Cara Merawat Mesin Cuci 1 Tabung dan 2 Tabung agar Awet

mesin cuci front load satu tabung

Peralatan elektronik apa saja yang fungsinya sangat penting di rumah Anda?

Mesin cuci tentu menjadi salah satu peralatan elektronik yang lazim digunakan dan fungsinya sangat penting bagi aktivitas rumah tangga. Harganya pun bervariasi sehingga tidak menguras isi kantong. Anda bisa memiliki mesin cuci 2 tabung dengan harga mulai dari 1 jutaan saja. Selain harus mempelajari cara menggunakan mesin cuci, Anda juga wajib memahami cara merawat mesin cuci supaya alat elektronik tersebut awet dan tidak mudah rusak.

Sebenarnya, cara merawat mesin cuci tidak sulit asalkan Anda melakukannya secara telaten. Sebelum mempelajari cara merawat mesin cuci 2 tabung dan 1 tabung agar awet dan tidak mudah rusak, sebaiknya Anda mengenal karakteristik masing-masing mesin cuci tersebut terlebih dahulu.

Perbedaan Mesin Cuci 1 Tabung dan Mesin Cuci 2 Tabung

Karakteristik mesin cuci 1 tabung dan mesin cuci 2 tabung dapat diklasifikasikan berdasarkan beberapa perbedaan berikut ini.

1. Mekanisme pencucian

Mesin cuci 2 tabung terdiri dari bak cuci dan bak pengering terpisah. Bak cuci berfungsi untuk proses perendaman, pencucian, dan pembilasan, sedangkan bak pengering hanya berfungsi untuk proses pengeringan. Sementara itu, mesin cuci 1 tabung hanya memiliki bak tunggal yang berfungsi melakukan seluruh proses, mulai dari perendaman, pencucian, pembilasan, hingga pengeringan.

2. Ukuran

Ukuran mesin cuci 2 tabung pasti lebih besar dibandingkan mesin cuci 1 tabung karena terdiri dari 2 bak terpisah. Perbedaan ukuran ini membuat mesin cuci 1 tabung lebih cocok digunakan di rumah berukuran mungil dengan luas lahan terbatas, sedangkan mesin cuci 2 tabung lebih cocok digunakan di rumah dengan ruangan yang lebih luas.

3. Kapasitas

Mesin cuci 2 tabung memiliki kapasitas bervariasi mulai dari 6,5 kg hingga 15 kg. Sementara itu, mesin cuci 1 tabung memiliki kapasitas berkisar antara 6 kg hingga 20 kg.

4. Harga

Mesin cuci 2 tabung biasanya dibanderol dengan harga murah yang berkisar antara 700 ribu hingga 2 juta rupiah. Sementara itu, harga mesin cuci 1 tabung lebih mahal pada kisaran 1 juta hingga 10 juta rupiah.

5. Fitur

Harga mesin cuci 1 tabung yang terbilang mahal tentu sebanding dengan fitur-fiturnya. Pada umumnya, mesin cuci 1 tabung dilengkapi fitur untuk mengatur level air, memilih mode pencucian berdasarkan sifat bahan, menghasilkan uap panas agar pakaian lebih higienis, dan berbagai fitur bermanfaat lainnya. Sementara itu, fitur mesin cuci 2 tabung lebih terbatas karena hanya terdiri dari pengaturan durasi pencucian dan durasi pengeringan serta knop pembuangan air.

6. Cara Pengoperasian

Proses pengoperasian mesin cuci 1 tabung lebih praktis karena Anda hanya perlu melakukan satu kali pengaturan pada tahap awal. Hal tersebut jelas berbeda dengan mesin cuci 2 tabung yang durasi pencucian, proses pembilasan, dan proses pengeringannya harus diatur secara manual. Selain itu, Anda juga harus meluangkan waktu untuk memindahkan baju dari bak cuci ke bak pengering bila menggunakan mesin cuci 2 tabung.

7. Konsumsi listrik

Fitur-fitur canggih pada mesin cuci 1 tabung membuat pemakaian listriknya lebih boros dibandingkan dengan mesin cuci 2 tabung. Namun, Anda tak perlu khawatir dengan hal tersebut karena saat ini hampir semua produk mesin cuci dilengkapi teknologi hemat energi, khususnya mesin cuci 1 tabung. Teknologi hemat energi membuat proses pencucian berlangsung efisien sesuai kuantitas, jenis bahan, dan kondisi cucian (sangat kotor atau tidak terlalu kotor) tanpa pemakaian listrik berlebihan.

8. Konsumsi air

Pemakaian air pada mesin cuci 1 tabung lebih hemat karena jumlah air diatur secara otomatis. Kendati demikian, aliran air ke mesin cuci tersebut harus kencang dengan satu saluran khusus supaya proses pencucian berlangsung lancar. Sebaliknya, pemakaian air pada mesin cuci 2 tabung biasanya lebih boros karena diatur secara konvensional. Meskipun lebih boros, mesin cuci 2 tabung tidak terpengaruh oleh gangguan aliran air dari keran sebab air bisa dimasukkan secara manual ke bak pencucian.

