Pengering Mesin Cuci Tidak Berputar? Ini Cara Mengatasinya!

mesin cuci

Pengering mesin cuci yang tidak berputar memang bisa jadi salah satu tanda mesin cuci rusak. Namun, jika mengalami hal ini, Anda tidak perlu panik sebab masalah tersebut masih bisa diperbaiki oleh teknisi yang tepat. Sebagai informasi, yuk kenali berbagai penyebabnya agar bisa menentukan cara memperbaiki mesin cuci pengering tidak berputar yang tepat atau sebagai langkah pencegahan.

Berbagai Penyebab Pengering Mesin Cuci Tidak Berputar

Sebenarnya, kerusakan pengering adalah masalah yang lazim terjadi pada mesin cuci dua tabung. Sebelum mengetahui cara memperbaiki mesin cuci 2 tabung pengering tidak berputar, kenali dulu beberapa penyebabnya berikut ini:

1. Kabel putus

salah satu penyebab utama pengering mesin cuci tidak berputar adalah kabel yang terputus. Biasanya, masalah ini kerap terjadi akibat gigitan tikus atau kebiasaan menarik kabel kuat-kuat saat menempel di stopkontak.

2. Kapasitor terbakar

Selain karena kabel putus, Anda juga bisa mencoba memeriksa kapasitor mesin cuci jika pengeringnya tidak berputar. Pasalnya, masalah kapasitor rupanya juga dapat berimbas pada kinerja pengering mesin cuci. Biasanya kapasitor mengalami penurunan fungsi seiring dengan bertambahnya usia mesin cuci disertai penggunaan pengering secara terus-menerus. Performa kapasitor yang kian menurun membuatnya jadi rentan terbakar hingga pengering tidak berfungsi lagi. Kemunculan bunyi berdengung meskipun pengering tidak berputar menjadi salah satu ciri khas yang menandakan kapasitor mesin cuci terbakar.

3. Timer rusak: komponen pegas timer

pengering yang rusak bisa menjadi biang keladi yang menyebabkan pengering tidak berfungsi. Kerusakan pegas biasanya diakibatkan kondisi aus karena sudah lama digunakan atau gangguan serangga seperti semut dan kecoa.

4. Tali rem putus

selain kabel listrik, tali rem yang putus juga sangat mempengaruhi performa pengering mesin cuci. Komponen rem berfungsi membuat dinamo berputar atau berhenti secara konstan sewaktu pintu pengering dibuka. Bila tali rem putus, maka dinamo akan menghentikan putaran pengering sehingga pengering tersebut tidak bisa bekerja sama sekali.

5. Dinamo mesin rusak

komponen lainnya yang berkaitan dengan kinerja pengering mesin cuci adalah dinamo mesin. Kondisi dinamo mesin yang terbakar atau rusak pasti membuat pengering mesin cuci tidak berputar. Nah, untuk mengatasi dinamo mesin cuci yang rusak, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan, di antaranya seperti:

  • Memperbaiki atau mengganti dinamo mesin cuci dan atau komponen pendukung yang mulai rusak.
  • Menyambungkan komponen kabel di sekitar dinamo yang terpisah atau putus sehingga mesin cuci kembali berfungsi normal.

6. Door switch

saklar pintu (door switch) adalah komponen mesin cuci yang paling rentan rusak ketika terkena air. Air yang mengenai sensor door switch akan membuatnya rusak sehingga pengering mesin cuci pun gagal berputar.

7. Tenaga kapasitor melemah

sama seperti komponen lainnya, tenaga kapasitor juga bisa melemah seiring bertambahnya usia pakai mesin cuci. Hal ini berimbas pada performa mesin cuci secara keseluruhan, termasuk rotasi pengering mesin cuci.

8. Beban pakaian berlebihan

banyak orang tidak menyadari kalau beban pakaian berlebihan pada pengering mesin cuci dapat membuatnya tidak berputar. Jadi, alangkah lebih baik bila Anda mencari tahu kapasitas maksimal pengering mesin cuci sehingga bisa menggunakannya secara optimal.

