Bagaimana Cara Kerja TV Hingga Bisa Menghasilkan Gambar?

Televisi atau TV adalah perangkat audio visual yang berfungsi menyajikan informasi dan hiburan. Sebagian besar orang tahu bagaimana cara mengoperasikan TV. Tapi, seberapa banyak orang yang tahu bagaimana cara kerja TV?

Pada prinsipnya, TV bekerja dengan mengubah sinyal magnetik dan elektonik menjadi suara dan gambar. Sinyal tersebut adalah gelombang elektromagnetik yang terdiri dari medan listrik dan medan magnet.

Di dalam perangkat televisi terdapat komponen-komponen yang saling berhubungan sesuai dengan fungsinya masing-masing. Semua komponen ini bekerja untuk menyajikan gambar yang dapat kita nikmati.

Mari kita bedah cara kerja TV.

  • Pertama-tama, stasiun televisi akan memancarkan sinyal atau gelombang kemudian ditangkap oleh antena.
  • Gelombang yang ditangkap antena itu lalu diteruskan melalui kabel yang terdapat pada TV.
  • TV akan menangkap lebih dari satu sinyal gelombang yang dipancarkan oleh berbagai stasiun televisi. Maka itu, sinyal akan dipisahkan oleh komponen yang bernama turner.
  • Setelah itu, sinyal yang diterima dari pemancar akan diproses ulang oleh kamera televisi. Selanjutnya, pada tabung katoda, akan ada tiga warna utama yang muncul yaitu merah, hijau, dan biru. Warna-warna tersebut kemudian diolah sehingga muncul output berupa gambar dan suara.
  • Output gambar lalu ditampilkan oleh layar, sedangkan suara dikeluarkan oleh speaker.

Begitulah proses cara kerja TV sehingga kita dapat menikmati tayangan berupa gambar dan suara pada layar televisi.

Mengenal Komponen TV dan Fungsinya

Apa saja komponen utama TV yang dapat menghasilkan gambar dan suara yang bisa kita nikmati lewat layar televisi? Berikut infonya.

  • Antena

Komponen ini berfungsi menangkap gelombang yang dipancarkan stasiun televisi.

  • Speaker

Speaker berfungsi untuk mengubah sinyal audio menjadi suara yang bisa didengar oleh telinga manusia. Speaker terdiri dari konus, magnet, dan kumparan suara.

  • Sirkuit penembak elektron

Sirkuit ini menggunakan sinyal gambar untuk diproses ulang dengan bantuan kamera TV.

  • Catu daya atau power

Power supply sebagai suplai tegangan bagi sebuah perangkat elektronik. Pada televisi, power supply bertugas mengeluarkan tegangan yang dibutuhkan oleh flyback (pembangkit tegangan).

  • Tunner

Turner adalah berfungsi menangkap sinyal suara dan gambar yang berasal dari pemancar. Tuner memiliki tiga komponen utama, yaitu osilator sebagai pembangkit frekuensi, RF sebagai komponen penangkap sinyal gambar dan suara, serta mixer sebagai penghasil frekuensi baru yang akan diteruskan ke penguat video.

  • Detektor Video

Detektor ini berfungsi mendeteksi sinyal video komposit yang keluar dari penguat IF untuk menampilkan gambar.

  • Automatic Gain Control (AGC)

Komponen ini memperkuat input yang dilakukan dengan sistem otomatis.

Cara kerja TV modern atau masa kini sudah mengalami banyak kemajuan dibandingkan televisi generasi pertama. Televisi dulu menggunakan tabung sinar katode (CRT) sebagai media tampilan gambar, sedangkan televisi modern menggunakan teknologi layar datar seperti LCD, LED, dan OLED.

Perbedaan lainnya, televisi modern menggunakan teknologi digital untuk memproses sinyal audio dan video. Berkat teknologi digital, kualitas gambar dan suara televisi modern lebih baik, serta memiliki fitur-fitur yang lebih kompleks seperti siaran berdefinisi tinggi (HD) dan siaran internet (smart TV).

Televisi AQT55S900UX: Pilihan Terbaik untuk Pengalaman Menonton yang Lebih Baik

Ingin lebih sering berkumpul bersama keluarga di rumah? Salah satu caranya adalah dengan melengkapi hunian Anda dengan televisi canggih yang bikin pengalaman menonton jadi lebih baik seperti smart TV AQT55S900UXpersembahan dari AQUA Elektronik.

Televisi AQT55S900UX berukuran 55 inci sehingga akan memberikan pengalaman menonton yang maksimal layaknya di layar lebar. Smart TV ini dilengkapi dengan kecerdasan buatan yang mencakup QLED, Google TV, MEMC 120Hc mengintegrasikan segala keunggulan fitur ponsel pintar ke dalam layar televisi yang lebih besar.

Televisi ini juga memiliki fitur bluetooth yang terpasang membuat Anda makin nyaman menikmati waktu luang. Sementara, fitur Google TV memungkinkan Anda untuk bisa mengunduh semua aplikasi dan game favorit Anda dari Google Play. Dan nikmati di layar lebar dengan akses mudah dari layar utama Google TV Anda.

Pengalaman menonton TV bersama keluarga akan terasa luar biasa karena televisi ini dilengkapi fitur QLED yang menciptakan warna lebih luas dan akurat serta mampu mengontrol secara tepat setiap warna yang keluar. Ditambah lagi dengan MEMC 120Hz yang meningkatkan kejernihan gambar, mengurangi blur di setiap gerakan, dan gambar yang berbayang. Tak ketinggalan, Dolby Vision membuat gambar semakin hidup dan warna yang lebih akurat.

Tampilan gambar yang jernih makin maksimal karena didukung kualitas sound yang juga luar biasa. Fitur Dolby Atmos akan membenamkan Anda dalam hiburan favorit dengan suara yang bergerak di sekitar Anda dengan realisme yang menakjubkan. Merasakan pengalaman menonton bioskop di AQUA TV yang disempurnakan dengan Dolby Atmos.

Tak diragukan lagi, televisi AQT55S900UX akan memberi Anda dan keluarga pengalaman menonton yang seru dan menyenangkan! Segera kunjungi Official Store AQUA Elektronik dan miliki televisi canggih ini sekarang juga!

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003