Cara membersihkan mesin cuci

Sama seperti perangkat elektronik lain, mesin cuci juga perlu dirawat dan dibersihkan secara rutin. Cara membersihkan mesin cuci yang benar juga penting agar komponen-komponennya tidak cepat aus atau karatan.

Mesin cuci yang jarang dibersihkan biasanya tidak akan terlalu terlihat kotor. Namun, berbagai kotoran, jamur, sisa detergen, dan endapan mineral menumpuk di bagian dalam mesin cuci sehingga menyebabkan cucian tidak bersih atau bahkan meninggalkan noda. Alih-alih jadi bersih, pakaian yang dicuci justru terlihat kusam.

Lantas, bagaimana rutinitas membersihkan mesin cuci dan cara membersihkan mesin cuci yang baik? Sebaiknya Anda membersihkan mesin cuci setidaknya dua kali dalam setahun atau tiap tiga bulan sekali. Jika Anda tinggal di wilayah yang panas, atau pakaian yang dicuci seringkali sangat kotor, maka pembersihan mesin cuci sebaiknya dilakukan setiap empat hingga enam minggu sekali.

Cara Membersihkan Mesin Cuci Tanpa Dibongkar

Selama ini, Anda mungkin jarang membersihkan mesin cuci karena ribet harus membongkarnya terlebih dulu. Padahal, ada cara membersihkan mesin cuci yang tidak terlalu ribet. Bahkan, Anda tak perlu membongkar mesin cuci untuk melakukannya. Simak cara membersihkan mesin cuci 1 tabung tanpa dibongkar berikut.

  • Semprotkan air sabun pada gasket dan pintu mesin cuci

Residu sabun dan air yang menumpuk pada karet pintu ditambah dengan lingkungan panas dari dalam mesin dapat menjadi tempat berkembang biak bagi jamur. Kondisi itu juga akan menimbulkan bau tak sedap.

Anda bisa menjaga kebersihan pintu mesin cuci dengan menyemprotkan air panas yang sudah dicampur sabun pada gasket. Tarik perlahan lipatan agar air benar-benar masuk, lalu lap dengan kain bersih.

  • Gunakan konsentrat (pembersih mesin cuci)

Anda dapat membeli konsentrat ini di toko bahan pencuci laundry ataupun secara online. Jenis dan harganya pun beragam, mulai dari Rp50 ribu hingga Rp100 ribu, tergantung besar kemasannya.

Berikut cara membersihkan mesin cuci 1 tabung tanpa dibongkar dengan menggunakan konsentrat:

  • -Isi tabung mesin cuci dengan air hingga penuh.
  • -Masukkan konsentrat ke dalam air, dan biarkan konsentrat terendam di dalam tabung agar melarutkan residu yang ada di tabung mesin cuci.
  • -Nyalakan mesin cuci selama kurang lebih 10 menit (sampai air berubah menjadi keruh), lalu diamkan selama tiga jam agar kotoran yang menempel di tabung mesin cuci rontok.
  • -Setelah tiga jam, buang air kotor tersebut dan bilas mesin cuci dengan air beberapa kali sampai tabung menjadi bersih.
  • Lap permukaan mesin cuci hingga kering

Setelah pencucian bagian dalam mesin cuci selesai, jangan lupa untuk membersihkan juga bagian luarnya. Gunakan lap yang telah diberi sabun untuk membersihkan noda pada permukaan mesin cuci. Terakhir, bersihkan kembali semuanya dengan lap kering.

Mencuci Pakaian Jadi Lebih Nyaman dengan Mesin Cuci FQW-1580BS

Salah satu hal yang membuat kegiatan mencuci menjadi lebih nyaman adalah saat mesin cuci tidak berisik saat sedang bekerja. Mesin cuci dengan kemampuan seperti ini biasanya menggunakan teknologi Eco Inverter, yang memungkinkan suara motor lebih halus sehingga Anda nyaman saat mencuci. Kelebihan ini terdapat pada mesin cuci FQW-1580BS persembahan dari AQUA Elektronik.

Mesin cuci ini memiliki teknologi terkini diameter super besar 601mm dengan body lebih ramping untuk memberikan ruang yang lebih luas dan desain menawan untuk rumah modern Anda. Anda dapat mencuci dalam kapasitas lebih banyak, dan cucian pun bersih lebih cepat hingga 55%.

Selain itu, keunggulan lain mesin cuci FQW-1580BS adalah fitur ABT, yaitu perawatan Anti-Bakteri Eksklusif yang menghilangkan 99,99% bakteri dan kuman yang diuji oleh VDE, memungkinkan laci deterjen dan gasket jendela mesin cuci tetap bersih hari demi hari, memastikan siklus cucian yang lebih higienis.

Sementara, fitur Steam membantu menjaga cucian terbebas dari bakteri. Dengan fitur ini, air dipanaskan hingga mencapai suhu tinggi dengan pipa pemanas dan menghasilkan uap desinfektan super, sehingga dapat menghilangkan 99,9% bakteri, alergen dan tungau yang efektif untuk menjaga kesehatan keluarga.

Ada pula fitur Dual Spray, yaitu sistem pembersihan otomatis yang diaktifkan pada akhir setiap siklus dengan menyemprotkan air untuk membersihkan gasket dan jendela untuk menghilangkan semua residu atau kotoran yang mungkin tertinggal. Fitur ini membantu Anda dalam merawat mesin cuci agar senantiasa bersih sehingga awet dan dapat digunakan dalam waktu yang lama.

Segera miliki mesin cuci canggih berkualitas ini! Kunjungi Official Store AQUA Elektronik sekarang juga, ya!

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003