AC Tidak Dingin? Berikut Penyebab dan 5 Cara Mengatasinya

AC dan remote AC

Memasang air conditioner (AC) di rumah memang solusi yang jitu untuk mendapatkan kesejukan. Saat cuaca sedang terik, jika di rumah ada AC, Anda dan keluarga dapat tetap nyaman dan tidak kepanasan. Namun, kalau AC tidak dingin, suasana di dalam rumah tentu jadi gerah dan tidak sejuk.

Bila AC tiba-tiba tidak dingin, penghuni rumah tentu akan terganggu. Bagaimana tidak, udara di dalam rumah yang biasanya terasa sejuk, kini malah menjadi pengap atau bahkan panas gara-gara AC bermasalah. Hilangnya kesejukan di dalam rumah bisa membuat Anda menjadi tidak nyaman dan susah untuk berkonsentrasi. Akibatnya, mengerjakan aktivitas menjadi tidak nyaman, apalagi jika Anda sehari-hari bekerja dari rumah atau WFH (work from home). AC tidak dingin bisa membuat Anda menjadi tidak produktif dalam bekerja.

Memahami Fungsi Dasar AC

Alasan utama memiliki AC umumnya untuk memperoleh udara sejuk di dalam rumah. Meski begitu, sebenarnya fungsi dasar AC bukan sekadar untuk mendinginkan ruangan. AC memiliki fungsi-fungsi penting lain seperti sebagai pengatur suhu ruangan, pengatur tingkat kelembapan udara, serta penyaring kualitas udara. Yuk, simak penjelasannya!

1. Pengatur suhu udara

Fungsi pengatur suhu udara ini berfungsi untuk mengatur suhu AC supaya dingin, tergantung kebutuhan pengguna. Pada remote AC terdapat tombol untuk menaikkan dan menurunkan suhu udara. Anda dapat menentukan sendiri suhu yang ingin dicapai oleh AC. Setelah AC mencapai suhu yang diinginkan, biasanya kerja AC akan menjadi lebih ringan. Semakin rendah suhu yang Anda pilih, maka udara di dalam ruangan akan terasa semakin dingin.

2. Pengatur kelembapan udara

AC juga dapat berfungsi sebagai humidifier untuk menambah atau mengurangi tingkat kelembapan udara di dalam ruangan. Untuk mendapatkan pendinginan yang maksimal dengan tingkat kelembapan tinggi, Anda cukup gunakan mode “cool” pada AC. Namun, jika Anda ingin merasakan kesejukan dengan tingkat kelembapan minim, cukup gunakan mode “dry”. Mode ini akan menyerap kelembapan udara yang berlebih yang membuat ruangan terasa pengap.

3. Pengatur kebersihan dan kualitas udara

Pada AC terdapat komponen filter yang berfungsi menyaring berbagai macam parasit, debu, dan kotoran. Dengan begitu, udara yang diembuskan oleh AC bukan hanya dingin, tetapi juga lebih bersih. Namun, Anda juga harus rajin membersihkan filter AC supaya tidak ada kotoran atau debu yang menumpuk di filter maupun di AC agar kualitas kesejukan yang dihasilkan AC tidak menurun.

7 Penyebab AC Tidak Dingin dan Cara Mengatasinya

Kalau Anda sering menyalakan AC di rumah, Anda pasti bisa merasakan saat AC tiba-tiba tidak dingin. Ada perbedaan kesejukan yang dihasilkan oleh AC yang berfungsi dengan optimal dengan AC yang bermasalah.

Bila AC tiba-tiba tidak dingin, yang dikeluarkan hanya angin dan bukan udara dingin. Selain itu, jika AC kehilangan kemampuan untuk mendinginkan ruangan, Anda jadi kepanasan dan berkeringat. Anda mungkin akan melakukan kegiatan sambil mengipasi bagian atas tubuh untuk mendapatkan kesegaran.

Bila Anda merasa AC tidak dingin lagi, segera cek unitnya. Cari tahu penyebab AC tidak dingin agar AC dapat segera diperbaiki. Penyebab AC tidak dingin bisa berasal dari unit indoor maupun outdoor. Jadi, Anda perlu memeriksa keduanya.

Teradang, penyebab AC tidak dingin bahkan bukan pada unitnya. Yuk, cari tahu hal-hal yang bisa menyebabkan AC tidak dingin sekaligus cara memperbaikinya agar AC kembali menghasilkan kesejukan di dalam ruangan.

