Apa Bedanya Kulkas Inverter dengan Kulkas Lain?

Kenali fungsi inverter pada kulkas modern agar Anda jadi lebih yakin untuk memilih kulkas inverter.

Lemari pendingin atau kulkas merupakan salah satu perangkat elektronik yang paling populer di tanah air. Mayoritas rumah tangga kalangan ekonomi menengah ke atas pasti memiliki setidaknya satu kulkas. Saat ini, kulkas tak lagi dianggap sebagai barang mewah, melainkan perangkat elektronik yang menjadi salah satu kebutuhan rumah tangga.

Kebutuhan terhadap lemari pendingin juga disertai perkembangan teknologi secara pesat, termasuk penyertaan fungsi inverter pada kulkas. Inovasi tersebut sangat penting sebab data Energy Efficiency and Conservation Cleaning House Indonesia (EECCHI) menyatakan bahwa kulkas termasuk salah satu perangkat elektronik rumah tangga yang paling boros listrik.

Kehadiran teknologi baru yang membuat penggunaan listrik menjadi lebih efisien adalah solusi terbaik untuk mendukung upaya penghematan listrik pada kulkas. Apakah Anda merasa familiar dengan fungsi inverter pada kulkas?

Saat ini, teknologi tersebut semakin populer karena memiliki banyak manfaat dibandingkan teknologi pendingin biasa. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda memahami perbedaan kulkas inverter dengan kulkas lain sebelum menentukan jenis kulkas yang Anda inginkan.

Kenalan Lebih Dekat dengan Fungsi Inverter pada Kulkas

Inverter adalah warisan teknologi hasil kolaborasi Tesla dengan Nikola Tesla dengan petinggi Perusahaan Listrik Westinghouse yang bernama George Westinghouse. Cikal bakal teknologi inverter bersumber dari mayoritas perangkat elektronik rumah tangga yang beroperasi dengan sistem daya Alternating Current (AC) atau arus bolak balik.

Padahal, perangkat elektronik berbasis sistem Direct Current (DC) atau arus searah juga membutuhkan daya listrik dari stopkontak AC.

Kendala tersebut menginspirasi Tesla dan Westinghouse untuk menciptakan teknologi yang mampu mengubah arus listrik DC menjadi AC. Dengan demikian, perangkat elektronik yang menggunakan sistem listrik DC tetap dapat menggunakan listrik AC yang berasal dari stopkontak.

Teknologi pengubah arus listrik searah (DC) menjadi arus listrik bolak balik (AC) itulah yang kini dikenal dengan sebutan inverter. Kini, implementasi teknologi inverter semakin banyak digunakan pada perangkat elektronik rumah tangga, termasuk kulkas.

Cara Kerja Sistem Inverter pada Kulkas

Teknologi kulkas konvensional mengandalkan percepatan perputaran kompresor yang berkisar di angka 1.100 hingga 3.600 rpm. Kompresor akan terus berputar agar kulkas mencapai suhu sesuai dengan pengaturan yang Anda tentukan.

Saat suhu tersebut sudah tercapai, maka kompresor kulkas akan mati secara otomatis. Namun, jika suhu bagian dalam kulkas mulai naik (terutama ketika Anda membuka pintu kulkas), kompresor akan kembali berputar untuk menurunkan suhu.

Berbeda dengan kompresor konvensional yang bisa mati dan hidup secara otomatis (automatic on-off), fungsi inverter pada kulkas justru membuat kompresor selalu aktif. Kecepatan putaran kompresor inverter mampu berubah-ubah sesuai kebutuhan supaya suhu kulkas tetap stabil.

Saat suhu kulkas naik, kompresor inverter akan berputar lebih cepat untuk mendinginkan suhu kulkas begitu pula sebaliknya.

Kompresor kulkas akan menggerakkan motor lalu menghantarkan bahan pendingin (refrigerant). Ketika tekanan dan suhu refrigerant meningkat, maka refrigerant akan mengalir ke arah kompresor.

Zat berwujud gas tersebut akan mengalami kondensasi sehingga kembali ke bentuk cair lalu mengalir menuju pipa kapiler. Tekanan kapilaritas pada pipa kapiler membuat refrigerant naik ke evaporator.

Refrigerant yang sudah berada di evaporator akan kembali menjadi gas yang tekanan dan suhunya sangat rendah. Gas tersebut kemudian membeku lalu berubah jadi butiran-butiran es yang berfungsi mendinginkan kulkas. Proses ini akan berlangsung terus-menerus pada kulkas inverter sehingga kestabilan suhunya tetap terjaga.

