8 Penyebab Pengering Mesin Cuci Tidak Berputar & Cara Mengatasinya

mesin cuci

Pengering mesin cuci yang tidak berputar memang bisa jadi salah satu tanda mesin cuci rusak. Namun, jika mengalami hal ini, Anda tidak perlu panik sebab masalah tersebut masih bisa diperbaiki oleh teknisi yang tepat. Sebagai informasi, yuk kenali berbagai penyebabnya agar bisa menentukan cara memperbaiki pengering mesin cuci tidak berputar yang tepat atau sebagai langkah pencegahan.

Penyebab Pengering Mesin Cuci Tidak Berputar

Sebenarnya, kerusakan pengering adalah masalah yang lazim terjadi pada mesin cuci dua tabung. Sebelum mengetahui cara memperbaikinya, kenali dulu beberapa penyebabnya di bawah ini

1. Kabel putus

Salah satu penyebab utamanya adalah kabel yang terputus. Biasanya, masalah ini kerap terjadi akibat gigitan tikus atau kebiasaan menarik kabel kuat-kuat saat menempel di stop kontak.

2. Kapasitor terbakar

Selain karena kabel putus, Anda juga bisa mencoba memeriksa kapasitor mesin cuci jika pengeringnya tidak berputar karena dapat berimbas pada kinerjanya, bahkan dapat membuatnya tidak berfungsi lagi. Biasanya kapasitor mengalami penurunan fungsi seiring dengan bertambahnya usia mesin cuci disertai penggunaan pengering secara terus-menerus.

3. Timer rusak: komponen pegas timer

Adapun penyebab lainnya, yaitu terdapat kerusakan pegas yang biasanya diakibatkan kondisi aus karena sudah lama digunakan atau gangguan serangga seperti semut dan kecoa.

4. Tali rem putus

Selain kabel listrik, tali rem yang putus juga sangat berpengaruh. Komponen rem berfungsi membuat dinamo berputar atau berhenti secara konstan sewaktu pintunya dibuka. Bila tali rem putus, maka dinamo akan menghentikan putaran pengering sehingga membuatnya tidak bisa bekerja sama sekali.

5. Dinamo mesin rusak

Komponen lainnya yang berkaitan dengan kinerja pengering mesin cuci adalah dinamo mesin. Kondisi dinamo mesin yang terbakar atau rusak pasti membuat tidak berputar. Nah, untuk mengatasi dinamo mesin cuci yang rusak, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan, di antaranya seperti:

  • Memperbaiki atau mengganti dinamo dan atau komponen pendukung yang mulai rusak.
  • Menyambungkan komponen kabel di sekitar dinamo yang terpisah atau putus.

6. Door switch

Saklar pintu (door switch) adalah komponen yang paling rentan rusak ketika terkena air. Air yang mengenai sensor door switch akan membuatnya rusak sehingga pengering pun gagal berputar.

7. Tenaga kapasitor melemah

Sama seperti komponen lainnya, tenaga kapasitor juga bisa melemah seiring bertambahnya usia pakai mesin cuci yang dapat berimbas secara keseluruhan, termasuk pada rotasi pengeringnya.

8. Beban pakaian berlebihan

Banyak orang tidak menyadari kalau beban pakaian berlebihan juga dapat membuat pengering tidak berputar. Jadi, alangkah lebih baik bila Anda mencari tahu kapasitas maksimalnya supaya bisa menggunakannya secara optimal.

Cara Memperbaiki Pengering Mesin Cuci yang Tidak Berputar

Pengetahuan di bidang kelistrikan bisa menjadi modal yang memadai untuk memperbaiki kerusakan pengering mesin cuci secara mandiri di rumah. Anda bisa mempraktikkan cara memperbaiki mesin cuci pengering tidak berputar berikut ini agar kembali berfungsi normal:

  • Matikan mesin cuci lalu cabut kabel listriknya dari stopkontak.
  • Letakkan kain bertekstur lembut dan tebal pada bagian samping mesin cuci sebagai alas ketika mesin tersebut direbahkan. Periksa setiap komponen secara cermat, seperti kapasitor, tali rem, door switch, dinamo, dan timer.
  • Jika sudah menemukan penyebab kerusakan, Anda bisa segera mengganti komponen pengering yang rusak dengan komponen baru.
  • Sebelum menyudahi proses perbaikan, luangkan waktu untuk membersihkan saluran pembuangan air terlebih dahulu. Lepaskan pengunci pada saluran pembuangan kemudian tariklah selang karet pengering yang berwarna hitam. Keluarkan semua kotoran yang menyumbat saluran tersebut. Jika kondisi saluran pembuangan sudah bersih, Anda bisa segera memasangnya kembali.

Nah, berikut adalah langkah-langkah memperbaikinya bisa Anda coba. Namun jika kerusakan tersebut terjadi berlarut-larut hingga menghambat kegiatan, mungkin sudah waktunya Anda membeli mesin cuci baru yang berteknologi canggih.

Selain tips memperbaki pengering mesin cuci di atas, Anda juga bisa membaca insight lebih banyak seputar cara merawat mesin cuci di halaman blog AQUA Elektronik.

Mesin Cuci AQUA Elektronik Indonesia Front Load FQW-120876QD

Membahas seputar mesin cuci baru tentu tak lengkap tanpa menyebut mesin cuci AQUA Elektronik Indonesia front load FQW-120876QD. Tipe mesin cuci bukaan depan berkapasitas 12 liter ini dilengkapi fitur-fitur canggih sebagai berikut:

  • 525 Drum: diameter drum yang luas (525 mm) memberikan kemudahan bagi Anda untuk memasukkan dan mengeluarkan pakaian dalam jumlah banyak. Pakaian tak hanya bersih sempurna tetapi juga bebas kusut dan terlilit sehingga mudah disetrika.
  • Direct Motion Motor: hemat energi hingga 50% dengan motor yang stabil dan tidak berisik.
  • UV Protect: membunuh bakteri hingga 99,9% sehingga ampuh menjaga pakaian Anda dari bakteri berbahaya.
  • Dual Spray: sistem pembersihan otomatis yang diaktifkan pada akhir setiap siklus dengan menyemprotkan air. Fitur ini dapat membantu membersihkan gasket dan jendela sekaligus menghilangkan residu dan kotoran yang mungkin tertinggal.
  • Anti-Bacterial Treatment (ABT): perawatan anti bakteri eksklusif yang lolos uji VDE dan terbukti ampuh menghilangkan 99,99% bakteri dan kuman.
  • Pillow Drum: drum kreatif berbentuk bantal yang dapat merawat kain dan menghindari risiko keausan pakaian. Lubang kecil berdiameter 2,2 mm di antara tonjolan bantal berfungsi mengurangi abrasi dan mendukung perawatan pakaian paling lembut.
  • Drum Light: lampu interior drum yang membuat Anda leluasa mengeluarkan cucian dengan mudah tanpa meninggalkan apa pun di dalam drum.
  • I-time: memungkinkan Anda memilih waktu pencucian hanya dengan satu tombol.

Nantinya, Anda tak akan mengalami masalah saat mencuci pakaian jika sudah memiliki produk dari AQUA Elektronik Indonesia ini. Kemudahan proses mencuci pakaian pasti membuat Anda selalu bersemangat saat mengurus rumah tangga. Mari lengkapi rumah Anda dengan mesin cuci terbaik ini! Dapatkan produknya hanya di official store AQUA Elektronik Indonesia!

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003