Ciri-ciri Freon AC Bocor: Jangan Dibiarkan!

Pendingin udara atau yang lebih dikenal dengan AC merupakan salah satu terobosan di bidang teknologi yang paling bermanfaat. Kehadiran AC sangat berguna bagi orang yang ingin menyejukkan ruangannya, terutama mereka yang tinggal di daerah beriklim tropis, seperti Indonesia. AC dapat menghasilkan udara dingin karena mengandung freon. Freon adalah elemen penting dalam AC. Tanpa freon, AC tidak bisa mengembuskan udara sejuk yang membuat ruangan nyaman. Anda perlu mengetahui ciri-ciri freon AC bocor berikut ini agar AC di rumah Anda dapat kembali berfungsi dengan normal.

Freon disebut juga refrigerant, yaitu bahan pendingin yang mengandung zat kimia hidrokarbon terfluorinasi. Selain di AC, freon juga digunakan di alat elektronik lain seperti kulkas dan mobil. Freon berfungsi membentuk sirkulasi pendinginan. Jika tidak ada freon, maka AC tidak akan mampu menghasilkan udara dingin.

Waspadai Ciri-ciri Freon AC Bocor

Freon merupakan zat yang berbentuk gas dan umumnya tidak berbau. Itulah sebabnya mengapa freon yang bocor tidak mudah terdeteksi. Pada AC, ciri-ciri freon bocor yang paling mudah diketahui adalah embusan angin AC yang tidak terasa dingin.

Selain itu, berikut merupakan ciri-ciri freon AC bocor yang lainnya.

Bunga es menempel pada pipa AC

Ciri-ciri freon AC bocor yang ini bisa terlihat oleh mata. Jika Anda melihat ada bunga es pada pipa AC saat AC dinyalakan, kemungkinan besar freon AC Anda mengalami kebocoran. Kebocoran ini biasanya dibarengi dengan adanya tetesan air dari unit AC indoor.

AC mengeluarkan udara panas

Bila freon AC bocor atau sudah habis, AC tidak hanya mengembuskan udara yang tidak dingin, tetapi juga menghasilkan udara yang terasa hangat atau bahkan panas. Bila hal ini terjadi, Anda perlu segera memanggil teknisi untuk memeriksa AC.

Ada suara mendesis saat AC dinyalakan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, freon merupakan gas yang tidak berwujud dan tidak berbau sehingga agak sulit untuk bisa langsung mengetahui kebocorannya tanpa memeriksa detail-detail kecil. Salah satu ciri-ciri freon AC bocor yaitu ketika Anda mendengar ada suara mendesis kecil setiap kali AC dinyalakan. Jika suara tersebut memang berasal dari AC, maka jangan diabaikan. Segera periksa kondisi freon pada AC Anda.

Lampu indikator AC berkedip

Pada beberapa AC, lampu indikator yang berkedip menandakan ada komponen AC yang bermasalah. Salah satunya masalah tersebut bisa jadi berasal dari kadar freon yang sudah rendah, baik itu karena mengalami kebocoran atau memang sudah habis.

Ada kerusakan pada AC

Kerusakan AC bisa terjadi karena berbagai hal. Namun, sebagai perangkat elektronik yang tergolong memiliki umur panjang, AC yang rusak biasanya disebabkan karena umurnya yang sudah tua. Jika hal ini yang terjadi, sebaiknya Anda mengganti AC dengan yang baru.

Kenali Penyebab Freon AC Bocor

Freon AC yang bocor bisa berbahaya bagi kesehatan. Jika terhirup, gas freon yang bocor bisa menimbulkan gejala pusing atau sakit kepala, mual atau mabuk, batuk, dan iritasi pada mata, telinga dan tenggorokan.

Selain itu, keracunan freon pada tahap yang berat akan menimbulkan gejala yang lebih parah, di antaranya kejang, muntah darah, sesak napas, penurunan kesadaran, dan perdarahan atau penumpukan cairan di paru-paru. Namun masalahnya, freon AC yang bocor sulit dideteksi karena freon berbentuk gas dan tidak berbau.

Di sinilah pentingnya bagi Anda untuk memahami ciri-ciri freon AC bocor. Jadi, jika AC di rumah tiba-tiba terasa tidak dingin, Anda patut curiga bahwa ada masalah pada freon AC. Segera panggil teknisi untuk memeriksa kondisi unit AC maupun freon.

Berikut beberapa hal yang bisa menyebabkan freon AC bocor.

Saluran pembuangan tersumbat

Penyebab saluran pembuangan tersumbat ada bermacam-macam, mulai dari penumpukan debu, kotoran, benda asing atau bahkan serangga yang masuk ke dalam saluran pembuangan. Jika sumbatan ini tidak segera diatasi, bisa terjadi penyumbatan pada bagian dalam sehingga freon AC jadi bocor karena terlalu lama tertekan.

Sambungan pipa instalasi tidak tepat

Posisi pemasangan pipa yang benar adalah sedikit condong ke arah belakang dan menghadap keluar. Pemasangan seperti ini bertujuan agar proses eliminasi air di saluran pembuangan bisa berjalan lancar. Bila pemasangan pipa ini tidak tepat, freon bisa bocor dan cepat habis.

Pipa pendingin sudah tidak layak pakai

Pipa pendingin berfungsi menghubungkan unit AC indoor dan outdoor. Jika pipa pendingin bermasalah, seperti retak atau pecah, freon bisa mengalami kebocoran.

Ada keretakan di flaring

Unit AC dihubungkan dengan pipa instalasi menggunakan baut (neple). Supaya sambungan ini sempurna, pipa perlu di-flaring terlebih dahulu. Namun, kadang proses flaring tidak sempurna sehingga timbul keretakan atau pecah-pecah. Salah satu akibatnya yaitu freon mengalami kebocoran.

Udara Sejuk dari AC Inverter AQA-KCRV9WG yang Ramah Lingkungan

AC Inverter AQA-KCRV9WG persembahan dari AQUA Elektronik memiliki keunggulan teknologi Inverter+ yang mampu menghemat energi hingga 60% dan juga 43% lebih cepat dingin. Teknologi Inverter+ terdiri dari tiga teknologi, yaitu TLFM, Kontrol PID, dan A-PAM sehingga dapat menghemat energi hingga 63%.

AC ini juga dilengkapi teknologi Aqua Fresh yang mampu membekukan evaporator dan kotoran yang menempel. Dengan tenaga ekspansi dan embusan kipas, semua kotoran dapat hilang melalui kondensasi air es sehingga menghasilkan udara yang bersih dan bebas dari virus dan bakteri.

AC ini juga dilengkapi dengan fitur Big Blade, yaitu desain kipas blower yang lebih besar dan panjang sehingga mampu mengembuskan udara sejauh 12 meter.

Dengan program kontrol yang dirancang khusus, motor berputar pada frekuensi yang lebih tinggi sehingga AC mampu mendinginkan seluruh ruangan dalam waktu yang singkat.

Bagi Anda yang mencari AC yang ramah lingkungan, AC Inverter AQA-KCRV9WG dari AQUA Elektronik ini adalah pilihan yang tepat. Tidak hanya menghadirkan kesejukan di rumah Anda, AC ini juga ramah lingkungan karena telah menggunakan freon R32, yaitu jenis freon yang ramah lingkungan.

Segera miliki AC ramah lingkungan di rumah! Kunjungi Official Store AQUA Elektronik untuk mengetahui informasi lebih detail tentang AC ini.

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003