Lampu AC Kedap Kedip? Simak Penyebabnya di Sini!

Saat AC menyala, lampu indikatornya tentu akan ikut menyala. Tapi, bagaimana bila lampu AC kedap kedip? Apakah hal itu wajar atau Anda patut curiga unit AC bermasalah?

Ternyata lampu kedap kedip pada AC tidak boleh dibiarkan. Sebab hal itu bisa menandakan ada masalah pada sistem kerja AC. Begitu pula saat AC mati lampu kedap kedip. Anda perlu segera memeriksanya untuk mencari tahu sumber masalahnya serta agar cepat diperbaiki.

Berbagai Penyebab Lampu AC Kedap Kedip

Lampu AC kedap kedip bisa menjadi sinyal AC kotor atau masalah yang lebih serius lagi. Bila dibiarkan, masalah ini bisa menyebabkan AC rusak. Lantas, kenapa lampu AC bisa kedap kedip? Berikut beberapa contoh penyebabnya.

Unit AC Kotor

AC yang sudah lama tidak dibersihkan juga bisa menyebabkan lampu AC kedap kedip. Debu yang menempel pada filter dan evaporator menghalangi udara yang dihisap sehingga sirkulasi udara jadi tidak maksimal. Oleh karena itu, bersihkan atau cuci AC secara berkala sehingga tidak ada debu yang menempel.

Kurang Tekanan Freon

Sebenarnya, freon AC tidak akan berkurang kecuali terjadi kebocoran pada AC. Bila tekanan freon kurang, udara yang diembuskan AC akan terasa kurang sejuk. Jika Anda curiga freon berkurang, sebaiknya periksa apakah benar ada kebocoran. Jika tidak ada kebocoran, Anda cukup menambahkan freon.

Thermistor Rusak

Thermistor pada AC berfungsi sebagai sensor suhu di dalam ruangan dan mengatur kerja kompresor secara otomatis. Thermistor yang rusak memang akan membuat lampu indikator AC kedap kedip. Hal ini untuk menandakan bahwa ada komponen AC yang rusak sehingga Anda dapat langsung mengeceknya.

Blower Indoor Tidak Bekerja

Blower indoor berfungsi untuk mengembuskan udara dingin dari evaporator. Kalau blower ini tidak bekerja dengan semestinya, lampu indikator akan berkedip. Gangguan pada fungsi blower ini bisa disebabkan oleh dinamo fan blower yang tidak jalan, jalur modul ke dinamo putus, kapasitor fan rusak, atau bearing-nya seret. Anda bisa mengecek kondisi blower dengan mengecek kondisi bearing dan kapasitor fannya.

Modul AC Terkena Air

Modul AC bisa terkena air akibat proses pembersihan yang kurang hati-hati. Misalnya, modul AC tidak ditutup saat dicuci sehingga terciprat air. Cara mengatasinya cukup mudah. Bersihkan modul AC, lalu tunggu sampai kering sebelum dipasang kembali. Anda juga bisa menggunakan hair dryer agar modul AC dapat lebih cepat kering.

Socket Kabel Kendor

Socket kabel kendor biasanya ditemukan pada AC yang usia pakainya sudah cukup lama. Untuk mengetahui kondisi socket, Anda cukup lakukan pemeriksaan pada modul AC. Bila socket memang kendor, cukup kencangkan kembali socket kabelnya.

Jalur PCB Putus Akibat Korosi

Lampu AC kedap kedip juga bisa disebabkan oleh jalur PCB yang putus akibat korosi. Anda bisa mengeceknya pada mainboard modul di dalam AC. Jika terdapat jalur yang putus atau berwarna hitam, berarti memang ada kerusakan pada AC. Pertama-tama, Anda perlu membersihkan jalur tersebut. Setelah itu, solder jalur yang terputus hingga menyambung kembali.

Saat Anda melihat lampu AC kedap kedip, ada cara cepat yang bisa dilakukan untuk mengatasinya. Anda cukup me-reset modul MCB atau mencabut steker stop kontak AC dan lepas baterai pada remote AC. Tunggu selama 3–5 menit, kemudian naikkan MCB atau colok kembali steker dan pasang lagi baterai pada remote AC. Nyalakan kembali AC dan atur suhunya sesuai preferensi Anda. Jika masalah AC mati lampu kedap kedip terulang lagi, sebaiknya Anda memanggil teknisi untuk melakukan pemeriksaan yang lebih menyeluruh.

AC Inverter AQA-KCRV10WXW Tahan Lama dengan Kualitas Bintang 5

AC termasuk alat elektronik di rumah yang biasanya dinyalakan selama berjam-jam. Oleh karena itu, dalam memilih AC, yang menjadi salah satu pertimbangan utama adalah kemampuannya dalam menghemat daya. AC dengan kualitas bintang 5 yang memiliki keunggulan dalam penghematan daya adalah AC Inverter AQA-KCRV10WXW persembahan dari AQUA Elektronik.

AC Inverter AQA-KCRV10WXW adalah AC pertama di Indonesia yang memiliki rating bintang 5 sebagai pengakuan tingkat penghematan daya. AC indoor/outdoor dengan sertifikat tingkat hemat bintang 5 (tertinggi) ini dilengkapi dengan UVC Sterilization untuk menciptakan udara bersih dan sehat bebas virus dan bakteri. Fitur UVC Sterilization mampu membunuh 99,991% virus dan bakteri serta memberikan proteksi dari COVID-19.

AC ini juga dilengkapi dengan Eco Mode, yaitu 4 mode penggunaan energi yang dapat mengontrol penggunaan daya hingga 40% atau 160W untuk 1/2 pk. Sementara fitur Turbo Cooling membuat AC hanya perlu waktu 5 menit untuk mempercepat level suhu yang Anda pilih. Unit AC juga dapat membersihkan evaporator dengan hanya menekan satu tombol.

Jadi, segera dapatkan AC Inverter AQA-KCRV10WXW yang tahan lama dengan kualitas bintang 5. Kunjungi Official Store AQUA Elektronik sekarang juga!

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003