Ini Cara Memperbaiki Putaran Mesin Cuci yang Dol

Bila usia pakai mesin cuci sudah cukup lama, biasanya mulai muncul beberapa masalah. Salah satu masalah yang bisa terjadi adalah tombol atau putaran mesin cuci yang dol.

Hal ini tentu memengaruhi proses pencucian, bahkan bisa bikin mesin cuci sampai rusak. Maka itu, penting bagi Anda untuk mengetahui cara memperbaiki putaran mesin cuci yang dol.

Sebelum mengulik cara memperbaiki putaran mesin cuci yang dol, Anda perlu tahu juga mengenai penyebab putaran mesin cuci dol. Ada dua penyebab yang cukup sering ditemukan, yaitu beban cucian yang terlalu berlebihan dan motor penggerak mesin cuci terbakar.

Akibatnya, dinamo mesin cuci jadi cepat panas. Kapasitor berfungsi untuk melepaskan daya listrik ketika mesin cuci pertama kali dinyalakan untuk memberikan tenaga putaran tambahan pada tabung.

5 Cara Memperbaiki Putaran Mesin Cuci yang Dol

Saat putaran mesin cuci dol, Anda mungkin bertanya-tanya apakah artinya Anda harus membeli mesin cuci baru? Belum tentu. Ada beberapa langkah perbaikan yang bisa Anda lakukan sebelum memutuskan untuk membeli mesin cuci baru.

Berikut 5 cara memperbaiki putaran mesin cuci yang dol yang bisa Anda coba terlebih dahulu.

  • Cek kondisi kenop

Kalau mesin cuci Anda masih menggunakan kenop yang diputar, biasanya masalah disebabkan oleh kenop atau putaran mesin cuci dol. Anda bisa mengecek sendiri kondisi kenop dengan membuka baut di bagian belakang atas mesin.

Dari sini semestinya sudah bisa kelihatan sumber masalahnya. Kalau ternyata kenop patah, maka Anda cukup menggantinya dengan yang baru. Kenop baru bisa dibeli di toko material.

  • Ganti timer

Penyebab lain putaran mesin cuci dol adalah timer yang sudah tidak berfungsi. Bila ini yang terjadi, Anda perlu mengganti timer tersebut. Pastikan Anda membeli timer baru yang jenisnya sama dengan yang ada di mesin cuci.

Perhatikan berapa jumlah kabelnya dan apa saja warnanya. Timer yang baru harus sama persis ukuran dan jenisnya supaya bisa kompatibel dan bekerja dengan baik.

  • Lihat tutorial di YouTube

Salah satu solusi zaman now kalau ada perangkat elektronik di rumah tidak berfungsi: lihat tutorial di YouTube. Ini pun bisa Anda lakukan untuk mencari tahu cara memperbaiki putaran mesin cuci yang dol. Ada banyak video tutorial yang tersedia dan bisa Anda pelajari.

  • Manfaatkan kartu garansi

Kalau mesin cuci Anda masih tergolong baru karena pemakaiannya belum sampai 1 tahun dari waktu pembelian, semestinya kartu garansinya masih berlaku. Nah, Anda bisa memanfaatkan layanan ini.

Hubungi nomor customer service merek mesin cuci Anda, lalu sampaikan permasalahan yang Anda alami. Ada merek yang kemudian akan mengirimkan teknisi untuk mengecek mesin cuci di rumah Anda.

Namun, ada juga merek yang menyarankan Anda untuk membawa mesin cuci ke tempat servis mereka. Anda cukup ikuti saja rekomendasi dari mereka karena selama masih dalam masa garansi, Anda tidak akan dipungut biaya.

  • Hubungi tukang servis

Jika semua cara di atas tidak bisa Anda lakukan, maka langkah terakhir adalah menghubungi tukang servis. Ya, serahkan kepada ahlinya untuk memeriksa dan memperbaiki mesin cuci Anda.

Mesin Cuci Front Load FQW-850BF: Berkualitas dan Tahan Lama dengan Garansi Resmi

Jika sudah saatnya mengganti mesin cuci, Anda mungkin butuh mesin cuci dengan muatan yang lebih banyak.

Muatan cucian yang banyak tentu membutuhkan mesin cuci dengan kapasitas yang besar pula. Nah, mesin cuci front load FQW-850BF persembahan dari AQUA Elektronik Indonesia ini bisa jadi pilihan yang tepat bagi Anda. Mesin cuci dengan tabung lebih lebar ini memiliki kualitas yang baik dan tahan lama.

Mesin cuci front load FQW-850BF memiliki diameter drum yang luas, yaitu 525 mm, sehingga memberi kemudahan bagi Anda untuk memasukkan dan mengeluarkan pakaian dalam jumlah banyak, pakaian tidak kusut dan terlilit hingga mudah disetrika, dan juga pakaian akan bersih sempurna. Ditambah lagi, mesin cuci ini bekerja dengan teknologi Eco Inverter, suara motor lebih halus sehingga Anda nyaman saat mencuci.

Keunggulan lain mesin cuci front load FQW-850BF adalah fitur Anti-Bacteria Treatment, yaitu perawatan anti-bakteri eksklusif yang menghilangkan 99,99% bakteri dan kuman yang diuji oleh VDE, memungkinkan laci deterjen dan gasket jendela mesin cuci tetap bersih hari demi hari, memastikan siklus cucian yang lebih higienis.

Selain itu, ada juga fitur Steam yang memanfaatkan suhu tinggi untuk menghilangkan bakteri dan tungau pada pakaian. Air dipanaskan hingga mencapai suhu tinggi dengan pipa pemanas dan menghasilkan uap desinfektan super, sehingga dapat menghilangkan 99,9% bakteri, alergen, dan tungau yang efektif untuk menjaga kesehatan keluarga.

Selain itu, ada pula fitur Dual Spray yang membersihkan mesin cuci untuk pembersihan yang higienis. Sistem pembersihan otomatis yang diaktifkan pada akhir setiap siklus dengan menyemprotkan air untuk membersihkan gasket dan jendela untuk menghilangkan semua residu atau kotoran yang mungkin tertinggal.

Tak perlu ragu lagi. Segera miliki mesin cuci front load FQW-850BF yang berkualitas dan tahan lama dengan garansi resmi. Kunjungi Official Store AQUA Elektronik Indonesia sekarang juga!


AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003