Air AC Sering Menetes? Intip Cara Mengatasi AC Bocor

servis AC

Barang elektronik apa yang kini dimiliki mayoritas masyarakat modern di rumah?

Salah satunya tentu saja Air Conditioner (AC). Kehadiran AC di kota-kota besar dianggap sangat penting untuk mendinginkan ruangan, terutama saat cuaca sedang panas. Hasil Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) yang dilakukan Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2017 menyatakan bahwa persentase rumah tangga yang menggunakan AC mencapai 7,98% dan jumlah tersebut diperkirakan terus meningkat.

Fungsi vital AC membuat Anda harus lebih sigap mengatasi berbagai kerusakan pada AC agar tidak mengganggu kenyamanan saat beraktivitas. Jangan malas mempelajari cara mengatasi AC bocor supaya Anda tidak kewalahan ketika menghadapi masalah tersebut.

Mengenal Berbagai Penyebab AC Bocor

Kondisi AC yang bocor memang sangat menjengkelkan, apalagi jika kebocoran mengenai barang-barang lainnya seperti tempat tidur, meja, atau lemari. Sebelum mencari tahu tentang cara mengatasi AC bocor, mari kenali dulu berbagai penyebab kebocoran tersebut:

1. Filter udara tersumbat

Salah satu penyebab utama yang membuat AC bocor adalah filter udara yang tersumbat, sehingga menghambat aliran udara pada sistem pendingin. Biasanya permasalahan ini juga menyebabkan pembekuan udara hingga berubah menjadi es. Ketika ruangan mulai dingin atau saat Anda mematikan AC, es pada filter akan mencair dan menimbulkan masalah kebocoran.

2. Filter AC sangat kotor

Masalah ini rentan terjadi bila Anda malas membersihkan AC secara teratur. Filter yang tersumbat kotoran menyebabkan aliran udara ke evaporator terhambat hingga terjadi penurunan suhu. Kondisi penurunan suhu kemudian membuat kumparan membeku karena terlalu dingin. Ketika AC dimatikan, unit indoor berhenti mengembuskan udara ke interior ruangan. Sistem internal AC akan mengalami pemanasan sehingga es yang terkumpul mulai mencair dan bocor.

3. Saluran pembuangan tersumbat

AC bocor ternyata juga bisa disebabkan oleh penyumbatan pada saluran pembuangan. Kotoran berlebihan yang menumpuk di saluran pembuangan menghambat aliran air keluar dari AC sehingga air rentan berbalik dan menimbulkan kebocoran.

4. Pemasangan AC kurang tepat

AC yang tidak dipasang dengan posisi yang tepat dapat menyebabkan risiko kebocoran semakin besar. Kondisi kemiringan AC harus benar-benar pas supaya air AC dapat mengalir lancar ke tempat pembuangan yang diinginkan.

5. Karat pada bagian pembuangan

Komponen pembuangan pada AC rentan berkarat seiring dengan bertambahnya usia penggunaan AC. Karat yang menumpuk kemudian menyumbat saluran sehingga menghalangi aliran udara. Jika hal ini dibiarkan terjadi terus-menerus, AC pun jadi akan meneteskan air.

6. Malas merawat AC secara intensif

Proses mencuci AC harus dibarengi dengan pemeriksaan terhadap setiap komponen AC. Salah satu komponen yang mesti ditinjau secara berkala adalah coil evaporator. Kondisi koil evaporator yang berkarat bisa menyebabkan risiko kebocoran sehingga membuat Anda sibuk mencari cara memperbaiki AC bocor.

Mengapa Masalah AC Bocor Harus Lekas Diatasi?

Beberapa alasan yang membuat Anda harus lekas mencari cara mengatasi AC keluar air adalah sebagai berikut:

  • Masalah AC bocor biasanya disertai gangguan lain, salah satunya yaitu AC jadi tidak dingin.
  • Kebocoran AC pada interior rumah membuat kondisi interior jadi kurang sehat karena terlalu lembap. Selain itu, kebocoran AC juga rentan menyebabkan kerusakan jika air yang menetes mengenai perabot rumah tangga.
  • Kebocoran AC yang tidak lekas diatasi dapat memperparah kerusakan AC.

Beberapa Cara Mengatasi AC Bocor Keluar Air

Anda tak perlu khawatir berlebihan saat menghadapi masalah AC bocor. Lakukan beberapa cara memperbaiki AC bocor berikut ini agar AC bisa kembali beroperasi secara normal:

1. Mencuci AC

Melakukan proses pencucian AC sesegera mungkin ketika mulai ada air yang menetes dari AC. Jika nantinya Anda sudah terbebas dari masalah AC bocor, proses mencuci AC harus tetap dilakukan secara rutin setiap 3 hingga 4 bulan sekali. Mencuci AC secara teratur sangat penting untuk menjaga kebersihan AC sekaligus merawat seluruh komponen yang terdapat di dalamnya.

2. Memperbaiki posisi AC

Memperbaiki posisi AC jika kebocoran disebabkan oleh letak AC yang kurang tepat. Kemiringan AC harus diatur sedemikian rupa supaya air bisa mengalir lancar melalui saluran pembuangan.

3. Mengganti komponen yang rusak

Mengganti komponen AC yang rusak dengan komponen baru agar fungsi AC kembali seperti sedia kala. Kalau saat ini Anda sedang mengalami masalah kerusakan AC yang lebih parah dari sekadar bocor, mungkin sudah waktunya mengganti AC dengan produk baru yang lebih berkualitas.

Sebagai rekomendasi terbaik, Anda bisa memilih AC Inverter AQA-KCRV6WP dari Aqua Japan yang siap menjadi solusinya. Varian AC ½ PK ini dilengkapi berbagai fitur unggulan sebagai berikut:

  • Eco Mode: 4 mode penggunaan energi yang dapat mengontrol penggunaan daya hingga 40% atau 160 watt untuk ½ pk.
  • Aqua Fresh: teknologi yang mampu membekukan evaporator dan kotoran yang menempel. Tenaga ekspansi dan hembusan kipas akan membuat kotoran hilang melalui kondensasi air es sehingga menghasilkan udara yang bersih bebas virus dan bakteri.
  • Inverter Plus: dapat mengontrol perubahan suhu secara presisi dengan penghematan listrik hingga 63%.
  • Anti Corrosion: tembaga murni berlapis blue fin untuk evaporator dan kondensor yang dapat mencegah timbulnya karat pada unit indoor maupun outdoor.
  • Hyper PCB: Papan sirkuit lolos uji ketahanan yang berat dan terbukti andal, mampu bertahan hingga 10 tahun dengan pemakaian normal.
  • Big Blade: desain kipas blower lebih Panjang dan besar sehingga mampu menghembuskan udara hingga 12 meter.

Setelah mengenal berbagai kelebihan AC Inverter AQA-KCRV6WP dari Aqua Japan, Anda tentu tak perlu ragu memilihnya demi menghadirkan kualitas udara yang lebih baik untuk ruangan Anda. Menjalani rutinitas harian jadi semakin nyaman dengan dukungan produk AC terbaik persembahan Aqua Japan.

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003