Apa Bedanya TV UHD 4K dengan TV Biasa?

TV UHD 4K memiliki banyak keunggulan yang membedakannya dari TV biasa. Simak ulasan lengkapnya agar Anda yakin memilih jenis TV ini!

Bersantai di rumah setelah sibuk melakukan rutinitas seharian memang menyenangkan. Apalagi kini banyak perangkat elektronik canggih yang dapat diandalkan untuk mendukung momen bersantai bersama keluarga.

Salah satu perangkat elektronik yang penting untuk melengkapi kenyamanan hunian pribadi Anda adalah Ultra High Definition TV atau TV UHD 4K.

Jika Anda berencana membeli TV baru dalam waktu dekat tetapi masih bingung menentukan jenisnya, maka sebaiknya Anda menyimak ulasan berikut ini terlebih dahulu.

Apa Itu TV UHD?

Ultra High Definition TV adalah istilah yang digunakan untuk menyebut televisi dengan resolusi ultra tinggi. Dengan kata lain TV UHD merupakan generasi terbaru dari versi pendahulunya yang disebut High Definition TV (HD TV). Istilah UHD TV pertama kali diperkenalkan NHK Science & Technology Research Laboratory berupa format video vertikal beresolusi 2160 x 4320 pixel.

Selanjutnya, Consumer Electronics Association (CEA) menetapkan UHD sebagai istilah resmi bagi TV yang memiliki beberapa standar teknologi, yaitu:

  • Aspek rasio 16:9.
  • Punya minimal satu input digital.
  • Dapat memuat dan menampilkan video asli.
  • Resolusi minimal 3840 x 2160 pixel.

Selain versi 4K, ada pula TV UHD versi 8K dengan resolusi layar 7680 x 4320 pixel. Saat ini TV UHD 4K sudah beredar di pasaran dan sangat populer, sedangkan versi UHD 8K masih dalam tahap penyesuaian.

Apakah Ada Perbedaan antara 4K dan UHD?

Istilah 4K dan UHD awalnya digunakan untuk menyebut dua hal yang berbeda. Secara sederhana, 4K dapat didefinisikan sebagai standar produksi dan sinema profesional. Sementara itu, UHD adalah standar tampilan dan broadcast pelanggan. Awalnya, istilah 4K digagas oleh Digital Cinema Initiatives (DCI) sebagai standar spesifikasi konten dari segi produksi dan proyeksi digital.

Jika standar proyeksi digital sebelumnya adalah 2048 x 1080 (2K), maka standar baru yang disetujui adalah 4096 x 2160 (4K). Nama 4K dipilih karena merujuk pada pixel horizontal yang berjumlah sekitar empat ribu.

Di sisi lain, UHD adalah istilah untuk inovasi penerus teknologi HD. Teknologi HD mengusung resolusi 3840 x 2160, sedangkan UHD menggandakan resolusi tersebut menjadi 3840 x 2160.

Seiring berjalannya waktu, istilah UHD semakin dikenal khalayak ramai dengan sebutan UHD 4K. Meskipun hampir semua TV maupun monitor yang diklaim berteknologi 4K sebenarnya adalah UHD yang resolusinya tidak mencapai empat ribu.

Apakah UHD 4K Bisa Menyetel Konten Beresolusi Full HD?

TV UHD 4K memiliki kemampuan upscalling, yaitu proses menaikkan skala video dari resolusi rendah ke resolusi lebih tinggi agar bisa memenuhi seluruh layar TV. Bahkan, teknologi tersebut tidak hanya menaikkan skala video tetapi juga disertai proses khusus yang membuat kualitas gambar jauh lebih baik daripada konten aslinya.

Kelebihan TV UHD 4K

Beberapa kelebihan TV UHD 4K yang membedakannya dengan generasi TV terdahulu adalah sebagai berikut:

  • Kualitas gambar lebih tajam: keunggulan pertama yang paling diminati dari TV UHD 4K adalah kualitas gambar yang istimewa. Perbedaan tampilan TV UHD 4K dan TV HD pada ukuran yang sama bahkan tampak sangat signifikan. Teknologi UHD menghasilkan kualitas gambar yang lebih jernih dan tajam dibandingkan versi pendahulunya.
  • Dukungan layanan streaming: sekarang Anda tak perlu repot menikmati layanan streaming melalui smartphone, laptop, atau gadget lainnya. Ada berbagai platform streaming seperti Netflix, Prime Video, dan WeTV yang bisa langsung diakses dari TV UHD 4K. Anda dapat langsung menikmati berbagai tayangan dari platform tersebut jika TV sudah terhubung dengan koneksi internet.
  • Punya sistem audio berkualitas: tak hanya unggul dari segi kualitas gambar, TV UHD 4K juga dilengkapi sistem audio berkualitas yang bernuansa realistis. Sistem audio tersebut dapat menyempurnakan pengalaman menonton TV dengan kualitas menyerupai tayangan bioskop.
  • Banyak fitur pelengkap lainnya: ada berbagai fitur pelengkap yang kerap disematkan pada TV UHD 4K, seperti port HDMI dan port USB yang bisa dihubungkan ke gadget lainnya. Proses integrasi TV UHD dan gadget akan berlangsung secara praktis dan cepat dengan fitur-fitur tersebut.
  • Cocok untuk bermain game: manfaat TV untuk bermain game memang sudah dikenal sejak dua hingga tiga dekade lalu. Namun, TV UHD 4K terbilang jauh lebih spesial karena memiliki kualitas gambar super tajam.

Tampilan gambar pada TV tersebut akan menyempurnakan keseruan saat bermain game. Di samping itu, pengalaman bermain game di TV UHD juga makin menarik karena didukung teknologi audio super canggih.

Salah satu rekomendasi TV UHD 4K persembahan AQUA Elektronik yang cocok untuk kebutuhan Anda adalah TELEVISI LE58AQT6700UG. Android Smart TV berukuran 58 inci ini memiliki kualitas tampilan dan suara makin jernih dengan fitur operasional super canggih.

Teknologi pada TELEVISI LE58AQT6700UG berfungsi sebagai pusat ekosistem digital yang dapat mengontrol semua perangkat pintar di rumah secara maksimal.

Anda bisa mengandalkan fitur Intelligent Voice Control atau perintah suara untuk mengatur kontrol TV secara mudah. Nikmati pula fitur Chromecast Built-in yang mampu menampilkan video, foto, dan gambar dari smartphone secara sempurna.

Bingkai tipis pada seri TV pintar AQUA Elektronik ini juga akan membuat Anda jadi lebih leluasa menonton berbagai tayangan tanpa gangguan.

Jadi, mari bergegas mewujudkan pengalaman menonton yang tak monoton dengan menghadirkan kecanggihan TELEVISI LE58AQT6700UG di rumah. Dapatkan produk terbaiknya hanya di official store AQUA Elektronik untuk lengkapi fasilitas rumah Anda!


AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003