Cara Memperbaiki Pengering Mesin Cuci

Pengetahuan di bidang kelistrikan bisa menjadi modal yang memadai untuk memperbaiki kerusakan pengering mesin cuci secara mandiri di rumah. Anda bisa mempraktikkan cara memperbaiki mesin cuci pengering tidak berputar berikut ini agar mesin cuci kembali berfungsi normal:

  • Matikan mesin cuci lalu cabut kabel listriknya dari stopkontak untuk memastikan bahwa mesin cuci sudah tidak dialiri listrik.
  • Letakkan kain bertekstur lembut dan tebal pada bagian samping mesin cuci sebagai alas ketika mesin tersebut direbahkan. Periksa setiap komponen pengering mesin cuci secara cermat, seperti kapasitor, tali rem, door switch, dinamo, dan timer.
  • Jika sudah menemukan penyebab kerusakan, Anda bisa segera mengganti komponen pengering yang rusak dengan komponen baru.
  • Sebelum menyudahi proses perbaikan mesin cuci, luangkan waktu untuk membersihkan saluran pembuangan air terlebih dahulu. Lepaskan pengunci pada saluran pembuangan kemudian tariklah selang karet pengering yang berwarna hitam. Keluarkan semua kotoran yang menyumbat saluran tersebut. Jika kondisi saluran pembuangan sudah bersih, Anda bisa segera memasangnya kembali.

Nah, berikut adalah langkah-langkah memperbaiki pengering mesin cuci yang bisa Anda coba. Namun jika kerusakan mesin cuci terjadi berlarut-larut hingga menghambat kegiatan, mungkin sudah waktunya Anda membeli mesin cuci baru yang berteknologi canggih.

Selain tips memperbaki pengering mesin cuci di atas, Anda juga bisa membaca insight lebih banyak seputar cara merawat mesin cuci di halaman blog AQUA Elektronik.

Mesin Cuci AQUA Elektronik Indonesia Front Load FQW-120876QD

Membahas seputar mesin cuci baru tentu tak lengkap tanpa menyebut mesin cuci AQUA Elektronik Indonesia front load FQW-120876QD. Mesin cuci bukaan depan berkapasitas 12 liter ini dilengkapi fitur-fitur canggih sebagai berikut:

  • 525 Drum: diameter drum yang luas (525 mm) memberikan kemudahan bagi Anda untuk memasukkan dan mengeluarkan pakaian dalam jumlah banyak. Pakaian tak hanya bersih sempurna tetapi juga bebas kusut dan terlilit sehingga mudah disetrika.
  • Direct Motion Motor: hemat energi hingga 50% dengan motor yang stabil dan tidak berisik.
  • UV Protect: membunuh bakteri hingga 99,9% sehingga ampuh menjaga pakaian Anda dari bakteri berbahaya.
  • Dual Spray: sistem pembersihan otomatis yang diaktifkan pada akhir setiap siklus dengan menyemprotkan air. Fitur ini dapat membantu membersihkan gasket dan jendela sekaligus menghilangkan residu dan kotoran yang mungkin tertinggal.
  • Anti-Bacterial Treatment (ABT): perawatan anti bakteri eksklusif yang lolos uji VDE dan terbukti ampuh menghilangkan 99,99% bakteri dan kuman.
  • Pillow Drum: drum kreatif berbentuk bantal yang dapat merawat kain dan menghindari risiko keausan pakaian. Lubang kecil berdiameter 2,2 mm di antara tonjolan bantal berfungsi mengurangi abrasi dan mendukung perawatan pakaian paling lembut.
  • Drum Light: lampu interior drum yang membuat Anda leluasa mengeluarkan cucian dengan mudah tanpa meninggalkan apa pun di dalam drum.
  • I-time: memungkinkan Anda memilih waktu pencucian hanya dengan satu tombol.

Nantinya, Anda tak akan mengalami masalah saat mencuci pakaian jika sudah memiliki mesin cuci front load FQW-120876QD dari AQUA Elektronik Indonesia. Kemudahan proses mencuci pakaian pasti membuat Anda selalu bersemangat saat mengurus rumah tangga. Mari lengkapi rumah Anda dengan mesin cuci terbaik ini! Dapatkan produknya hanya di official store AQUA Elektronik Indonesia!

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003