Daftar Alat untuk Menonton Siaran TV Digital

Tahap akhir penghentian siaran TV analog di Indonesia yang berlangsung tanggal 2 November 2022 membuka era baru bagi eksistensi siaran digital. Masyarakat tanah air diajak bertransformasi bersama siaran digital yang kualitasnya lebih baik dan lebih hemat frekuensi.

Keputusan nasional tersebut tentu membuat alat untuk TV digital laris manis di pasaran sebab TV masih menjadi sarana hiburan utama bagi seluruh kalangan masyarakat.

Ingin tahu seputar kelebihan siaran digital serta alat untuk TV digital? Yuk, simak ulasan lengkap berikut ini!

Kelebihan Siaran Digital Dibandingkan Siaran Analog

Anda berkesempatan merasakan beberapa kelebihan berikut ini jika sudah menikmati siaran digital:

  • Kualitas siaran lebih jernih dari segi gambar maupun suara, sehingga aktivitas menonton TV makin nyaman. Anda dapat menikmati siaran istimewa secara gratis yang kualitasnya setara dengan tayangan TV kabel berbayar pada 1 hingga 2 dekade lalu.
  • Kestabilan kualitas siaran tidak akan terganggu oleh cuaca buruk sehingga Anda tak perlu khawatir akan ketinggalan tayangan TV favorit.
  • Variasi tayangan yang ditampilkan sangat beraneka ragam karena jumlah saluran TV digital lebih banyak daripada saluran TV analog. Data Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kominfo RI) pada awal tahun 2023 mencatat bahwa Indonesia sudah memiliki lebih dari 564 siaran TV digital berskala nasional maupun lokal.
  • Ada fasilitas tambahan berupa Electronic Program Guide (EPG) atau jadwal siaran interaktif yang menampilkan info tentang acara yang telah, sedang, atau akan ditayangkan.

Apakah TV Konvensional Bisa Menangkap Siaran Digital?

Tak perlu khawatir bila Anda belum memiliki TV digital hingga saat ini. Pada dasarnya, semua jenis TV analog bisa difungsikan untuk menonton siaran digital jika sudah dilengkapi perangkat pelengkap. Jadi, Anda patut menyiapkan beberapa alat untuk TV digital supaya TV analog dapat menangkap sinyal digital dan menampilkan tayangan berkualitas.

Daftar Alat untuk TV Digital yang Penting Bagi TV Analog

Kalau Anda memiliki TV analog yang masih berfungsi normal di rumah, maka sebaiknya Anda menyiapkan beberapa perangkat berikut agar bisa menikmati siaran digital:

  • Set Top Box (STB): fungsi alat untuk TV digital yang satu ini memang krusial karena membuat TV analog bisa menayangkan siaran digital. Prinsip kerja STB adalah menangkap sinyal digital kemudian menerjemahkannya agar dapat menghasilkan gambar dan suara pada TV analog.

Anda wajib memilih Set Top Box yang mempunyai label DVB-T2 yang menunjukkan bahwa perangkat tersebut terbukti mampu menangkap siaran digital nasional. Beberapa waktu yang lalu, Kemenkominfo juga mengeluarkan daftar STB yang direkomendasikan bagi masyarakat karena kualitasnya sudah teruji.

  • Antena Penangkap Sinyal Digital: antena konvensional yang digunakan untuk menangkap sinyal analog memang bisa menangkap sinyal digital, tetapi kualitasnya tentu berbeda dibandingkan antena penangkap sinyal digital.

Alat untuk TV digital ini juga populer dengan sebutan antena digital. Kemampuan antena digital dalam menangkap sinyal digital memang tak perlu diragukan lagi sehingga Anda berkesempatan mendapatkan lebih banyak saluran digital.

Cara menghubungkan TV analog, STB, dan antena digital sangat mudah. Anda hanya perlu menyambungkan kabel antena ke STB, kemudian menyambungkan STB ke TV analog.

Proses penyambungan tersebut membutuhkan kabel High Definition Multimedia Interface (HDMI) atau kabel AV (satu set kabel berwarna merah, putih, kuning). Kalau ketiga perangkat tersebut sudah dipasang dengan benar, Anda bisa mulai memindai saluran digital yang ditampilkan pada TV analog.

  • Dongle HDMI: kini ada alternatif perangkat lainnya yang bisa Anda gunakan untuk menangkap sinyal digital selain STB, yaitu Dongle HDMI. Alat canggih yang satu ini berfungsi menyambungkan ponsel cerdas (smartphone) ke TV tanpa membutuhkan kabel.

Dengan demikian, Anda bisa menikmati film, video pendek, maupun tayangan lainnya dari smartphone dalam ukuran lebih besar karena ditampilkan di TV.

  • Aplikasi cek sinyal siaran digital: satu lagi alat untuk TV digital berupa aplikasi yang tak boleh Anda lewatkan adalah aplikasi cek sinyal siaran digital. Penggunaan aplikasi ini dapat membantu Anda memantau kualitas sinyal digital di sekitar lokasi tempat tinggal.

Salah satu aplikasi cek sinyal siaran digital berkualitas yang banyak diunduh di perangkat Android adalah SinyalTVDigital yang dikembangkan Kominfo di bawah naungan pengembang BangunIndo.

Pemanfaatkan TV analog membuat Anda berkesempatan menyiapkan bujet untuk TV digital baru. AQUA Elektronik telah menyiapkan produk istimewa berupa TELEVISI AQT65S900UX untuk Anda. Android Smart TV ini mengusung teknologi QLED yang menciptakan warna lebih luas dan akurat serta mampu mengontrol warna yang keluar secara tepat.

Anda dapat mengunduh semua aplikasi dan game favorit Anda dari Google Play jika menggunakan TELEVISI AQT65S900UX . Nikmati layar lebar dengan akses mudah dari layar utama Google TV.

Kualitas gambar pada TV ini juga tak perlu diragukan lagi karena ada teknologi MEMC 120 Hz yang mengurangi blur pada setiap gerakan dan gambar berbayang serta meningkatkan kejernihan.

Rasakan kecanggihan suara khas Dolby Atmos yang membuat pengalaman menonton TV jadi lebih menakjubkan serta Dolby Vision yang membuat gambar makin hidup dan warna makin akurat.

Tak perlu repot mengatasi kendala jarak ketika menonton TV karena TELEVISI AQT65S900UX dilengkapi Hands-free Voice Control. Cukup katakan “Hai Google” atau “Ok Google” untuk memulai perintah.

Pengalaman menonton tak lagi monoton dengan kehadiran Android Smart TV canggih dari AQUA Elektronik. Momen berkumpul bersama keluarga sambil menikmati hiburan di rumah pun jadi makin bermakna.

Untuk mendapatkan TV terbaik seri ini, Anda bisa mengunjungi official store AQUA Elektronik sekarang juga!

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003