Mengenal Fitur Self Clean pada AC, Cara Kerja & Fungsinya

perempuan di bawah AC

Tahukah Anda, jika AC di rumah Anda bisa membersihkan dirinya sendiri dalam waktu beberapa puluh menit saja? Air Conditioner atau AC adalah salah satu perangkat elektronik rumah tangga yang wajib dicuci secara berkala setidaknya 3 bulan sekali sesuai dengan kebutuhan. Tujuannya adalah supaya alat elektronik ini bisa terus memancarkan udara dingin yang sehat.

Tapi, tahukah Anda jika saat ini beberapa jenis AC sudah dilengkapi dengan teknologi self clean atau auto clean? Fitur ini berguna untuk membersihkan AC dari kuman dan mikroorganisme lainnya yang tumbuh di dalam alat elektronik ini. Penasaran bagaimana cara kerjanya? Yuk simak selengkapnya berikut ini:

Fitur Self Clean pada AC

Fitur self clean adalah fitur dalam sebuah air conditioner yang ditujukan untuk membuat AC membersihkan diri secara otomatis. Dengan fitur ini, udara yang dihasilkan oleh alat elektronik tersebut menjadi lebih bersih dan sehat.

Fitur self clean pada AC juga bermanfaat bagi Anda yang tidak memiliki waktu dan sumber daya yang cukup untuk membersihkan alat elektronik ini secara mandiri atau menggunakan jasa tukang terlalu sering. Namun demikian, pastikan Anda sesekali untuk membersihkan AC secara mandiri juga, khususnya jika Anda adalah seorang perokok, sebab tidak jarang AC yang ditempatkan di ruangan khusus maupun digunakan oleh orang-orang tertentu membutuhkan perawatan khusus juga.

Cara Kerja Fitur Self Clean pada AC

Cara kerja fitur self clean ini terbilang mudah. Anda tinggal pencet tombol auto fresh di remot AC Anda. Setelah itu, AC perlahan-lahan akan menutup dan menghentikan proses pendinginan.

Selanjutnya, evaporator akan dibekukan menjadi es selama kurang lebih 10 sampai 15 menit.Setelah evaporator membeku, kipas akan berputar untuk mencairkan es evaporator tersebut. Air hasil pencairan es evaporator akan dikeluarkan dan terbuang bersama kotoran melalui saluran pembuangan dalam bentuk gas. Proses pembersihan menggunakan fitur self clean ini umumnya memakan waktu 15-20 menit dan selama waktu tersebut, AC tidak dapat digunakan untuk mendinginkan ruangan. Baru setelah proses pembersihan selesai, AC akan kembali seperti semula.

Proses self clean ini dapat Anda lakukan setiap hari atau setidaknya seminggu sekali untuk menjaga agar udara di rumah Anda tetap sehat. AQA-KCR5VRAL juga dilengkapi dengan fitur Nano silver ion anti-virus material di permukaan evaporator yang dapat efektif dapat menghambat pertumbuhan mikroorganisme dan membunuhnya. Fitur ini dapat Anda gunakan setidaknya 2 sampai 3 minggu sekali.

Fungsi Fitur Self Clean pada AC

1. Membersihkan AC dari mikroorganisme berbahaya

Ada banyak penyakit yang bisa menular lewat udara, seperti flu dan batuk. Penyakit-penyakit seperti ini umumnya disebabkan oleh virus, bakteri dan kuman yang beranak pinak dan bertransformasi di udara. Dengan menggunakan AC yang dilengkapi dengan fitur self clean, udara yang dihasilkan dari mesin pendingin ruangan ini bisa jadi lebih segar dan sehat.

2. Membersihkan AC dari polusi

Tidak hanya mikroorganisme, fitur self clean juga bisa membantu membersihkan AC dari polusi udara, seperti PM 2.5. Polusi udara seperti ini banyak ditemukan di perkotaan dan acap kali membuat penduduk udara perkotaan tersebut merasakan batuk, sesak napas atau penyakit ISPA lainnya. Gunakan AC dengan fitur self clean supaya keluarga Anda terhindar dari penyakit pernafasan.

3. Membersihkan AC dari lumut

AC yang kotor dan lembab tidak hanya menjadi tempat yang nyaman untuk pertumbuhan mikroorganisme berbahaya, tetapi juga bisa menjadi tempat lumut tumbuh. Lumut ditambah debu di dalam mesin AC Anda dapat membuat kinerja alat elektronik ini terhambat, sehingga akibatnya, AC jadi tidak dingin.

Debu dan lumut dari dalam AC juga berpotensi membuat alat elektronik ini bekerja lebih keras dibandingkan yang seharusnya. Hal ini bisa berakibat dua hal, yaitu AC menjadi tidak awet dan AC membutuhkan daya listrik yang tinggi. Oleh karena itu, jika Anda ingin AC Anda awet dan tidak gampang rusak, pastikan Anda menggunakan air conditioner yang dilengkapi dengan fitur ini.

4. Membantu pengguna yang tidak sempat membersihkan AC secara mandiri

Anda sibuk kerja? Atau tidak memiliki waktu yang cukup untuk membersihkan AC? Tidak perlu khawatir! Fitur ini dapat membantu Anda membersihkan AC secara rutin. Cukup tekan tombol auto fresh dan tinggalkan alat elektronik tersebut selama 15 sampai 20 menit, maka AC tersebut sudah akan bersih dan segar.

AC yang kotor bisa menimbulkan berbagai komplikasi. Adanya polusi, debu dan mikroorganisme yang menumpuk di alat elektronik ini membuatnya berpotensi menjadi sumber penyebab berbagai penyakit ISPA. Selain itu, debu dan kotoran juga bisa menghambat kinerja pendingin ruangan ini, sehingga ia harus bekerja lebih keras dan menghabiskan lebih banyak listrik.

Namun sayangnya, tidak semua orang memiliki waktu dan sumber daya yang memadai untuk membersihkan alat elektronik ini secara mandiri dan berkala. Untungnya, saat ini sudah banyak AC yang dilengkapi dengan fitur self cleaning atau pembersihan mandiri. Dengan fitur ini, dalam 15-20 menit saja, AC akan bersih dari kotoran, debu dan mikroorganisme berbahaya.

AC-KCR5VRAL

Salah satu AC yang memiliki fitur ini adalah AQA-KCR5VRAL dari AQUA Elektronik. Tidak hanya dilengkapi dengan fitur self clean, AQA-KCR5VRAL juga dilengkapi dengan fitur UV Sterilization yang berfungsi untuk membunuh kuman dan bakteri. Dengan demikian, Anda tidak perlu khawatir ada bakteri dan mikroorganisme lainnya yang bertransportasi di udara di rumah Anda. Gunakan AQA-KCR5VRAL dari Aqua Elektronik untuk udara yang lebih segar dan sehat.

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003