Ingin Servis AC Rumah? Ketahui Dulu Permasalahan pada AC

Sama seperti perangkat elektronik lainnya, AC juga memiliki masa hidup. Tergolong sebagai perangkat elektronik dengan masa hidup yang lama, masalah bisa saja muncul pada AC di rumah Anda. Ketahui berbagai permasalahan yang biasa ditemukan pada AC berikut ini. Jika masalahnya bisa Anda atasi sendiri, maka Anda tidak perlu merogoh kocek untuk memanggil jasa servis AC ke rumah. Berikut berbagai masalah pada AC di rumah yang biasa terjadi.

AC Tidak Dingin

Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan udara yang dikeluarkan AC menjadi tidak dingin. Beberapa di antaranya yaitu daya kerja AC yang tidak sesuai dengan luas ruangan, pengaturan remote AC yang tidak sesuai, hingga kondisi ruangan yang sering terpapar sinar matahari. Jika salah satu dari tiga penyebab tersebut terjadi pada AC Anda, maka jangan dulu buru-buru memanggil jasa servis AC.

AC Panas

Jika udara yang dikeluarkan AC terasa panas, kemungkinan besar kompresor AC kepanasan atau overheat. Penyebabnya bisa karena ada komponen AC yang rusak, seperti bocornya sistem AC, atau tekanan pada freon yang terlalu tinggi.

AC Mati

AC mendadak tidak bisa dinyalakan? Kemungkinan ada komponen AC yang rusak. Masalah AC mati biasanya terjadi saat AC sudah lama tidak dinyalakan. Untuk masalah yang satu ini, Anda juga sebaiknya memanggil jasa servis AC.

AC Bocor

Masalah ini sangat mengganggu karena ada air yang menetes dari AC. Biasanya, hal ini berhubungan dengan adanya kebocoran pada pemasangan rangkaian jalur gas freon yang diselimuti oleh pipa sanitasi. Freon yang bocor bisa membahayakan kesehatan, seperti iritasi pada mata, hidung, lidah, tenggorokan, dan lain-lain. Bila Anda curiga freon bocor, segera panggil teknisi servis AC ke rumah Anda.

AC Mengeluarkan Bau Tak Sedap

Angin yang dikeluarkan oleh AC berbau tak sedap? Hal tersebut rupanya dapat terjadi. Biasanya, hal ini disebabkan oleh adanya bangkai binatang kecil yang mati di dalam AC. Anda bisa membuka penutup AC untuk mengecek apakah ada bangkai binatang di dalamnya atau menempel pada filter AC.

Eembusan Angin AC Lemah

Masalah ini bisa disebabkan oleh saluran duct yang bocor, penyumbatan ventilasi, dan tingkat refrigeran yang rendah.

Filter AC Kotor

Filter AC yang tersumbat dapat membatasi aliran udara dan menurunkan efisiensi sistem AC. Filter yang kotor juga mengurangi kemampuan sistem untuk mendinginkan udara secara efektif.

Bunyi AC Tidak Normal

Saat dinyalakan, AC memang mengeluarkan suara. Namun, suara yang dihasilkan tersebut biasanya terdengar halus dan tidak bising. Jika suara AC terdengar aneh dan keras, bisa jadi ada masalah pada AC. Masalah tersebut dapat berasal dari kompresor atau motor yang mengalami kerusakan. Bisa juga ada sesuatu yang menyangkut pada kipas AC ataupun masalah pada kapasitor.

Kompresor Bermasalah

Kompresor merupakan komponen penting AC yang membantu refrigerant melakukan pertukaran panas dan mengatur tekanan AC. Koil yang kotor, perubahan level refrigerant, dan kurangnya pelumasan dapat menyebabkan kegagalan kompresor AC.

Jika refrigerant kurang, kompresor akan menjadi panas dan berhenti bekerja. Namun, refrigerant yang berlebihan juga bisa menyebabkan peningkatan tekanan dalam sistem yang juga dapat menyebabkan kegagalan pada kompresor.

Pentingnya Melakukan Servis AC Rumah Secara Berkala

Supaya AC di rumah terus awet dan dapat berfungsi dengan baik, maka perawatannya pun harus dilakukan secara berkala. Ini adalah tips merawat AC yang penting untuk diingat. Setidaknya, AC dapat terus mengeluarkan udara sejuk dan bersih sehingga membuat kualitas udara di dalam ruangan terjaga dengan baik.

Ada kalanya Anda perlu melakukan servis AC untuk memastikan fungsi AC tetap optimal. Selain itu, berikut manfaat dari melakukan servis AC rumah secara berkala.

  • Memastikan AC berfungsi dengan baik
  • Meningkatkan kinerja AC
  • Mengatasi masalah pada AC

Jika AC tidak pernah dibersihkan atau diservis secara berkala, kotoran dan debu bisa menumpuk di dalamnya, termasuk pada komponen-komponen penting seperti filter udara dan kondensor. Jika hal ini tidak diatasi, kinerja AC dapat berkurang. Namun, tahukah Anda, kapan AC harus diservis?

Idealnya, jika AC tidak menampakkan masalah khusus, AC dapat diservis sekali dalam setahun. Tujuannya yaitu untuk memeriksa apakah komponen-komponen AC masih layak pakai dan AC masih dapat berfungsi dengan baik atau mulai menunjukkan masalah-masalah. Namun, jika AC memang sering bermasalah, frekuensi servis AC rumah bisa bertambah menjadi lebih dari sekali dalam setahun.

AC Standard AQA-KCR18ANS Hadirkan Kesegaran Udara di Rumah

Untuk produk AC unggulan, pilih AC Standard AQA-KCR18ANS persembahan dari AQUA Elektronik yang dilengkapi fitur Fast Cool yang bisa membuat AC mencapai suhu yang diinginkan lebih cepat, yaitu dalam 5 menit saja! AC ini juga dilengkapi dengan kipas blower yang lebih panjang dan besar sehingga mampu mengembuskan udara yang kuat dengan jarak yang jauh. Kinerja pendinginan lebih baik juga meningkat 10% dengan pengaturan kipas turbo dalam kondisi kerja yang stabil di ruangan (dibandingkan dengan model sebelumnya).

Dengan fitur Wide Voltage, pendingin ruangan ini mampu bekerja optimal dan stabil di tegangan 160V–242V sehingga menghasilkan kapasitas pendinginan yang lebih cepat dan nyaman.

Tunggu apa lagi? Segera miliki AC Standard AQA-KCR18ANS untuk menghadirkan kesegaran udara di dalam rumah.

Kunjungi Official Store AQUA Elektronik untuk mengetahui info detail tentang AC Standard AQA-KCR18ANS beserta harga dan lokasi pembeliannya.

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003