Ini Tips Mengatasi Timer Mesin Cuci yang Rusak!

Salah satu komponen penting mesin cuci adalah timer mesin cuci. Timer mesin cuci bekerja sebagai pengendali untuk mengatur lama proses pencucian, membolak-balikan putaran motor, maupun menghentikan putarannya.

Selain itu, timer spin pada mesin cuci juga mengatur kerja dinamo spin untuk fungsi pengeringan. Jika timer rusak, mesin cuci tidak akan bisa bekerja dengan baik.

Lantas, apa yang menyebabkan timer mesin cuci rusak? Berikut beberapa faktor yang kerap menjadi penyebabnya:

  • Usia pakai mesin cuci sudah cukup lama
  • Kualitas timer tidak bagus
  • Ada kerusakan akibat bencana alam, misalnya pernah tersambar petir

Namun, sebelum mengetahui cara memperbaiki timer mesin cuci, ada baiknya Anda mengenali dulu ciri-ciri timer mesin cuci rusak berikut:

  • Mesin cuci tidak hidup
  • Mesin cuci tidak berputar
  • Mesin cuci tidak berhenti berputar padahal sudah diatur waktunya
  • Mesin cuci tidak mengalirkan air
  • Mesin cuci tidak mengeluarkan air
  • Timer berhenti di tengah-tengah
  • Suara timer tidak stabil
  • Bila diputar, timer tidak bisa kembali ke nol

Cara Memperbaiki Timer Mesin Cuci yang Rusak

Bila mesin cuci di rumah menunjukkan salah satu atau beberapa ciri di atas, kemungkinan besar timer mesin cuci Anda bermasalah. Namun, jangan terburu-buru membeli mesin cuci baru. Ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan sendiri untuk mengatasi timer mesin cuci yang rusak. Berikut tipsnya:

  • Lepas timer mesin cuci

Gunakan obeng untuk melepas baut-baut pada tempat timer mesin cuci. Lakukan dengan hati-hati dan congkel timer mesin cuci dari tempatnya hingga terlepas.

  • Perhatikan jalur kabel pada timer

Setelah timer dilepas, langkah selanjutnya adalah membuka sistem kabel. Perhatikan jalur kabel pada timer mesin cuci Anda. Timer mesin cuci ada yang menggunakan 3 kabel dan ada juga yang 6 kabel.

Selanjutnya potong jalur kabel pada timer mesin cuci, tapi jangan potong sampai habis. Sisakan sedikit agar bisa dijadikan panduan dan tidak salah memasang kabel pada mesin yang baru.

  • Pasang timer mesin cuci yang baru

Pasang timer mesin cuci yang baru ke wadah timer mesin cuci. Sambungkan semua kabel pada timer dengan mesin cuci dan pastikan kabel tidak saling bersinggungan.

Cek dengan menyambungkan mesin cuci ke stop kontak. Jika putaran motor mesin cuci dan pulsator bekerja dengan normal, berarti pemasangan kabel timer mesin cuci sudah benar.

Cara Mengganti Timer Mesin Cuci

Jika timer mesin cuci yang lama memang sudah rusak, maka Anda perlu menggantinya dengan yang baru. Ikuti langkah-langkah mengganti timer mesin cuci dengan yang baru berikut ini:

  • Beli timer baru yang sesuai dengan tipe dan bentuk timer sebelumnya agar cocok dipasang di mesin cuci Anda.
  • Siapkan obeng, isolasi listrik, tang untuk memotong, dan isolasi hitam untuk menambal kabel listrik.
  • Buka penutup mesin cuci pada bagian timer yang terpasang secara perlahan. Jika kesulitan dalam membuka, cukup lakukan secara berhati-hati agar tidak merusak penutup timer.
  • Siapkan timer baru untuk menggantinya.
  • Pasang kabel dengan mengikuti alur warna yang sama. Jika tidak ada kabel dengan warna yang sama, Anda hanya perlu melihat arah jalur kabel dengan menyamakannya pada timer.
  • Apabila kabel sudah terpasang dengan benar dan tepat, Anda dapat memasang kembali timer tersebut ke tempatnya dan menutup penutup tersebut.
  • Lakukan pengetesan dan timer mesin cuci sudah dapat digunakan kembali.

Mesin Cuci FQW-1580BS, Pilihan Berkualitas dan Tahan Lama

Mesin cuci berkualitas umumnya memiliki daya tahan yang baik sehingga tidak mudah rusak walaupun sering digunakan. Keunggulan itu terdapat pada mesin cuci FQW-1580BS persembahan dari AQUA Elektronik Indonesia.

Mesin cuci FQW-1580BS dilengkapi teknologi Eco Inverter sehingga suara motor lebih halus sehingga Anda nyaman saat mencuci. Ditambah lagi, mesin cuci ini memiliki teknologi terkini diameter super besar 601mm dengan body lebih ramping untuk memberikan ruang yang lebih luas dan desain menawan untuk rumah modern Anda. Cucian bersih lebih cepat hingga 55%.

Dengan fitur Refresh, menghilangkan bau dan kerutan sehingga membuat pakaian Anda bersih berkilau. Uap air kecil yang dihasilkan akan menghilangkan bau pada pakaian serta membuat pakaian jadi lembut.

Mesin cuci ini juga dilengkapi fitur Dual Spray, yaitu sistem pembersihan otomatis yang diaktifkan pada akhir setiap siklus dengan menyemprotkan air untuk membersihkan gasket dan jendela untuk menghilangkan semua residu atau kotoran yang mungkin tertinggal. Fitur ini membantu menjaga kebersihan mesin cuci sehingga hasil cucian selalu higienis dan mesin cuci dapat tahan lama.

Tak perlu ragu lagi. Segera miliki mesin cuci berkualitas ini. Kunjungi Official Store AQUA Elektronik untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003