1. Filter kotor

Filter berfungsi menyaring kotoran dan debu. Jika filter jarang dibersihkan, kotoran akan menumpuk hingga menutupi filter. Akibatnya, aliran udara dingin terhambat dan tidak bisa keluar secara optimal. Udara yang keluar melewati filter kotor pun kualitasnya sudah kurang baik dan dapat membahayakan kesehatan penghuni rumah.

Cara mengatasi AC tidak dingin ketika terjadi masalah pada filter adalah dengan membersihkan filter secara rutin, minimal sebulan sekali. Selain bertujuan supaya AC dapat mengeluarkan udara yang dingin, langkah ini juga penting untuk menjaga kualitas udara yang dihasilkan AC agar tetap bersih.

2. Kondensor kotor

Kondensor AC terletak di unit outdoor. Komponen ini berfungsi memanaskan gas refrigerant (freon) pada suhu tertentu. Salah satu penyebab AC tidak dingin bisa jadi karena kondensor yang kotor. Jika Anda menemukan kondensor AC kotor, proses pendinginan udara jadi tidak maksimal.

Cara mengatasi AC tidak dingin jika kondensor kotor adalah dengan membersihkan kondensor secara rutin. Anda bisa melakukannya sendiri tanpa perlu memanggil jasa servis AC. Caranya, gunakan sabun dan air untuk menghilangkan kotoran. Anda juga bisa menyemprot kondensor dengan air dari selang dengan arus yang pelan untuk meluruhkan kotoran yang menempel. Selain itu, pastikan kondensor tidak terletak di tempat yang terdapat banyak tanaman hias dan ranting pohon agar tidak mudah kotor atau tertutupi.

3. Refrigerant habis atau bocor

Refrigerant, atau sering juga disebut freon adalah gas yang diperlukan dalam proses pendinginan. Refrigerant mengandung zat klorin, hidrogen, dan bromin yang bisa membuat AC mengeluarkan udara dingin. Jika refrigerant pada AC Anda habis atau bocor, udara yang dihasilkan AC jadi tidak dingin. Ciri-ciri refrigerant habis yaitu terjadi pembekuan es pada pipa AC, ada kebocoran pada AC, dan timbul suara mendesis yang disebabkan oleh kebocoran itu sendiri.

Refrigerant yang habis atau bocor bisa membahayakan kesehatan penghuni rumah. Jika sampai terhirup, kebocoran refrigerant bisa menyebabkan gangguan pernapasan. Bila Anda merasa refrigerant habis atau bocor, segera panggil tukang servis AC untuk memperbaiki kebocorannya dan mengisinya kembali.

4. Keliru mengatur termostat

Untuk mendapatkan kesejukan, Anda harus mengatur suhu AC dengan tepat. Hal ini harus disesuaikan dengan suhu ruangan. Misalnya, jika suhu ruangan 24 derajat Celsius, maka suhu AC jangan di atas 24 derajat Celsius. Jika suhu AC di atas suhu ruangan, maka suhu ruangan tidak akan menjadi sejuk.

Cara mengatasi AC tidak dingin yang disebabkan oleh kekeliruan dalam mengatur termostat adalah dengan mengatur suhu AC menjadi di bawah suhu ruangan. Misalnya, jika suhu ruangan sebesar 23 derajat Celsius, Anda bisa mencoba mengatur suhu AC pada angka 20 derajat Celsius atau lebih rendah lagi. Strategi lain yang bisa Anda coba untuk mengatasi masalah AC tidak dingin adalah dengan memilih mode “cool” pada remote AC.

5. Kondisi ruangan

Faktor lain yang bisa jadi penyebab AC tidak dingin adalah kondisi ruangan. Lebih tepatnya, kondisi ruangan yang suhunya mudah naik. Contohnya, ruangan mudah panas karena sehari-hari terpapar sinar matahari langsung. Salah satu penyebabnya yaitu jika jendela ruangan memiliki ukuran yang besar. Selain itu, dinding ruangan terbuat dari campuran semen dan pasir sehingga mudah menyerap panas. Suhu dingin dari AC pun jadi tidak terasa maksimal karena suhu ruangan itu sendiri selalu panas.

