespon.

2. Sensor remot terhalang

Tak jarang, sensor remot terhalang karena remot kotor atau jarang dibersihkan. Dengan kata lain, sensor terhalang oleh debu yang menumpuk.

3. Besi penghantar baterai berkarat

Besi penghantar baterai yang sudah berkarat bisa menghalangi saluran energi ke remote. Hal ini yang menyebabkan mesinnya tidak berfungsi sama sekali.

4. Sensor tidak berguna

Masalah ini biasanya terjadi karena sensor pada remot TV sudah rusak. Bila sensor sudah rusak, remot pasti tidak dapat merespon walaupun tombolnya Anda tekan-tekan.

Cara Memperbaiki Remot TV yang Tidak Merespon

Setelah mengetahui berbagai penyebab remot TV tidak merespon, kini saatnya Anda memahami cara memperbaikinya. Semua cara ini bisa Anda lakukan sendiri di rumah tanpa perlu memanggil teknisi. Yuk, simak tips cara memperbaiki remot control yang tidak merespon!

1. Mengganti baterai

Bila baterai remot habis, maka saatnya untuk mengganti dengan baterai baru. Penggunaan baterai pada remot TV memang cukup lama. Oleh karena itu, banyak orang yang baru sadar bahwa baterai remot sudah habis dan perlu diganti ketika remot TV tidak merespon. Pastikan baterai baru yang digunakan sesuai dengan jenis remot, ya!

2. Membersihkan besi penghubung baterai

Salah satu penyebab remot TV tidak merespon bisa jadi karena besi penghubung baterai berkarat. Ini biasanya terjadi pada remot yang usia pakainya sudah cukup lama. Maka, saat mengecek remot, pastikan Anda juga mengecek kondisi besi penghubung baterai yang letaknya di dalam remot TV ini. Besi penghubung ini memang lebih cepat berkarat daripada bagian remot TV yang lain.

Besi ini berada pada bagian belakang remot TV, tepatnya pada tempat pemasangan baterai. Bentuknya seperti per dengan ujung yang lancip. Untuk mengatasi masalah besi penghubung baterai yang berkarat, Anda dapat membersihkannya dengan menggunakan cairan pembersih kawat. Tuangkan terlebih dahulu cairan tersebut pada kapas, lalu lap secara perlahan-lahan agar tidak merembes ke dalam remot TV.

3. Membersihkan tombol remot

Seberapa sering Anda membersihkan tombol-tombol pada remot TV? Mungkin tidak sering, ya. Padahal, di sela-sela tombol ini sering menjadi tempat menumpuknya kotoran atau debu. Bila kotoran masuk ke dalam keypad, maka remot bisa jadi tidak berfungsi dengan optimal saat tombolnya dipencet.

Solusi untuk mengatasi masalah ini cukup gampang. Anda hanya perlu membersihkan tombol-tombol remot. Gunakan kain kering atau tisu untuk membersihkan permukaan remot. Untuk bagian yang sulit dijangkau seperti sela-sela keypad, bersihkan dengan sikat gigi kering agar tidak merusak komponen di dalam remot TV.

4. Memperbaiki sensor remot

Sensor remot TV terletak di sebelah atas dan berbentuk lampu kecil. Meskipun kecil, sensor remote TV memiliki fungsi yang sangat penting. Bila sensor terhalang debu atau partikel kecil lainnya, maka remot tidak akan berfungsi alias merespon saat tombolnya dipencet-pencet.

Cara memperbaiki remot TV yang tidak merespon seperti ini adalah coba denga menggetok remot secara perlahan. Jika remot masih tidak berfungsi, lepas baut dan bersihkan bagian dalamnya secara lembut. Setelah selesai dibersihkan, tutup kembali dengan rapat.

5. Reset setting remot

Cara memperbaiki remot yang tidak merespon yang satu ini bisa Anda coba bila Anda menggunakan remot TV universal. Biasanya remot tidak merespon karena terkunci. Biasanya masalah seperti ini terjadi pada TV bersistem modern, seperti Android TV dan smart TV.

Bila ini masalah yang Anda alami, Anda hanya perlu melakukan reset setting pada remot. Berikut langkah-langkahnya:

  • Nyalakan remote dengan menekan tombol “Power”.
  • Pilih tombol “Menu” lalu pilih opsi “Lock”.
  • Isi kata sandi yang diminta, lalu tekan “Enter”.
  • Setelah terbuka, tekan tombol “Mute” sebanyak 3 kali.
  • Isi password baru untuk remot dan TV.
  • Isi kolom password baru lalu pilih “Done”.

6. Ganti dengan remot baru

Jika Anda sudah mencoba berbagai cara memperbaiki remot TV yang tidak merespon di atas, tapi remot masih tidak merespon juga, kemungkinan besar remot sudah rusak. Dengan kata lain, sudah waktunya Anda mengganti remot dengan yang baru.

Televisi AQT55S900UX: Pilihan Berkualitas dengan Fitur Voice Control

Salah satu kecanggihan televisi digital adalah adanya fitur Voice Control. Dengan fitur ini, pengoperasian TV jadi lebih mudah karena Anda tidak perlu menekan-nekan tombol untuk mengoperasikan TV. Cukup suarakan saja perintah yang ingin Anda terapkan pada TV, dan Voice Control akan langsung mengerjakannya.

Fitur Voice Control dapat Anda temukan pada televisi AQT55S900UX persembahan dari AQUA Elektronik. Android Smart TV berukuran 55 inci ini dilengkapi Operating System Google TV dengan Dolby Atmos. Dengan fitur Voice Control, jarak jauh tidak akan lagi menghalangi. Katakan saja, dan Anda akan melihatnya. Cukup ucapkan "Hai Google" ("Ok Google") untuk memulai.

Televisi ini juga memiliki fitur bluetooth yang terpasang membuat Anda makin nyaman menikmati waktu luang. Sementara, fitur Google TV memungkinkan Anda untuk bisa mengunduh semua aplikasi dan game favorit Anda dari Google Play. Dan nikmati di layar lebar dengan akses mudah dari layar utama Google TV Anda.

Pengalaman menonton TV bersama keluarga akan terasa luar biasa karena televisi ini dilengkapi fitur QLED yang menciptakan warna lebih luas dan akurat serta mampu mengontrol secara tepat setiap warna yang keluar. Ditambah lagi dengan MEMC 120Hz yang meningkatkan kejernihan gambar, mengurangi blur di setiap gerakan, dan gambar yang berbayang. Tak ketinggalan, Dolby Vision membuat gambar semakin hidup dan warna yang lebih akurat.

Tampilan gambar yang jernih makin maksimal karena didukung kualitas sound yang juga luar biasa. Fitur Dolby Atmos akan membenamkan Anda dalam hiburan favorit dengan suara yang bergerak di sekitar Anda dengan realisme yang menakjubkan. Merasakan pengalaman menonton bioskop di AQUA TV yang disempurnakan dengan Dolby Atmos.

Tak diragukan lagi, televisi AQT55S900UX adalah pilihan berkualitas bagi keluarga Anda! Segera kunjungi Official Store AQUA Elektronik dan miliki televisi canggih ini sekarang juga!

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003