Sudah Tahu Apa Arti Drain pada Mesin Cuci?

menggunakan mesin cuci

Setiap orang pasti ingin mempunyai berbagai perangkat elektronik canggih yang dapat memudahkan aktivitas rumah tangga. Kecanggihan teknologi memang membuat impian tersebut bisa lekas diwujudkan, salah satunya dengan membeli mesin cuci yang dilengkapi berbagai fitur kekinian.

Tentu saja hal tersebut harus diimbangi dengan wawasan memadai seputar pemanfaatan fitur-fitur mesin cuci, contohnya mengenal arti drain pada mesin cuci agar bisa memanfaatkannya secara maksimal.

Apa Arti Drain pada Mesin Cuci?

Drain merupakan salah satu fitur standar yang pasti terdapat pada setiap jenis mesin cuci. Secara harfiah, arti drain pada mesin cuci adalah menguras. Frasa Drain Selector pada mesin cuci dapat didefinisikan sebagai fitur yang berfungsi menguras air setelah proses pencucian selesai lalu mengeluarkan air tersebut melalui saluran pembuangan.

Biasanya drain dilengkapi filter untuk menyaring kotoran yang rentan masuk dari saluran pembuangan. Meskipun fungsinya sederhana, manfaat drain sangat krusial karena kerusakannya akan menghambat sistem pembuangan secara keseluruhan.

Mengenal Motor Drain Berdasarkan Jenis Mesin Cuci

Mesin cuci dua tabung memiliki fungsi pengurasan (drain) yang terpisah antara tabung pencuci dan tabung pengering. Fitur ini pada mesin cuci tersebut dioperasikan dengan knop khusus pada panel kontrol untuk membuang air cucian ketika proses mencuci rampung. Prinsip fitur tersebut agak berbeda bila dibandingkan dengan mesin cuci satu tabung.

Selain mengenal artinya pada mesin cuci, alangkah lebih baik jika Anda juga mengenal dua jenis motor drain serta fungsinya di bawah ini.

1. Motor drain mesin cuci bukaan depan (front loading)

Jenis motor yang digunakan berbentuk menyerupai turbin yang bekerja dengan cara berputar untuk mengeluarkan air dari mesin cuci. Letaknya berada di bagian bawah. Ujung bodi motor dapat dibuka tutup sehingga lebih mudah untuk dibersihkan. Komponen ini memiliki tegangan sebesar 220 Volt dengan bagian dalam terdiri dari lilitan tembaga.

2. Motor drain mesin cuci bukaan atas (top loading)

Fungsinya sama dengan motor drain pada mesin cuci bukaan depan. Namun, mesin cuci bukaan atas memiliki komponen penarik untuk menggerakkan klep pada bagian bawah tabung. Posisinya berada di bagian dalam sehingga lebih sulit dibuka. Anda harus membongkar bodi mesin cuci dan drat saluran pembuangan air bila ingin membersihkannya.

Ciri-Ciri Motor Drain Mesin Cuci Rusak

Kerusakan motor drain mesin cuci biasanya ditandai dengan beberapa ciri.

  • Sistem pembuangan tidak berfungsi sehingga cucian tetap terendam air.
  • Kondisi pakaian tidak kering sempurna bila mesin cuci tidak sedang terisi air.
  • Tampilan mesin cuci menunjukkan kerusakan dengan kode error OE atau SE.

Cara Mengidentifikasi Kerusakan Motor Drain Mesin Cuci

Kerusakan motor drain mesin cuci dapat diidentifikasi secara akurat dengan melakukan beberapa langkah sebagai berikut:

  • Siapkan multitester lalu tentukan pengaturan pada skala oHm untuk mengukur hambatan listrik.
  • Kemudian, mulailah mengukur kedua pin socket motor drain. Jika jarum multimeter masih bergerak, berarti masih ada hambatan listrik dan komponen masih dapat berfungsi. Sebaliknya, jika jarum multimeter tidak bergerak sama sekali, berarti sudah rusak.
  • Cara lain yang dapat Anda lakukan untuk mengidentifikasi kerusakan komponen ini, yaitu memberi tegangan listrik sebesar 220 V pada kedua pin socket. Apabila bisa bergerak ketika diberi tegangan, berarti komponen tersebut masih berfungsi dengan baik. Sebaliknya, jika tidak bergerak sama sekali saat diberi tegangan, menunjukkan bahwa komponen tersebut rusak.