Cara Merawat Mesin Cuci 2 Tabung dan 1 Tabung agar Awet

Merawat mesin cuci 1 tabung atau 2 tabung sebenarnya terbilang mudah. Anda hanya perlu melakukan beberapa hal berikut ini untuk menjaga kondisi mesin cuci:

1. Menempatkan Mesin Cuci pada Lantai yang Datar dan Kering

Hal pertama yang tak boleh luput dari perhatian Anda saat merawat mesin cuci adalah meletakkannya pada posisi yang tepat. Sebaiknya mesin cuci diletakkan di lantai yang datar dan kering. Usahakan untuk tidak meletakkan mesin cuci di kamar mandi karena lantai kamar mandi yang selalu lembap rentan menyebabkan bodi dan komponen mesin cuci rusak. Tak cuma membuat bodi mesin cuci jadi kusam dan mudah rusak, lantai basah juga meningkatkan risiko korsleting listrik.

Jika Anda menggunakan mesin cuci 1 tabung, pastikan bahwa keran air menuju ke mesin cuci terpasang dengan baik dan tidak mengalami kebocoran. Dengan demikian, nantinya tidak ada air yang menetes dan membasahi bagian luar mesin cuci ketika alat elektronik tersebut sedang digunakan.

2. Membilas Mesin Cuci Setiap Kali Selesai Digunakan

Proses membilas mesin cuci harus dilakukan setiap kali Anda selesai menggunakannya. Cara membilasnya sangat mudah. Anda tinggal memasukkan air ke dalam tabung pencucian lalu memilih waktu pencucian paling singkat. Meskipun terkesan sederhana, cara merawat mesin cuci 2 tabung dan 1 tabung ini sangat efektif membuat tabung mesin cuci senantiasa bersih dan bebas dari bau tak sedap.

3. Membersihkan Sisa Detergen pada Mesin Cuci

Banyak orang yang tak menyadari kalau tumpukan residu detergen dapat memengaruhi sistem kerja mesin cuci. Oleh sebab itu, Anda wajib membersihkan sisa detergen pada mesin cuci minimal satu bulan sekali. Cara membersihkannya sangat mudah, yaitu Anda tinggal mengisi air pada tabung mesin cuci 2 tabung sampai penuh atau memilih proses pencucian level air tertinggi pada mesin cuci 1 tabung.

Setelah itu, tuangkan 2 hingga 4 cangkir cuka putih ke dalam tabung mesin cuci lalu tunggu sejenak agar proses pencucian seolah-olah berlangsung seperti biasa. Jika proses tersebut sudah selesai, buanglah larutan cuka lalu bilas tabung dengan air bersih sebelum mengelapnya dengan kain bersih yang kering. Cara merawat mesin cuci yang sederhana ini efektif membersihkan sisa detergen dan kerak kotoran pada tabung cuci dan agitator sehingga kondisi mesin cuci akan kembali prima.

4. Mencuci Pakaian Sesuai Kapasitas Mesin Cuci

Hal penting lainnya yang tak boleh diabaikan adalah memperhatikan kapasitas mesin cuci. Mencuci pakaian sesuai kapasitas adalah salah satu cara merawat mesin cuci 1 tabung agar mesin cuci awet yang juga berlaku untuk mesin cuci 2 tabung. Beban berlebihan membuat agitator mesin cuci tidak dapat berfungsi secara normal. Akibatnya, gerakan mesin cuci jadi terganggu dan pakaian pun tidak bersih maksimal. Jika penggunaan mesin cuci melebihi kapasitas dilakukan terus-menerus, kemungkinan besar mesin cuci jadi cepat rusak hingga akhirnya mati total.

5. Memeriksa Kondisi Selang dan Kabel Secara Berkala

Cara merawat mesin cuci yang benar harus disertai dengan pemeriksaan kondisi selang dan kabel. Anda wajib memastikan kalau selang dan kabel tidak terlilit atau terendam air selama proses pencucian berlangsung. Gulunglah selang dan kabel secara perlahan lalu letakkan pada tempat yang kering. Sebaiknya, Anda segera menggunakan selang atau kabel baru jika menemukan bagian selang atau kabel yang mulai rusak.

6. Membersihkan Filter Mesin Cuci Secara Rutin

Filter mesin cuci adalah salah satu komponen penting pada mesin cuci 1 tabung yang berfungsi menyaring air dalam tabung pencucian. Jadi, sebaiknya Anda meluangkan waktu untuk membersihkan filter tersebut minimal satu bulan sekali supaya komponen tersebut tetap bersih. Lepaskan filter secara perlahan-lahan lalu cuci menggunakan campuran cuka dan baking soda sampai bersih. Jika filter sudah bersih, Anda bisa langsung memasangnya kembali pada mesin cuci pada posisi yang tepat.

