Audio Dolby Atmos, Apa Kelebihannya?

Dolby Atmos artinya sebuah teknologi sistem suara kitar (surround sound). Sistem ini bertujuan menyebarkan suara dalam ruang tiga dimensi sehingga bisa menciptakan suara imersif dan mengejutkan. Dolby Atmos di bioskop adalah contoh paling umum dari penggunaan teknologi suara ini.

Perangkat elektronik yang dilengkapi fitur Dolby Atmos akan memiliki kualitas audio yang lebih real dan beresolusi tinggi. Suara yang dihasilkan oleh teknologi Dolby Atmos selalu berlama-lama di sekitar kita sehingga dalam kacamata orang awam, efek suara yang hadir karena teknologi ini disebut sebagai suara 3 dimensi (3D).

Sistem suara kitar termutakhir dari Dolby ini pertama kali digunakan pada 2012 pada pemutaran film animasi Disney yang berjudul “Brave” di Dolby Theatre, Los Angeles, Amerika Serikat. Sejak saat itu, Dolby Atmos terus digunakan untuk menghadirkan kualitas audio bioskop yang lebih mumpuni.

Di Indonesia, sistem suara kitar mulai hadir pada 2013 di bioskop XXI yang memutar film “The Hunger Games: Catching Fire”. Per April 2019, sebanyak 4.400 bioskop di seluruh dunia telah menggunakan sistem suara Dolby Atmos.

Cara Kerja Dolby Atmos

Teknologi surround sound memberikan suatu efek yang membuat penonton dapat dikelilingi audio yang dihasilkan dari semua sisi. Penerapan sistem Dolby Atmos artinya menggunakan sejumlah speaker yang diletakkan di langit-langit ruangan, mencakup penempatan hingga 64 speaker di depan, sekeliling, dan di atas penonton.

Peletakkan seperti ini membantu memusatkan audio ke titik tertentu yang akan membantu penonton untuk mendengar seberapa realistisnya audio yang dihasilkan. Penempatan atau pengaturan seperti ini juga menambahkan dimensi dan arahan terhadap suara tertentu untuk area tertentu dengan akurasi tinggi.

Di bioskop, Dolby Atmos memungkinkan hingga 128 trek dan objek audio, lengkap dengan metadata spasial, campuran internal pada perangkat keras yang kuat agar sesuai dengan pengaturan speaker bioskop tertentu, sampai memastikan penempatan suara yang sangat akurat. Dengan kata lain, formatnya adalah speaker agnostic.

Sementara pada home theatre, Dolby merekomendasikan untuk hanya menambahkan dua atau empat speaker reflektif atau yang dipasang di langit-langit ke pengaturan 5.1 atau 7.1 yang sudah ada. Namun, Anda juga dapat menggunakan hingga 34 speaker jika dikaitkan dengan Dolby Atmos.

Kelebihan Menggunakan Dolby Atmos

Sebagai sebuah sistem suara, Dolby Atmos memang menawarkan keunggulan tersendiri. Kualitas suara yang dihasilkan Dolby Atmos di bioskop adalah salah satu daya tarik tersendiri yang membuat orang-orang senang menonton di bioskop.

Nah, berkat kemajuan teknologi, kini kita tidak harus datang ke bioskop untuk bisa menikmati kualitas suara yang dihasilkan Dolby Atmos. Banyak perangkat elektronik keluaran terbaru yang telah dilengkapi dengan fitur ini.

Selain merasakan pengalaman menonton seperti di bioskop, apa alasan perlunya menggunakan perangkat elektronik yang dilengkapi Dolby Atmos? Berikut beberapa contoh kelebihan menggunakan Dolby Atmos yang perlu Anda ketahui.

  • Efek suara 3D

Teknologi suara terus mengalami perkembangan. Arti Dolby Atmos adalah teknologi yang lebih canggih dari pendahulunya, seperti 5.1 dan 7.1 kalau soal penyertaan speaker di sekitar ruangan demi menciptakan pengalaman suara 3D secara menyeluruh.

  • Suara lebih jernih

Selain menciptakan pengalaman suara 3D, Dolby Atmos juga membuat kegiatan mendengarkan lagu atau podcast jadi lebih nyaman. Hal ini karena adanya fitur Vocal Enhancement yang menghasilkan suara sangat jernih sehingga sangat enak didengar. Kualitas suara yang jernih ini juga akan terjaga bila Anda melakukan perekaman.

  • Ekstra detail

Salah satu ciri bagusnya kualitas suara yang dihasilkan Dolby Atmos adalah ekstra detail. Anda bukan hanya dapat mendengarkan suara yang jernih. Lebih canggih lagi, Anda juga dapat “merasakan” pengalaman seperti berada di film. Misalnya, saat melihat atau mendengar tetes air hujan yang jatuh dari atas atau deru baling-baling helikopter yang seolah-olah terbang di dekat Anda.

  • Audio tidak pecah

Saat menggunakan speaker biasa, kadang suara yang keluar terdengar pecah-pecah. Nah, hal itu tidak akan Anda rasakan bila menggunakan sistem suara Dolby Atmos. Suara yang dihasilkan oleh encoder Dolby Atmos tidak akan bising alias tidak akan pecah! Hal ini tentu membuat kegiatan menonton atau mendengarkan podcast jadi lebih optimal.

