Jangan Keliru, Perhatikan Cara Menggunakan Mesin Cuci 2 Tabung

Masyarakat Indonesia semakin mengandalkan teknologi untuk mempermudah aktivitas sehari-hari. Salah satu bukti konkretnya adalah penggunaan mesin cuci yang mencapai 74% berdasarkan survei yang dilakukan Euro Monitor tahun 2017.

Mesin cuci 2 tabung tentu masih jadi primadona di kalangan khalayak ramai. Cara menggunakan mesin cuci 2 tabung yang terbilang mudah dan harga yang lebih terjangkau membuat elektronik tersebut digemari berbagai kalangan masyarakat.

Itulah sebabnya penggunaan mesin cuci di tanah air diprediksi mengalami peningkatan pertumbuhan tahunan majemuk (Compound Annual Growth Rate atau CAGR) sebesar 2,81% hingga tahun 2028.

Apakah Anda masih mencuci pakaian secara manual hingga saat ini?

Belum terlambat untuk mengandalkan mesin cuci agar aktivitas rumah tangga terasa lebih ringan. Kenali dulu komponen dan cara menggunakan mesin cuci 2 tabung berikut ini secara cermat supaya Anda lekas mahir menggunakannya.

Mengenal Berbagai Komponen Mesin Cuci 2 Tabung

Mesin cuci 2 tabung memiliki dua tabung terpisah yang letaknya bersebelahan satu sama lain, yaitu tabung pencuci dan tabung pengering. Meskipun terlihat simpel, sebenarnya cara kerja mesin cuci tersebut tergolong cukup kompleks dan didukung banyak komponen sebagai berikut:

  • Bodi: ukuran bodi mesin cuci 2 tabung memang lebih besar daripada mesin cuci 1 tabung karena tabungnya terpisah. Fungsi komponen ini sangat penting untuk melindungi seluruh komponen dalam mesin cuci supaya tidak terkena cipratan air, terpapar kotoran, atau rusak akibat gigitan hama (khususnya tikus).

Di samping itu, bodi juga berperan menjaga kinerja mesin saat mencuci dan mengeringkan pakaian agar dapat berlangsung stabil. Dulu, bodi mesin cuci terbuat dari besi sehingga rentan karat. Namun, kini mesin cuci telah berevolusi menggunakan bodi dari plastik premium yang ringan tetapi kuat dan anti karat.

  • Tabung pencuci (wash tube): pada umumnya, media untuk mencuci ini memiliki kapasitas berkisar antara 7 hingga 14 kg. Dinding tabung pencuci terdiri dari lubang yang menjadi tempat masuknya air serta filter untuk menyaring kotoran. Komponen filter tersebut bisa dibongkar pasang sehingga dapat dibersihkan secara berkala.
  • Tabung pengering (spin tube): media pengering ini terhubung ke mesin pengering melalui perantara komponen as sehingga bisa berputar kencang untuk mengeringkan cucian.
  • Pintu mesin: mesin pencuci dan mesin pengering masing-masing mempunyai satu pintu. Bahkan, mesin pengering memiliki satu pintu tambahan lagi yang menjadi tempat menempelnya rem. Keberadaan pintu tambahan tersebut penting untuk meningkatkan keamanan sewaktu pengeringan berlangsung.
  • Display selector: panel ini terdiri dari beberapa knop dan komponen lainnya untuk mengontrol kinerja mesin cuci. Knop serta komponen yang terdapat pada display selector, antara lain:
  • oWash timer (untuk mengontrol durasi pencucian atau pembilasan)
  • oDrain selector (untuk membuang air dari tabung pencuci)
  • oSpin timer (untuk mengatur durasi pengeringan)
  • oLubang air (untuk menyambungkan air dari selang ke mesin cuci)
  • oWater selector (untuk memindahkan air dari tabung pencuci ke tabung pengering atau sebaliknya).

Cara membilas pakaian di mesin cuci 2 tabung jadi mudah sebab water selector memungkinkan Anda melakukannya di tabung pencuci atau tabung pengering. Mesin cuci 2 tabung yang punya 2 lubang air untuk tabung pencuci dan tabung pengering tidak dilengkapi water selector.

