Apa Bedanya Mesin Cuci Manual dan Otomatis?

Saat ini tersedia beragam jenis mesin cuci yang dapat membantu meringankan kegiatan mencuci baju di rumah. Saking banyaknya pilihan, mungkin Anda malah jadi bingung saat hendak membelinya. Ada mesin cuci manual, dan ada pula yang otomatis. Sebelum menjatuhkan pilihan, ada baiknya Anda mengetahui dulu apa saja perbedaan mesin cuci manual dan otomatis.

Walaupun dibedakan antara yang otomatis dan yang manual, namun, keduanya sama-sama berfungsi memudahkan kegiatan mencuci pakaian. Ya, mencuci pakaian merupakan kegiatan yang cukup melelahkan dan memakan waktu, namun, tidak bisa diabaikan. Oleh karena itu, keberadaan mesin cuci sangat membantu sekali terutama bagi Anda yang sehari-hari memiliki kesibukan yang padat.

Ada beberapa aspek utama yang dapat Anda jadikan panduan untuk memahami perbedaan mesin cuci manual dan otomatis. Simak infonya berikut!

  • Dari segi cara kerja mesin cuci

Pada mesin cuci otomatis, semua proses bekerja secara otomatis. Mulai dari proses pencucian, pembilasan, dan pengeringan pakaian. Proses otomatis ini akan dimulai setelah Anda mengatur program dan memasukkan pakaian. Anda hanya perlu menekan tombol untuk memulai proses pencucian hingga pengeringan dalam satu tabung yang sama. Pada mesin cuci ini terdapat berbagai program mencuci yang dapat disesuaikan dengan jenis pakaian dan tingkat kotorannya.

Pada mesin cuci manual, Anda perlu terlibat dalam setiap tahapan pencucian hingga pengeringan. Anda harus mengisi air ke dalam mesin cuci, menuang detergen, mengatur waktu pencucian, membilas, hingga mengeringkan pakaian. Jika pada mesin cuci otomatis Anda dapat meninggalkannya setelah program pencucian dimulai, pada mesin cuci manual, Anda tidak bisa meninggalkannya. Anad harus kembali setiap satu tahap pencucian selesai untuk melanjutkan ke tahap selanjutnya.

  • Fitur mesin cuci

Mesin cuci otomatis biasanya dilengkapi dengan fitur-fitur khusus yang dirancang untuk membersihkan pakaian dengan lebih efisien. Fitur-fitur tersebut terbilang lengkap karena mencakup mulai dari pencucian lembut, pencucian berat, pencucian cepat, hingga pencucian khusus pakaian tertentu. Sebagian merek mesin cuci otomatis bahkan menyediakan tempat penyimpanan detergen hingga WiFi.

Sementara, pada mesin cuci manual, fiturnya tidak terlalu banyak, biasanya terdiri dari tabung yang berfungsi sebagai tempat mencuci, pengaturan putar tangan atau tuas untuk menggerakkan mesin, dan pengaturan pompa air secara manual. Mesin cuci manual umumnya hanya dapat melakukan fungsi pencucian dan pembilasan dasar.

Perbedaan lain juga bisa ditemukan pada cara mengisi air mesin cuci otomatis yang berbeda dengan mesin cuci manual. Pada mesin cuci otomatis, cara mengisi airnya adalah memompa air ke dalam tabung pencucian secara otomatis, mencuci pakaian, mengeluarkan air kotor, dan melakukan pengeringan. Sementara itu, pada mesin cuci manual, Anda harus memasukkan air ke dalam tabung secara manual sebelum mencuci hingga memindahkan pakaian basah ke tabung pengering secara mandiri.

  • Kapasitas dan ukuran

Mesin cuci otomatis hanya memiliki satu tabung yang dapat digunakan untuk mencuci dan mengeringkan pakaian. Sementara, mesin cuci manual biasanya memiliki dua tabung; satu tabung untuk mencuci dan satu tabung sebagai pengering.

Selain itu, mesin cuci otomatis tersedia dalam berbagai ukuran dan kapasitas yang dapat menampung beban cucian yang lebih besar. Kapasitas mesin cuci otomatis bisa mencapai 5–12 kg atau lebih. Sementara, mesin cuci manual sering kali digunakan untuk mencuci pakaian dalam jumlah kecil. Kapasitas mesin cuci manual umumnya sekitar 3–6 kg. Meski memiliki kapasitas yang besar, namun ukuran mesin cuci otomatis lebih ramping sehingga cocok untuk rumah minimalis.

  • Konsumsi air dan daya listrik yang digunakan

Salah satu bahan pertimbangan utama saat hendak membeli mesin cuci adalah tingkat konsumsi air dan listriknya. Nah, hal ini juga menjadi salah satu poin perbedaan mesin cuci manual dan otomatis. Mesin cuci otomatis cenderung menggunakan air dan listrik lebih banyak dibandingkan mesin cuci manual. Hal ini tentu berdampak ke biaya air dan penggunaan listrik bulanan rumah tangga.

  • Harga

Perbedaan mesin cuci manual dan otomatis yang lain adalah pada harganya. Karena mesin cuci otomatis dilengkapi teknologi otomatis dan fitur-fitur tambahan, Anda mungkin sudah bisa menduga bila harganya lebih mahal dibandingkan mesin cuci manual. Ya, hal ini memang benar.

