10 Perbedaan Kulkas Inverter dan Non Inverter

Teknologi produk elektronik mengalami perkembangan pesat dalam beberapa tahun terakhir. Sekarang, pengembangan produk elektronik tidak hanya berfokus pada fungsi tetapi juga efisiensi penggunaannya secara keseluruhan. Salah satu hasil perkembangan teknologi pesat tersebut adalah kulkas inverter.

Istilah kulkas inverter memang masih asing bagi masyarakat awam walaupun kini sudah semakin banyak yang menggunakannya. Selain itu, banyak pula yang belum mengetahui perbedaan kulkas inverter dan non inverter sehingga sulit menentukan pilihan. Jika Anda termasuk orang yang belum mengenal kulkas inverter, silakan simak ulasan berikut ini supaya Anda makin mantap memilih jenis kulkas tersebut.

Apa yang Dimaksud dengan Kulkas Inverter?

Kulkas inverter adalah lemari pendingin yang dilengkapi inverter, yaitu teknologi terintegrasi yang membuat kompresor kulkas bekerja secara fluktuatif sesuai jumlah beban yang terdapat di dalamnya. Awalnya, teknologi inverter hanya digunakan pada Air Conditioner (AC) saja. Namun, saat ini penggunaannya semakin meluas ke berbagai produk elektronik lainnya, termasuk mesin cuci dan kulkas. Implementasi teknologi ini membuat kulkas inverter bekerja secara lebih efisien dibandingkan kulkas konvensional yang non inverter.

Mengenal Berbagai Perbedaan Kulkas Inverter dan Kulkas Non Inverter

Perbedaan kulkas inverter dan non inverter dapat diketahui dari beberapa hal berikut ini.

  • Penggunaan daya listrik: kulkas inverter dapat menghemat daya listrik hingga 45% dibandingkan kulkas non inverter. Hal ini karena komponen kulkas inverter membutuhkan lebih sedikit daya listrik saat mengatur perubahan temperatur kulkas.
  • Proses pendinginan: kulkas inverter dapat melakukan proses pendinginan secara lebih cepat dibandingkan kulkas non inverter. Jadi, Anda tak perlu menunggu lama saat ingin mendinginkan makanan atau minuman jika menggunakan jenis kulkas yang canggih ini.
  • Suhu kulkas: kestabilan suhu kulkas inverter juga terjaga dengan baik sehingga membuat bahan makanan tidak mudah rusak. Pada umumnya, kulkas inverter langsung mengatur suhu pada tingkat tertentu sehingga efektif menjaga kesegaran makanan dalam waktu lama.
  • Suara yang dihasilkan: bukan rahasia lagi jika kulkas konvensional tanpa teknologi inverter kerap menghasilkan getaran berlebihan dan suara bising. Namun, gangguan tersebut tak akan terjadi lagi jika Anda menggunakan kulkas inverter sebab kulkas canggih ini nyaris tidak mengeluarkan suara sama sekali.
  • Ketahanan: tidak seperti teknologi kulkas konvensional, kulkas inverter mampu mengantisipasi tegangan listrik yang kurang stabil. Itulah sebabnya jenis kulkas ini tidak mudah rusak jika dioperasikan dalam kondisi tegangan listrik rendah yang berkisar antara 95 hingga 220 volt. Jadi, ketahanan kulkas inverter jelas jauh lebih baik dibandingkan kulkas non inverter.
  • Desain: untuk mendukung kecanggihan teknologi yang disertakan di dalamnya, desain kulkas inverter juga dibuat sedemikian rupa agar tampil estetik dan terkesan futuristik. Bahkan, tak jarang pula desain kulkas inverter lebih menarik daripada non inverter.
  • Harga: soal urusan harga, kulkas inverter dibanderol dengan harga yang lebih mahal dibandingkan kulkas non inverter. Namun, bujet yang harus Anda keluarkan untuk kulkas inverter pasti sebanding dengan kualitas yang Anda dapatkan.
  • Ketersediaan suku cadang: Anda tak perlu khawatir dengan masalah ketersediaan suku cadang kulkas inverter. Saat ini, produk berteknologi inverter semakin banyak digunakan sehingga ketersediaan suku cadangnya tak kalah dibandingkan kulkas non inverter.
  • Masa garansi: biasanya, kulkas inverter didukung masa garansi yang lebih lama daripada non inverter karena tingkat ketahanannya jauh lebih baik.
  • Pengaruh terhadap lingkungan: prinsip penghematan energi yang diusung kulkas inverter membuatnya lebih ramah lingkungan daripada kulkas non inverter.