Cara Mengatasi Kerusakan Motor Drain Mesin Cuci

Kerusakan motor drain mesin cuci biasanya tidak dapat diperbaiki dan harus lekas diganti dengan yang baru. Penggunaan motor drain yang baru akan membuat performa mesin cuci kembali baik seperti sedia kala.

Kalau Anda sudah menggantinya, maka sebaiknya Anda mulai merawat komponen mesin cuci tersebut secara telaten. Luangkan waktu untuk membersihkannya minimal sebulan sekali agar risiko penyumbatan dapat diminimalkan.

Selain itu, Anda juga harus lebih teliti ketika mencuci pakaian agar tidak ada benda-benda asing yang masuk ke mesin cuci dan berisiko merusak motor drain, misalnya plastik, koin, atau benda tajam.

Mencuci Lebih Meudah Menggunakan Mesin Cuci FQW-1050BF dari AQUA Elektronik

Mesin cuci canggih yang berfungsi optimal akan membuat proses mencuci pakaian terasa lebih mudah, praktis, dan menyenangkan. Kalau saat ini Anda sedang mencari mesin cuci baru untuk kebutuhan rumah tangga, maka produk MESIN CUCI FQW-1050BF dari AQUA Elektronik dapat menjadi salah satu pilihan terbaik.

Seri mesin cuci bukaan depan (front load) ini memiliki kapasitas sebesar 10,5 kg sehingga Anda leluasa mencuci pakaian dalam jumlah banyak. Teknologi Eco Inverter pada mesin cuci ini membuat suara motor lebih halus sehingga Anda pasti merasa nyaman saat mencuci.

Diameter drum yang luas (525 mm) memberi kemudahan bagi Anda untuk memasukkan dan mengeluarkan pakaian dalam jumlah banyak. Pakaian jadi tak kusut dan terlilit sehingga lebih mudah disetrika.

MESIN CUCI FQW-1050BF persembahan AQUA Elektronik juga dilengkapi fitur Refresh yang mampu memanaskan air pada suhu 600C hingga 650C selama 5 menit agar menjadi uap kecil. Uap tersebut akan menembus pakaian, melembutkan, dan menghilangkan bau.

Kemudian, aliran udara dingin akan menyapu kotoran dan mengembalikan serat pakaian ke bentuk aslinya sehingga ampuh meminimalkan kerutan dalam 15 hingga 30 menit.

Perawatan Anti Bactery Treatment (ABT) yang terdapat pada mesin cuci ini terbukti lolos uji VDE dapat menghilangkan 99% bakteri dan kuman. Anda juga tak perlu khawatir soal urusan kebersihan mesin cuci karena ada sistem pembersihan otomatis Dual Spray yang dapat membersihkan gasket dan jendela untuk menghilangkan semua kotoran yang mungkin tertinggal.

Satu lagi fitur istimewa yang bisa Anda temukan pada MESIN CUCI FQW-1050BF, yaitu Steam yang memanaskan air mencapai suhu tinggi untuk menghasilkan uap disinfektan super pembasmi 99,9% bakeri, tungau, dan alergen lainnya.

Dapatkan pengalaman mencuci yang lebih menyenangkan setelah memiliki mesin cuci canggih persembahan AQUA Elektronik. Manfaatkan setiap fitur mesin cuci Anda secara maksimal untuk hasil cuci yang memuaskan. Dapatkan produknya hanya di official store AQUA Elektronik!


AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003