Perbedaan Kulkas Inverter dan Kulkas Biasa

Beberapa perbedaan mendasar antara kulkas inverter dan kulkas biasa adalah sebagai berikut:

  • Konsumsi Listrik: rata-rata kulkas inverter dapat menghemat penggunaan listrik hingga 46% dibandingkan kulkas konvensional. Sehingga tagihan listrik pun akan berkurang bila Anda menggunakan kulkas inverter di rumah.
  • Proses Pendinginan: kulkas inverter mengalami proses pendinginan lebih cepat daripada kulkas konvensional. Bahkan, proses pendinginan akan berlangsung jauh lebih cepat bila kulkas dilengkapi teknologi twin inverter.
  • Kestabilan suhu: fungsi inverter pada kulkas juga bermanfaat menjaga kestabilan suhu secara maksimal dibandingkan kulkas konvensional. Lebih hebatnya lagi, perubahan suhu pada kulkas inverter tidak akan melebihi 0,50 C.
  • Manfaat bagi makanan dan minuman: kestabilan suhu yang lebih terjaga membuat kulkas inverter lebih efektif untuk mengawetkan makanan dan minuman. Sebaliknya, makanan dan minuman yang disimpan di kulkas konvensional cenderung lebih mudah basi karena perubahan suhunya sangat fluktuatif, terutama bila Anda sering membuka pintu kulkas dalam waktu lama.
  • Suara: kulkas inverter tidak menimbulkan suara berisik seperti kulkas konvensional karena perputaran kompresor kulkas inverter terbilang lebih stabil. Sebaliknya, kulkas konvensional terasa lebih bising dan suara kompresor terdengar sangat jelas.
  • Harga: mayoritas kulkas inverter dijual dengan harga lebih mahal daripada kulkas konvensional. Namun, biaya yang harus Anda keluarkan untuk membeli kulkas inverter tentu sebanding dengan manfaat yang bisa Anda dapatkan.
  • Garansi: pada umumnya kulkas inverter disertai masa garansi resmi yang lebih lama daripada kulkas konvensional sebab daya tahannya lebih unggul.

Kelebihan Kulkas Inverter Dibandingkan Kulkas Biasa

Prinsip kerja kulkas inverter yang efisien menghasilkan beberapa kelebihan berikut:

  • Hemat energi: konsumsi energi pada kulkas inverter jelas jauh lebih hemat daripada kulkas konvensional karena penyesuaian penggunaan daya dilakukan secara otomatis. Ketika suhu bagian dalam kulkas sedang stabil, maka kompresor akan tetap bekerja pada level terendah dengan tingkat konsumsi energi yang sangat kecil. Sebaliknya, penggunaan daya listrik juga tidak mengalami lonjakan drastis saat kulkas mengalami kenaikan suhu sebab kompresor senantiasa dalam kondisi aktif.
  • Proses pendinginan berlangsung lebih cepat: kelebihan lainnya yang terdapat pada kulkas inverter adalah proses pendinginan yang berlangsung lebih cepat. Jenis kulkas ini mampu menjaga kestabilan suhunya dengan baik sehingga Anda tidak butuh waktu lama untuk mendinginkan makanan dan minuman.
  • Tidak bising: kompresor yang baru menyala dan sedang mulai mendinginkan kulkas biasanya menimbulkan suara bising, tetapi tidak demikian halnya dengan kulkas inverter. Teknologi kulkas ini membuat kompresor selalu aktif dengan perubahan kecepatan yang bertahap sehingga suaranya lebih senyap.
  • Makanan dan minuman jadi lebih awet: kestabilan suhu kulkas inverter yang senantiasa terjaga membuat makanan dan minuman jadi lebih awet. Sebaliknya, perubahan suhu yang berlangsung secara signifikan pada kulkas biasa akan membuat makanan dan minuman rentan basi.
  • Mampu beradaptasi terhadap tegangan listrik yang tidak stabil: tak dapat dipungkiri kalau kondisi tegangan listrik yang kurang stabil sering jadi biang keladi penyebab kerusakan perangkat elektronik di rumah. Namun, kendala ini tak akan terjadi lagi bila Anda menggunakan kulkas inverter. Teknologi kulkas ini mampu beradaptasi terhadap tegangan listrik yang tidak stabil tanpa membuat komponennya cepat rusak. Idealnya, kulkas inverter bisa beroperasi pada rentang tegangan listrik antara 95 volt hingga 220 volt.
  • Lebih ramah lingkungan: konsumsi listrik yang lebih sedikit daripada kulkas konvensional membuat kulkas inverter tergolong perangkat elektronik ramah lingkungan. Upaya penghematan listrik yang Anda lakukan akan berlangsung maksimal bila Anda sudah menggunakan kulkas inverter di rumah.

