Masih Bingung Bedanya Mesin Cuci Top Loading dan Front Loading? Ini Penjelasannya!

mencuci dengan mesin cuci front load

Jumlah pengguna mesin cuci di Indonesia mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Berdasarkan data Euro Monitor 2017, 74% masyarakat kota besar seperti DKI Jakarta sudah mengandalkannya untuk membersihkan pakaian.

Hal tersebut tentu harus diimbangi dengan edukasi yang cukup seputar perbedaan mesin cuci front loading dan top loading agar masyarakat bisa memilih mana yang tepat sesuai kebutuhan.

Jika selama ini Anda kerepotan mencuci pakaian secara manual, berarti sudah waktunya Anda beralih menggunakan mesin cuci supaya rutinitas rumah tangga jadi lebih efisien. Mari kenali perbedaan mesin cuci front loading dan top loading agar mantap menentukan pilihan terbaik sesuai kebutuhan masing-masing.

Mengenal Beberapa Tipe Mesin Cuci

Klasifikasi mesin cuci berdasarkan letak tabung dapat dibedakan menjadi dua, yaitu:

1. Mesin cuci bukaan atas (top loading)

Tipe ini terbagi lagi menjadi dua jenis, yaitu mesin cuci 1 tabung dan 2 tabung. Jenis 1 tabung hanya memiliki satu drum yang berfungsi ganda untuk mencuci sekaligus mengeringkan, sedangkan yang 2 tabung mempunyai drum pencuci dan drum pengering terpisah.

2. Mesin cuci bukaan depan (front loading)

Konsepnya menyerupai mesin cuci 1 tabung bukaan atas karena hanya punya 1 drum. Perbedaannya terletak pada posisi pintu dan teknologi pencucian.

Mencermati Perbedaan Mesin Cuci Top Loading dan Front Loading

Beberapa hal mendasar yang membedakan mesin cuci top loading dan front loading adalah sebagai berikut:

1. Desain

Jenis top loading biasanya memiliki ukuran 5 sampai 6 inci lebih tinggi daripada tipe front loading untuk kapasitas yang sama. Namun, tipe 2 tabung pasti lebih lebar daripada 1 tabung karena letak drumnya terpisah.

Sementara itu, ukuran mesin bukaan depan cenderung 4 inci lebih dalam daripada jenis bukaan atas. Perbedaan ini terjadi karena tipe bukaan atas memuat pakaian secara vertikal, sedangkan bukaan depan memuat pakaian secara horizontal.

Jadi, alangkah lebih baik jika desain mesin cuci dan kapasitas ruangan di rumah menjadi pertimbangan Anda ketika hendak membeli mesin cuci baru.

2. Kapasitas

Baik top loading maupun front loading tidak memiliki banyak perbedaan dari segi kapasitas. Keduanya sama-sama dipasarkan dengan kapasitas bervariasi antara 7 kg hingga 20 kg.

3. Efisiensi energi

Jika ditinjau dari segi penggunaan air, mesin cuci front loading lebih hemat karena hanya membutuhkan 1/3 air dibandingkan top loading untuk jumlah cucian yang sama. Namun, penggunaan listriknya lebih hemat karena siklus pencuciannya lebih singkat.

4. Durasi siklus pencucian

Tipe bukaan atas memiliki durasi siklus pencucian lebih singkat daripada bukaan depan. Bahkan, Anda bebas menentukan durasi pencucian sendiri jika menggunakan mesin cuci 2 tabung.

5. Kecepatan putaran drum

Rata-rata tipe bukaan depan bergerak dengan kecepatan 1500 Putaran Per Menit (Rotation Per Minute atau RPM), sedangkan tipe bukaan atas bergerak dengan kecepatan rata-rata 600 RPM.

6. Kinerja dalam membersihkan pakaian

Jumlah putaran yang lebih banyak membuat hasil cucian mesin bukaan depan lebih bersih daripada bukaan atas.

Selain itu, gerakan drum pada mesin front loading yang berputar secara vertikal membuat pakaian seakan dibanting-banting selama proses pencucian berlangsung sehingga kotoran lebih mudah terlepas dari pakaian.

7. Suara yang dihasilkan

Prinsip kerja front loading yang memutar drum secara vertikal membuat suaranya lebih hening dibandingkan top loading yang mengerahkan seluruh energi untuk memutar drum secara horizontal.

8. Fitur dan harga

Mesin cuci bukaan depan keluaran terbaru dibekali banyak fitur canggih dibandingkan yang bukaan atas, seperti teknologi anti kusut dan anti bakteri. Jadi, tak mengherankan jika harganya lebih mahal.

Gunakan Mesin Cuci Front Loading Terbaik dari AQUA Elektronik

Setelah menyimak ulasan tentang perbedaan mesin cuci front loading dan top loading, tentu Anda makin yakin menentukan pilihan terbaik. Jika Anda tidak ingin repot mencuci pakaian secara manual dan mengalami keterbatasan kapasitas ruangan di rumah, maka jenis front loading adalah solusi efektif untuk Anda.

AQUA Elektronik telah menyiapkan FQW-1050BF, mesin cuci front loading dengan tabung lebih lebar (525 mm) dan kapasitas lebih besar mencapai 10,5 kg.

Seri FQW-1050BF dilengkapi teknologi Eco Inverter yang menghasilkan suara motor lebih halus sehingga Anda merasa nyaman saat mencuci. Ukuran drumnya yang lebar membuat Anda leluasa memasukkan dan mengeluarkan pakaian dalam jumlah banyak tanpa takut kusut dan terlilit. Pakaian pun jadi bersih sempurna dan mudah disetrika.

Tak perlu khawatir soal urusan kehigienisan pakaian karena produk ini dibekali teknologi Refresh yang dapat memanaskan air mencapai suhu 500C hingga 650 C lalu mengubahnya menjadi uap kecil untuk melembutkan pakaian dan menghilangkan kotoran.

Dilengkapi teknologi canggih, salah satunya mengalirkan udara dingin untuk mengembalikan serat pakaian ke bentuk aslinya serta meminimalkan kerutan. Ada satu fitur lagi yang siap membantu menjaga kehigienisan pakaian Anda, yaitu Steam yang menghasilkan uap disinfektan super untuk menghilangkan 99,9% bakteri, tungau, dan alergen.

Varian produk ini juga memiliki teknologi perawatan anti bakteri eksklusif (Anti Bacterial Treatment atau ABT) yang lolos uji VDE dan terbukti ampuh menghilangkan 99,99% bakteri dan kuman.

Sistem pembersihannya mengusung teknologi Dual Spray yang diaktifkan pada akhir setiap siklus dengan menyemprotkan air. Fitur ini dapat membantu membersihkan gasket dan jendela sekaligus menghilangkan residu dan kotoran yang mungkin tertinggal.

Anda tak akan mengalami kerepotan lagi saat mencuci pakaian juga sudah menggunakan mesin cuci front loading terbaik dari AQUA Elektronik ini. Mencuci pakaian secara praktis dan menyenangkan akan membuat Anda terbebas dari kelelahan.

Kunjungi official store AQUA Elektronik sekarang untuk dapatkan produk mesin cuci terbaik seri ini!


AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003