Tips Merawat Kulkas Inverter

Sebenarnya, cara merawat kulkas inverter tidak berbeda dengan kulkas non inverter. Anda hanya perlu melakukan beberapa hal berikut ini agar kulkas inverter senantiasa awet dan tidak mudah rusak.

  • Meletakkan kulkas pada tempat yang datar, kering, dan terhindar dari sinar matahari langsung.
  • Menjauhkan kulkas dari perangkat elektronik lain yang memancarkan gelombang elektromagnetik, hawa panas kompor, dan cipratan air.
  • Membersihkan isi kulkas secara rutin sekaligus menyingkirkan bahan makanan yang sudah rusak.
  • Memeriksa dan membuang air pada bak penampungan di bagian belakang kulkas secara berkala agar tidak memengaruhi kinerja kompresor.

Jika saat ini Anda sedang mencari kulkas inverter untuk menyempurnakan kebutuhan rumah tangga, Aqua Japan punya berbagai rekomendasi menarik bagi Anda. Salah satu produk inverter kebanggaan Aqua Japan adalah kulkas 2 pintu freezer atas seri AQR-405IG(BK) yang dilengkapi beberapa keunggulan berikut ini.

  • Twin Inverter: mengoptimalkan pendinginan sehingga kulkas akan menjadi cepat dingin. Suhu yang stabil juga akan menghemat penggunaan listrik.
  • Magic Cooling: bagian pendingin dengan pengaturan suhu yang bervariasi, mulai dari 5°C hingga -18°C dan dapat diubah menjadi ruang lemari es atau ruang pembeku, sesuai dengan kebutuhan spesifik Anda. Selain itu, ada pula fitur kompartemen terpisah yang menjaga makanan tetap segar tanpa khawatir tercemar dengan makanan lain di dalam freezer atau lemari es.
  • Soft Freezing: pengaturan suhu sebesar -7°C di Magic Room membuat kelembapan dan kandungan protein tetap terjaga. Nantinya, makanan dapat langsung dipotong setelah dikeluarkan tanpa perlu menunggu waktu pencairan yang lama.
  • Deo Fresh: menyerap aroma tidak sedap sekaligus menghambat pertumbuhan bakteri, sehingga makanan tetap terjaga kesegarannya dan aman untuk dikonsumsi.
  • 360° Air Flow: sistem sirkulasi udara satu putaran penuh yang dapat mengalirkan udara dingin secara merata dan menyeluruh.
  • Glass Door: bahan kaca berkualitas menghadirkan tampilan yang mempercantik ruangan dengan efek pantulan cahaya elegan.
  • Digital Temperature Control: mempermudah pengguna dalam mengatur suhu pada layar sentuh dengan panel LED.
  • Moist Fresh Box: tombol untuk mengatur tiga tingkat penyesuaian kelembapan sehingga sayuran dan buah-buahan dapat disimpan secara optimal.
  • LED Light: pencahayaan kulkas lebih terang, masa pakai lebih lama, dan konsumsi energi jauh lebih sedikit daripada lampu konvensional.
  • Double Ice Maker: fitur untuk membuat es batu secara lebih mudah dan lebih banyak hanya dengan memutar knopnya.

Kecanggihan kulkas inverter AQR-405IG(BK) dari Aqua Japan tentu membuat Anda makin yakin untuk memilihnya. Yuk, sempurnakan fungsi dapur rumah dengan kehadiran kulkas inverter yang canggih dan kaya manfaat ini!

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003