Jika ruangan memiliki jendela besar yang membuat sinar matahari yang masuk mendominasi suhu ruangan, coba siasati kondisi ini dengan cara berikut ini. Anda bisa memasang tirai khusus untuk meredam teriknya sinar matahari yang memasuki ruangan. Dengan begitu, ruangan bisa tetap terang berkat cahaya alami, tetapi suhunya juga tetap sejuk karena AC bisa menghasilkan udara dingin secara maksimal.

Cara lain untuk mengatasi AC tidak dingin adalah dengan mengecat dinding ruangan dengan warna-warna yang bisa menghadirkan kesan sejuk, seperti hijau, biru telur bebek, ice blue, putih, abu-abu, dan ungu muda.

6. Ukuran AC tidak sesuai dengan luas ruangan

Bila ternyata unit indoor maupun outdoor tidak bermasalah, kemungkinan hal ini yang menjadi penyebab AC tidak dingin. Bila kapasitas AC kecil, tapi ukuran ruangan cukup besar, suhu dingin tidak akan terasa di seluruh ruangan.

Jika ini merupakan penyebab AC tidak dingin di rumah Anda, maka cara mengatasinya yaitu dengan memasang AC dengan kapasitas yang sesuai dengan ukuran ruangan. Untuk ruangan berukuran 3 meter x 3 meter, ukuran AC yang pas adalah ½ PK. Untuk ruangan ukuran 3 meter x 6 meter, sebaiknya pasang AC ukuran 1 PK, sedangkan ruangan 6 meter x 6 meter perlu AC ukuran 2 PK.

Pintu atau jendela sering terbuka

Penyebab AC tidak dingin tidak selalu berasal dari unit atau mesin AC. Bisa jadi, AC tiba-tiba tidak dingin karena jendela atau pintu di ruangan atau rumah yang terlalu sering terbuka. Hal ini sering terjadi tanpa disadari oleh penghuni rumah. Jika keenam penyebab AC tidak dingin di atas tidak Anda temukan, maka hal ini bisa jadi penyebabnya Jika ada AC yang terpasang di rumah Anda, pastikan jendela dan pintu ruangan tertutup agar kesejukan yang dihasilkan oleh AC bisa maksimal.

AC Standard AQA-KCR12ANS Hadirkan Udara Dingin 5 Menit Setelah Dinyalakan

Saat cuaca sedang panas terik, menyalakan AC menjadi solusi jitu untuk mendapatkan kesejukan di dalam ruangan. Idealnya, setelah menyalakan AC, kesejukan bisa langsung dirasakan tanpa perlu menunggu lama.

Tahukah Anda? Ada AC yang bisa menghadirkan udara dingin dalam waktu hanya 5 menit saja setelah dinyalakan. AC tersebut adalah AC Standard AQA-KCR12ANS persembahan dari AQUA Elektronik.

AC Standard AQA-KCR12ANS dapat membuat ruangan sejuk secara cepat karena dilengkapi fitur Turbo Cooling. Fitur ini memungkinkan AC dapat mencapai level suhu yang Anda pilih hanya dalam waktu kurang lebih 5 menit.

Selain itu, AC Standard AQA-KCR12ANS juga memiliki fitur Powerful Cooling yang membuat kinerja pendinginan meningkat 10% dengan pengaturan kecepatan kipas turbo dalam kondisi kerja yang stabil di ruangan. Selain itu, desain kipas blower yang lebih panjang dan besar mampu mengembuskan udara sejauh 12 meter. Hasilnya, kesejukan di dalam ruangan dapat Anda nikmati dengan maksimal. Pengaturan AC agar menghasilkan udara dingin menjadi sangat mudah dengan AC ini.

Dengan berbagai kelebihan itu, apakah AC Standard AQA-KCR12ANS membutuhkan daya listrik yang besar untuk beroperasi? Ternyata tidak. AC ini memiliki fitur High EER yang membuat konsumsi listrik jadi hemat. Hal ini dibuktikan dengan rasio efisiensi energi berlabel bintang 4. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika AC dengan material antikarat dan desain menawan ini banyak diminati.

Jangan sampai kehabisan! Miliki AC persembahan AQUA Elektronik dan hindari masalah AC tidak dingin. Ayo, kunjungi Official Store AQUA Elektronik sekarang juga untuk mendapatkan AC Standard AQA-KCR12ANS.

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003