  • Seal pengering: letaknya berada di bawah mesin pengering karena berfungsi menahan air supaya tidak masuk ke mesin pengering hingga mengakibatkan kerusakan.
  • Dinamo mesin pengering: dinamo ini berputar secara ekstra cepat supaya kinerja mesin pengering lebih maksimal. Efek samping rotasi dinamo membuat mesin pengering cepat panas sehingga pengaturan durasi maksimal yang disarankan untuk mengeringkan pakaian maksimal hanya 5 menit.
  • Rem mesin pengering: komponen ini tersambung dengan pintu tabung pengering sehingga langsung berfungsi ketika pintu tersebut dibuka, termasuk saat mesin pengering sedang bekerja. Kinerja rem dapat berfungsi dengan baik sebab torsi mesin pengering tergolong rendah meskipun kecepatan rotasinya tinggi.
  • Kapasitor: mesin cuci 2 tabung memiliki dua kapasitor yang masing-masing diperuntukkan bagimesin pencuci dan mesin pengering. Komponen ini penting untuk mendukung angkatan mesin sewaktu baru dinyalakan sebab mesin cuci tidak akan bisa menyala tanpa keberadaan kapasitor.
  • Pulsator: bentuknya seperti piringan yang terletak di dasar tabung pencuci. Saat mesin bekerja, pulsator akan berputar menggiling cucian dengan gerakan searah jarum jam dan sebaliknya. Gerakan pulsator menyerupai tangan yang sedang mencuci sehingga kotoran yang menempel pada cucian larut bersama air dan detergen.
  • Gearbox: rangkaian komponen ini dibaut secara kuat di bagian bawah tabung pencuci dengan as yang tersambung pada pulsator. Sama seperti mesin pengering, gearbox juga dilengkapi seal untuk mencegah kebocoran air dari tabung pencuci.
  • Vanbelt wash: fungsinya menghubungkan gearbox dengan mesin pencuci. Saat mesin pencuci dinyalakan, pulsator yang tersambung dengan gearbox akan berputar untuk mencuci pakaian.
  • Dinamo mesin pencuci: mesin pencuci terdiri dari rangkaian kumparan dinamo untuk menggerakkan pulsator sebagai media pencuci dan pembilas. Karakteristik mesin pencuci berbanding terbalik dengan mesin pengering karena kecepatannya rendah tetapi torsinya tinggi. Hal tersebut membuat mesin pencuci aman beroperasi dalam waktu lama karena tidak mudah panas.
  • Saluran pembuangan: sebagai media untuk mengeluarkan air bekas cucian dari mesin pencuci atau mesin pengering. Saluran pembuangan yang terlihat sederhana sebenarnya cukup kompleks karena memiliki banyak komponen, antara lain knop, motor, serta tali drain, seal, per seal, dan pengait seal pembuangan, filter air, serta selang pembuangan.

Sewaktu knop drain diputar, maka tali akan ditarik sehingga seal pembuangan terangkat. Air akan keluar melewati seal dan saluran pembuangan lalu mengalir ke luar mesin cuci.

Cara Menggunakan Mesin Cuci 2 Tabung

Proses mencuci dengan mesin cuci 2 tabung bisa dilakukan secara mudah dengan mengikuti beberapa langkah berikut ini:

  • Pisahkan pakaian kotor berdasarkan warna, jenis, dan atau tingkat kotornya.
  • Masukkan pakaian kotor ke dalam tabung pencuci. Hubungkan selang air yang salah satu ujungnya sudah tersambung dengan keran ke lubang air. Nyalakan keran agar air mengisi tabung pencuci. Tentukan kuantitas air berdasarkan jumlah pakaian yang akan dicuci. Semakin banyak atau semakin kotor pakaian yang dicuci, maka semakin banyak pula air yang dibutuhkan.
  • Masukkan detergen secukupnya ke dalam tabung pencuci lalu tentukan durasi pencucian.
  • Jika tabung pencuci sudah berhenti berputar, putar knop drain untuk membuang air cucian.
  • Ulangi proses pencucian tersebut sebanyak 3 kali atau lebih. Cara membilas pakaian di mesin cuci 2 tabung memang dilakukan layaknya mencuci seperti biasa hingga air bilasan tidak berbusa.
  • Pindahkan cucian yang sudah bersih ke tabung pengering lalu putar knop spin timer untuk menentukan durasi pengeringan. Bila tabung pengering mengeluarkan suara dan getaran berlebihan, berarti Anda perlu memperbaiki posisi cucian dalam tabung tersebut. Pastikan bahwa tabung pengering mengeluarkan suara dan getaran halus yang menandakan proses pengeringan berlangsung lancar.

Tips Merawat Mesin Cuci 2 Tabung

Mesin cuci 2 tabung Anda tentu wajib dirawat secara telaten supaya performanya maksimal dan tahan lama. Proses perawatannya tidak sulit asalkan Anda memperhatikan beberapa hal berikut ini:

  • Letakkan mesin cuci di tempat yang aman: cara merawat mesin cuci 2 tabung harus dimulai dengan meletakkannya pada posisi yang tepat. Sebaiknya, Anda meletakkan mesin cuci di tempat yang posisinya datar, tidak terkena sinar matahari langsung, dan tidak berdekatan dengan elektronik lainnya.

Usahakan untuk mengganjal bagian kaki mesin cuci tanpa mengganggu keseimbangannya. Bagian bawah mesin cuci yang tidak terkena air akan menjadi lebih awet dan kinerja setiap komponennya tetap prima.

  • Pilih jenis detergen yang tepat: detergen untuk mesin cuci tentu berbeda dengan detergen biasa untuk mencuci dengan tangan. Detergen khusus bukaan atas diformulasikan dengan kandungan busa yang mini sehingga tidak berisiko merusak mesin.

Alangkah lebih baik jika Anda menggunakan detergen khusus mesin cuci supaya hasil pencucian bersih maksimal sekaligus aman bagi mesin cuci.