7. Menggunakan Detergen yang Tepat

Pemilihan detergen juga termasuk hal yang tak boleh luput dari perhatian Anda saat menggunakan mesin cuci. Detergen khusus mesin cuci diformulasikan dengan teknologi khusus yang membuat busa serta residunya berkurang. Saat ini, ada beberapa varian detergen mesin cuci yang beredar di pasaran, termasuk detergen untuk mesin cuci bukaan atas (top load) dan bukaan depan (front load). Penggunaan detergen yang tepat akan membuat mesin cuci Anda awet karena tidak mudah rusak akibat busa atau residu detergen yang berlebihan.

Jangan kecil hati dulu jika mesin cuci lama Anda sudah rusak dan harus diganti dengan yang baru. Pilihlah mesin cuci berkualitas sesuai kebutuhan dan mulailah melakukan beberapa cara merawat mesin cuci dengan benar agar lebih awet serta tidak mudah rusak.

Aqua Japan telah menyiapkan beberapa rekomendasi mesin cuci 1 tabung yang siap mendukung aktivitas Anda di rumah. Salah satunya yaitu Mesin Cuci Aqua Japan Front Load FQW-1050BF 10,5kg Super Wash Series. Seri mesin cuci Aqua Japan ini memiliki beberapa fitur unggulan yang siap mempermudah kegiatan mencuci pakaian, yaitu:

  • 525 Drum: diameter drum yang luas (525 mm) memberi kemudahan bagi Anda untuk memasukkan dan mengeluarkan pakaian dalam jumlah banyak. Hasilnya, pakaian tidak kusut dan terlilit, mudah disetrika, dan bersih sempurna.
  • Inverter Motor: Teknologi Eco Inverter yang membuat suara motor lebih halus sehingga Anda nyaman saat mencuci.
  • Refresh: Air akan dipanaskan pada suhu 60-650 C selama 5 menit hingga menjadi uap air kecil. Uap air tersebut akan menembus pakaian, melembutkan, dan menghilangkan bau.
  • Anti Bacteria Treatment (ABT): Perawatan Anti-Bakteri Eksklusif yang telah diuji VDE untuk menghilangkan 99,99% bakteri dan kuman.
  • Dual Spray: Sistem pembersihan otomatis yang diaktifkan pada akhir setiap siklus dengan menyemprotkan air untuk membersihkan gasket dan jendela sehingga efektif menghilangkan semua residu atau kotoran yang mungkin tertinggal.
  • Steam: Air dipanaskan hingga mencapai suhu tinggi dengan pipa pemanas dan menghasilkan uap desinfektan super. Fitur unggulan ini dapat menghilangkan 99,9% bakteri, alergen, dan tungau sehingga kesehatan keluarga selalu terjaga.

Selain Mesin Cuci Front Load FQW-1050BF 10,5kg Super Wash Series, ada satu lagi rekomendasi produk Aqua Japan yang tak kalah istimewa, yaitu Mesin Cuci Top Load AQW-1050R 10,5kg Care Wash Series. Seri mesin cuci bukaan atas Aqua Japan ini juga dilengkapi beberapa fitur istimewa sebagai berikut.

  • Pillow Drum: Drum kreatif bermotif bantal yang dapat merawat kain dan menghindari kerusakan pakaian. Lubang kecil berdiameter 2,2 mm di antara tonjolan bantal yang berfungsi mengurangi abrasi dan memberikan perawatan paling lembut untuk pakaian.
  • Soft Closing Door: Tutup atas bergerak secara perlahan dan lembut untuk mendukung ketahanan mesin cuci sekaligus mengurangi risiko jari terjepit secara tidak sengaja.
  • Low Water Pressure: Proses pencucian tidak berhenti karena tekanan air rendah sebab seri mesin cuci ini dilengkapi Near Zero Pressure yang bekerja hingga tekanan air 0,01 Mpa. Low Water Pressure adalah solusi ideal untuk orang yang tinggal di apartemen dengan tekanan air rendah atau kondisi rumah dengan posisi tangki penyimpanan air yang rendah.
  • Tempered Glass Rid: desain tutup kaca bertekstur keras dengan kualitas tinggi yang membuat penampilan mesin cuci semakin elegan, daya tahannya meningkat, dan masa pakainya lebih lama.
  • Power Off Memory: Saat mesin cuci berhenti akibat listrik mati, mesin cuci akan menyala kembali secara otomatis dari posisi berhenti dan melanjutkan proses pencucian yang tertunda.

Jadi, manakah mesin cuci Aqua Japan yang akan jadi pilihan Anda?

Kini, Anda pasti tak ragu lagi menggunakan mesin cuci 1 tabung berkualitas karena sudah memahami cara merawat mesin cuci 1 tabung agar mesin cuci awet dan performanya maksimal.

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003