Apa Saja Perangkat yang Bisa Menggunakan Dolby Atmos?

Bisa dibilang, arti Dolby Atmos adalah kualitas suara luar biasa. Film yang menggunakan teknologi audio Dolby Atmos pasti akan menciptakan suasana yang terasa sangat nyata, seakan-akan Anda sedang berada di dalam film yang sedang Anda tonton.

Lalu, bagaimana caranya untuk bisa menikmati sensasi suara yang membuat Anda serasa “masuk” ke dalam tontonan? Teknologi Dolby Atmos ternyata sudah diaplikasikan di tempat atau perangkat berikut.

  • Bioskop

Teknologi Dolby Atmos pertama kali diperkenalkan lewat bioskop. Sampai saat ini, teknologi ini masih digunakan di bioskop karena merupakan salah satu daya tarik utama keseruan menonton bioskop. Suara yang menggunakan sistem Dolby Atmos datang dari segala arah, termasuk bagian atas kepala, menciptakan efek suara yang sangat jernih, penuh, detail, dan mendalam di bioskop. Efek suara dari film yang diputar di layar akan melekat di sekitar kita dalam ruang tiga dimensi, membuat kita merasa seolah-olah berada di dalam plot.

  • Headphone

Dari segi penggunaannya dengan perangkat tambahan, semua headphone mampu memainkan Dolby Atmos karena tidak ada teknologi khusus yang diperlukan untuk membuatnya berfungsi. Teknologi Atmos menjadi perangkat lunak yang mencampur dan memfilter audio multi-channel untuk headphone stereo saja. Dolby Atmos untuk smartphone adalah solusi berbasis perangkat lunak yang berfungsi saat memutar konten melalui headphone. Versi seluler ini bertujuan untuk meniru efek audio 3D yang kita dapatkan dengan sistem suara kitar biasa.

  • Smartphone

Beberapa merek smartphone kelas menengah dan atas juga ikut mengusung Dolby Atmos. Anda bisa merasakan suara Dolby Atmos melalui smartphone, tablet, atau headphone karena sistem ini dirancang agar bisa disesuaikan dengan perangkat apa pun.

Atmos bisa digunakan di ponsel dengan menggabungkan teknologi suara kitar virtual tradisional dengan audio berbasis objek dari Dolby Atmos. Kombinasi keduanya memungkinkan headphone untuk memproduksi versi yang meyakinkan dari soundscape 3D. Perlu diketahui juga, untuk menikmati kualitas suara Atmos di smartphone, Anda membutuhkan konten bersertifikasi Atmos juga. Namun, tentu saja pengalamannya tetap akan berbeda dibandingkan mendengarkan suara Atmos di bioskop.

  • Televisi

Anda bisa merasakan pengalaman menonton TV rasa bioskop di rumah bila menggunakan TV yang dilengkapi fitur Dolby Atmos. Namun, tidak semua TV memiliki fitur ini jadi Anda harus selektif ketika hendak membeli TV.

Contoh TV yang dilengkapi fitur Dolby Atmos di bioskop adalah televisi AQT65C900UX persembahan dari AQUA Elektronik. Dolby Atmos pada TV berukuran 65 inci ini akan membenamkan Anda dalam hiburan favorit dengan suara yang bergerak di sekitar Anda dengan realisme yang menakjubkan. Anda pun akan merasakan pengalaman menonton bioskop di AQUA TV yang disempurnakan dengan Dolby Atmos.

Televisi AQT65C900UX juga memiliki sejumlah kelebihan dan kecanggihan lain yang akan membuat pengalaman menonton TV Anda dan keluarga semakin seru. TV ini memiliki fitur OLED yang menghadirkan warna natural dan kualitas gambar yang sesungguhnya serta pengalaman menonton yang mengagumkan. Ditambah dengan 4K HDR resolusi warna lebih tajam, detail gambar semakin jelas dan hidup.

Masih ada lagi kecanggihan pada televisi ini yang membuat kualitas gambarnya berkualitas tinggi. Fitur MEMC120Hz meningkatkan kejernihan gambar, mengurangi blur di setiap gerakan, dan gambar yang berbayang. Sementara itu, Dolby Vision membuat gambar semakin hidup dan warnanya lebih akurat.

Yang pasti, TV ini sudah internet-based sehingga bisa menawarkan berbagai fasilitas kemudahan yang tidak Anda temukan di TV konvensional. Dilengkapi dengan Google TV, Anda dapat mengunduh semua aplikasi dan game favorit dari Google Play. Sementara, Hands-free Voice Control semakin memudahkan Anda dalam mengoperasikan TV karena Anda hanya perlu mengucap “Hai Google” untuk memulai memberikan perintah.

Dengan segala kecanggihan itu, tak heran bila pengalaman menonton TV di rumah jadi serasa seperti menonton di bioskop. Nikmati tayangan layar lebar di TV dengan akses mudah dari layar utama Google TV Anda. Segera miliki TV canggih ini dengan mengunjungi Official Store AQUA Elektronik sekarang juga!

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003