  • Tentukan takaran detergen secukupnya: mencuci dengan detergen berlebihan akan membuat proses pembilasan berlangsung lebih lama dan butuh lebih banyak air. Di samping itu, detergen yang berlebihan juga berisiko menghasilkan busa terlalu banyak hingga mengganggu kinerja mesin cuci.

Oleh karena itu, Anda harus menyesuaikan takaran detergen dengan jumlah dan tingkat kotor cucian yang hendak dibersihkan.

  • Gunakan mesin cuci sesuai kapasitas: salah satu hal yang sering membuat mesin cuci lekas rusak adalah penggunaan melebihi kapasitas. Jangan mengisi mesin cuci terlalu penuh sehingga semua komponennya harus bekerja ekstra keras untuk mencuci dan mengeringkan.

Alangkah lebih baik jika Anda mengelompokkan cucian menjadi beberapa bagian sehingga proses mencuci bisa dilakukan secara bertahap. Penggunaan mesin cuci yang tidak pernah melebihi kapasitas akan membuatnya tahan lama dan tidak gampang rusak.

  • Bilas tabung pencuci dan pengering usai digunakan: sisa-sisa kotoran dan busa pada tabung mesin cuci rupanya berisiko merusak mesin cuci bila dibiarkan begitu saja. Jadi, sebaiknya Anda selalu membilas tabung pencuci dan pengering usai digunakan.

Siramkan air secukupnya untuk menghilangkan busa dan kotoran yang masih menempel pada bagian dalam tabung. Kemudian, jangan lupa mengelap tabung menggunakan kain lap microfiber yang bersih agar benar-benar kering.

  • Bersihkan filter secara rutin: filter mesin cuci merupakan komponen yang mudah dibongkar pasang sehingga bisa dibersihkan secara rutin. Usahakan untuk mencuci filter minimal satu bulan sekali supaya kinerja mesin cuci tetap maksimal.

Caranya, lepaskan filter perlahan-lahan lalu rendam dalam campuran air, soda kue, dan sedikit detergen. Sikatlah seluruh bagian filter menggunakan sikat gigi bekas lalu bilas sampai bersih. Selanjutnya, jemurlah filter beberapa saat hingga kering sebelum Anda memasangnya kembali.

Bila selama ini Anda sudah menggunakan mesin cuci 2 tabung sejak lama tetapi menginginkan solusi pencucian yang lebih praktis, mungkin sudah waktunya Anda beralih ke mesin cuci satu tabung bukaan depan (front load).

Mencuci dengan mesin 1 tabung jelas jauh lebih mudah daripada cara menggunakan mesin cuci 2 tabung karena seluruh prosesnya berlangsung otomatis.

AQUA Elektronik menghadirkan MESIN CUCI FQW-1580BS yang canggih untuk memenuhi kebutuhan Anda. Seri mesin cuci bukaan depan ini memiliki Super Drum Diameter berukuran 601 mm.

Kombinasi bodi yang lebih ramping dan drum berukuran XXL memberikan ruang lebih luas sekaligus desain menawan untuk menyempurnakan rumah Anda. Cucian jadi bersih lebih cepat hingga 55%.

Mesin cuci berkapasitas 15 kg ini dilengkapi teknologi Eco Inverter yang membuat suara motornya lebih halus sehingga Anda merasa nyaman saat mencuci. Teknologi Anti-Bacteria Treatment (ABT) pada MESIN CUCI FQW-1580BS merupakan perawatan anti-bakteri eksklusif yang menghilangkan 99,99% bakteri dan kuman berdasarkan uji VDE.

Laci detergen dan gasket jendela mesin cuci tetap bersih dari hari ke hari sehingga siklus pencucian jadi lebih higienis. Kebersihan mesin cuci ini juga selalu terjaga karena dukungan Dual Spray, yaitu sistem pembersihan otomatis yang diaktifkan pada akhir setiap siklus. Sistem ini akan menyemprotkan air untuk menghilangkan residu dan kotoran yang tertinggal supaya gasket jendela kembali bersih.

Kemampuan mencuci yang mumpuni pada mesin cuci AQUA Elektronik ini turut disempurnakan dengan teknologi Refresh yang memanaskan air pada suhu 600C hingga 650C selama 5 menit sehingga air menjadi uap kecil yang menembus pakaian, melembutkan, dan menghilangkan bau.

Di samping itu, ada pula teknologi Steam yang memanaskan air hingga mencapai suhu tinggi untuk menghasilkan uap disinfektan super. Uap tersebut dapat menghilangkan 99% bakteri, alergen, dan tungau pada pakaian supaya keluarga Anda senantiasa sehat.

Sekarang, tentu tak ada alasan lagi untuk enggan menghadirkan kecanggihan MESIN CUCI FQW-1580BS di rumah Anda. Mengurus cucian kotor jadi lebih praktis dan tidak menyita waktu serta tenaga bila Anda sudah menggunakan mesin cuci berkualitas dari AQUA Elektronik.

Kunjungi official store AQUA Elektronik sekarang juga untuk dapatkan produk terbaiknya!

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003