Tips Memilih Kulkas Inverter

Jika fungsi inverter pada kulkas membuat Anda tertarik untuk membelinya, maka Anda patut mencermati beberapa tips berikut ini sebelum membeli perangkat elektronik tersebut:

  • Pilih kulkas yang kapasitasnya sesuai kebutuhan: hal pertama yang wajib menjadi bahan pertimbangan saat memilih kulkas inverter adalah kapasitas. Pastikan kalau kapasitas kulkas yang Anda pilih sesuai dengan kebutuhan di rumah. Misalnya, Anda membeli kulkas inverter berukuran besar jika sering menyimpan banyak persediaan makanan atau hendak menggunakannya untuk mendukung Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Kapasitas kulkas yang memadai membuat Anda tidak perlu repot membeli kulkas kedua.
  • Utamakan kulkas yang konsumsi listriknya tidak terlalu besar: semakin besar dan canggih suatu produk kulkas inverter, maka semakin besar pula daya listrik yang dibutuhkan. Itulah sebabnya Anda harus cermat mengamati spesifikasi kulkas inverter serta kebutuhan daya listriknya. Jangan sampai Anda membeli kulkas yang butuh daya listrik ekstra besar sehingga mengganggu penggunaan perangkat elektronik lainnya di rumah.
  • Prioritaskan material kulkas yang berkualitas: selain komponen sistem pendingin yang canggih, material eksterior kulkas juga tak boleh luput dari perhatian. Anda mesti memilih kulkas yang bodinya anti karat, engselnya tak mudah lepas, dan kondisinya kokoh secara keseluruhan. Hal sederhana ini akan membuat kulkas tahan lama meskipun sudah digunakan bertahun-tahun.
  • Cermati garansi kulkas serta ketentuan detailnya: kulkas inverter yang canggih memang membutuhkan proses servis yang detail dan ketersediaan spare part khusus ketika rusak. Namun, Anda tak perlu khawatir sebab biasanya kulkas inverter disertai masa garansi resmi yang lebih lama daripada kulkas konvensional. Anda harus lebih teliti mengamati ketentuan garansi tersebut sebelum membeli, khususnya garansi yang disediakan untuk komponen kompresor kulkas.
  • Amati fitur-fitur tambahan pada kulkas: produk kulkas modern pada umumnya dilengkapi berbagai fitur tambahan yang bermanfaat. Beberapa fitur tambahan yang penting untuk Anda, antara lain teknologi anti bakteri yang membuat bahan makanan segar lebih lama, keberadaan alat pembuat es batu, jumlah sekat kulkas yang lebih banyak, dan sebagainya.
  • Tentukan kulkas yang tampilannya serasi dengan interior rumah: faktor estetika juga tidak boleh diabaikan sewaktu memilih kulkas inverter. Alangkah lebih baik bila Anda memilih kulkas yang tampilannya serasi dengan interior rumah agar membuat ruangan terkesan makin estetik. Contohnya, Anda memilih kulkas berwarna hitam atau abu-abu gelap untuk menyempurnakan ruang makan dengan dinding yang dominan berwarna putih.
  • Jangan lupa membandingkan harga: hal terakhir yang tak kalah penting ketika hendak membeli kulkas inverter adalah membandingkan harga. Kalau Anda teliti membandingkan harga niscaya Anda bisa memperoleh kulkas inverter berkualitas dengan harga terjangkau.

Salah satu rekomendasi produk kulkas inverter berkualitas persembahan AQUA Elektronik yang cocok untuk Anda adalah kulkas 2 pintu freezer atas AQR-415IM. Lemari pendingin ini mengusung teknologi Twin Inverter yang hemat energi bintang lima dengan dua kali lipat efisiensi kinerja yang efektif mengurangi kebisingan.

Kulkas 2 pintu freezer atas AQR-415IM juga istimewa karena kapasitas freezer dan vegetable box-nya 10% lebih besar. Keunggulan tersebut didukung pintu yang lebih tipis sehingga menciptakan lebih banyak ruang interior tanpa menambah kapasitas eksternal.

Beberapa teknologi lainnya yang terdapat dalam kulkas AQUA Elektronik tersebut antara lain DEO Fresh yang ampuh menghilangkan bakteri dan meminimalkan bau tak sedap, Chiller Box untuk mengawetkan ikan, daging, dan makanan dingin lainnya pada suhu -10C, dan Fast Cooling System yang menurunkan suhu dan memproduksi es secara cepat.

Sistem pendingin kulkas 2 pintu freezer atas AQR-415IM didukung konsep Multi Air Flow yang membuat pendistribusian aliran udara berlangsung maksimal pada setiap sudut.

Anda tentu tak ragu lagi memilih kulkas berkualitas yang berkapasitas 357 liter tersebut. Proses menyimpan makanan dan minuman jadi makin mudah bila ada kulkas berkualitas persembahan AQUA Elektronik di rumah Anda.

Yuk, segera dapatkan produk kulkas inverter seri ini melalui official store AQUA Elektronik sekarang untuk mengurangi konsumsi listrik kulkas di rumah!

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003