Begini Cara Menyalakan TV Tanpa Remote

Televisi modern umumnya dilengkapi remote yang berfungsi mengontrol fungsi-fungsi TV dari jarak jauh. Pada model TV terbaru, ternyata ada alternatif lain untuk menyalakan TV tanpa menggunakan remote. Seperti apa cara menyalakan TV tanpa remote manual?

Bila Anda pernah mengalami penggunaan TV tabung, Anda tentu memahami perbedaannya dengan TV modern yang dilengkapi remote. Dengan adanya remote, kita dapat lebih nyaman menonton TV karena dapat mengubah saluran TV atau menyesuaikan volumenya dari jarak tertentu.

Remote adalah perangkat elektronik yang menggunakan daya baterai. Remote TV terdiri dari sejumlah tombol yang memungkinkan pengguna untuk mengubah saluran, mengatur volume, mengubah pengaturan gambar dan suara, dan menjalankan fungsi lainnya pada TV tanpa harus langsung mengoperasikan tombol pada TV itu sendiri.

Namun, karena ukurannya yang kecil, tak jarang remote TV tersembunyi entah di mana sehingga TV jadi tidak bisa dinyalakan. Atau, kadang remote bermasalah sehingga tidak bisa berfungsi dengan baik. Bila ini yang terjadi, Anda tentu akan kesulitan menyalakan dan menggunakan televisi.

Namun, jangan terburu-buru membeli remote TV baru. Anda dapat mencoba beberapa opsi lain untuk menyalakan TV tanpa menggunakan remote TV.

Cara Menyalakan TV Tanpa Remote

Untungnya, ternyata ada cara lain yang bisa Anda lakukan untuk menyalakan TV saat remote “hilang” atau rusak. Yuk, simak beberapa cara menyalakan TV tanpa remote manual berikut:

  • Dengan tombol power

Setiap perangkat TV pasti memiliki tombol power. Namun, pada TV layar datar, posisi tombol power ini kerap “tersembunyi” sehingga sulit ditemukan. Hal ini berbeda dengan televisi tabung yang tombol-tombolnya terdapat di bagian depan TV sehingga mudah ditemukan. Pada TV layar datar, tombol power biasanya terletak di sisi samping atau belakang TV.

  • Dengan aplikasi

Beberapa produsen TV menyediakan aplikasi mobile resmi yang memungkinkan Anda mengontrol TV melalui smartphone atau tablet. Cari tahu apakah ada aplikasi resmi yang tersedia untuk TV Anda.

Jika ada, unduh aplikasi melalui Google Playstore atau App Store. Setelah itu, ikuti petunjuk yang diberikan untuk menghubungkan smartphone Anda ke TV dan gunakan aplikasi tersebut untuk menyalakan TV.

  • Menggunakan Set Top Box (STB)

STB biasanya dilengkapi dengan remote sendiri. Setelah menekan tombol power pada TV, Anda cukup nyalakan STB dengan menekan tombol power pada remote STB. Siaran TV digital pun sudah bisa Anda nikmati.

Tak bisa dipungkiri, remote TV memiliki fungsi yang sangat penting untuk menunjang kenyamanan menonton TV di rumah. Maka, jagalah remote TV agar tidak cepat rusak dan jangan sampai hilang. Ikuti panduan penggunaannya sesuai dengan yang tertera di buku manual dan ganti baterai secara berkala. Dengan pengaturan remote yang tepat, Anda dapat menikmati program TV favorit tanpa kesulitan.

Televisi AQT43P750UX: TV Canggih dengan Fitur Perintah Suara

TV masa kini bukan hanya berfungsi menayangkan siaran-siaran dari stasiun televisi. Berkat kemajuan teknologi, TV masa kini dilengkapi berbagai fitur canggih yang membuatnya memiliki fungsi-fungsi tambahan, seperti mengakses web browser, aplikasi streaming, dan permainan. Bahkan, smart TV pun memiliki fitur perintah suara yang membuat kenyamanan menonton jadi makin maksimal!

Berbagai keunggulan smart TV tersebut bisa Anda temukan di televisi AQT43P750UX persembahan dari AQUA Elektronik. HQLED Google TV 50 inci ini memiliki fitur 4K HDR, Dolby Vision & Dolby Atmos dan MEMC yang dapat menunjang segala kebutuhan menonton Anda.

Anda dapat menikmati lebih dari 5000 aplikasi yang dapat diunduh melalui Google Play Store. Nikmati juga akses mudah dari layar utama Google TV Anda. Fitur Hands-free Voice Control akan memudahkan Anda dalam menentukan pilihan tayangan. Jangan biarkan jarak jauh menghalangi. Katakan saja, dana Anda akan melihatnya. Cukup ucapkan "Hai Google" ("OK Google") untuk memulai.

Teknologi TV LCD pada AQT43P750UX meningkatkan warna yang presisi sehingga menghadirkan lebih banyak level warna. Sementara, Kontrol Kecerahan Tinggi menciptakan tingkat warna yang halus. Abadikan semua detailnya, melihat gambar yang lebih jernih, menampilkan kedalaman warna.

Kepuasan menonton akan terasa berkat fitur 4K HDR yang membuat resolusi warna lebih tajam, detail gambar semakin jelas dan hidup. Ditambah lagi dengan Dolby Vision yang membuat gambar semakin hidup dan warna lebih akurat. Sementara, fitur Dolby Atmos akan membenamkan Anda dalam hiburan favorit dengan suara yang bergerak di sekitar Anda dengan realisme yang menakjubkan. Merasakan pengalaman menonton bioskop di AQUA TV yang disempurnakan dengan Dolby Atmos.

Ayo, segera miliki televisi AQT43P750UX dan rasakan kenyamanan menonton TV di rumah bersama keluarga! Kunjungi Official Store AQUA Elektronik sekarang juga untuk mendapatkan promosi dan hadiah menarik.

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003