Bahkan bukan itu saja. Biaya perawatan dan perbaikan mesin cuci otomatis pun cenderung lebih mahal karena bila muncul masalah teknis, maka perlu bantuan teknisi khusus untuk memperbaikinya. Pada mesin cuci manual, biaya perawatannya relatif lebih rendah dan terjangkau. Karena desain dan cara kerja mesin cuci manual termasuk sederhana, masalah teknis yang muncul sering kali dapat diatasi dengan mudah tanpa perlu memanggil teknisi khusus.

Kelebihan dan Kekurangan Mesin Cuci Manual

Bagi Anda yang sudah terbiasa dengan mesin cuci manual dan ingin terus menggunakan mesin cuci jenis ini, tentu tidak ada salahnya. Untuk melengkapi wawasan Anda, ketahui juga apa saja kelebihan dan kekurangan mesin cuci manual berikut.

Kelebihan:

  • -Harga lebih terjangkau dibandingkan mesin cuci otomatis.
  • -Anda dapat mengontrol proses pencucian dan pengeringan secara lebih fleksibel karena tidak “diserahkan” sepenuhnya ke mesin cuci.
  • -Lebih hemat air dan listrik karena Anda dapat mengatur sendiri jumlah air yang dibutuhkan serta waktu pengeringannya sesuai kebutuhan.

Kekurangan:

  • -Karena pengoperasiannya manual, maka perlu ada orang yang terlibat di dalam setiap tahapannya. Mulai dari mengisi air, membuang air, memasukkan pakaian, menuang detergen, memeras pakaian, dan memindahkan pakaian dari tabung pencuci ke tabung pengering.
  • -Meski dilengkapi tabung pengering, namun tingkat kekeringan pakaiannya termasuk rendah bila dibandingkan pengering pada mesin cuci otomatis. Hal ini karena sistem pengeringan mesin cuci manual menggunakan metode putaran.

Kelebihan dan Kekurangan Mesin Cuci Otomatis

Bagi Anda yang tertarik dengan mesin cuci otomatis, simak dulu kelebihan dan kekurangan mesin cuci jenis ini sebelum mengambil keputusan.

Kelebihan:

  • -Pengoperasiannya lebih mudah dan dapat disambi mengerjakan hal lain sepanjang proses pencucian hingga pengeringan.
  • -Dilengkapi program pencucian otomatis yang dapat disesuaikan dengan jenis pakaian dan tingkat kotorannya.
  • -Proses pencucian lebih cepat dan efisien sehingga menghemat waktu.
  • -Kebanyakan dilengkapi fitur pengeringan sehingga proses pengeringan cucian pun jadi lebih cepat dibandingkan saat dikeringkan secara terpisah.

Kekurangan:

  • -Harganya lebih mahal dibandingkan mesin cuci manual.
  • -Pada mesin cuci otomatis front loading, proses pengisian dan pengambilan pakaian bisa lebih sulit karena penutup tabung berada di depan.
  • -Pada mesin cuci otomatis front loading, tabung mesin cucinya lebih sulit dibuka dan dibersihkan.
  • -Pada mesin cuci otomatis top loading, konsumsi air dan deterjennya lebih banyak dibandingkan dengan mesin cuci otomatis front loading.

Mesin Cuci FQW-1580BS Otomatis, Membuat Aktivitas Mencuci Jadi Lebih Mudah dan Cepat

Dengan mesin cuci, kegiatan mencuci baju jadi sangat terbantu. Namun, tahukah Anda bila ada mesin cuci yang membuat kegiatan mencuci jadi lebih mudah dan cepat? Ya, dengan mesin cuci FQW-1580BS persembahan dari AQUA Elektronik, Anda akan merasakan kegiatan mencuci jadi 55% lebih cepat dan lebih bersih.

Mesin cuci ini memiliki teknologi terkini diameter super besar 601mm dengan body lebih ramping untuk memberikan ruang yang lebih luas dan desain menawan untuk rumah modern Anda. Anda dapat mencuci dalam kapasitas lebih banyak, dan cucian pun bersih lebih cepat hingga 55%.

Mesin cuci ini juga dilengkapi dengan fitur Refresh, di mana air akan dipanaskan pada suhu 60-65 derajat Celcius selama 5 menit dan menjadi uap air kecil. Mereka akan menembus pakaian, melembutkan, dan menghilangkan bau. Kemudian aliran udara dingin akan menyapu kotoran dan mengembalikan serat pakaian ke bentuk aslinya sehingga dapat meminimalkan kerutan dalam 15-30 menit.

Ada juga fitur Steam yang membantu menjaga cucian terbebas dari bakteri. Dengan fitur ini, air dipanaskan hingga mencapai suhu tinggi dengan pipa pemanas dan menghasilkan uap desinfektan super, sehingga dapat menghilangkan 99,9% bakteri, alergen dan tungau yang efektif untuk menjaga kesehatan keluarga.

Sementara, fitur ABT, yaitu perawatan Anti-Bakteri Eksklusif yang menghilangkan 99,99% bakteri dan kuman yang diuji oleh VDE, memungkinkan laci deterjen dan gasket jendela mesin cuci tetap bersih hari demi hari, memastikan siklus cucian yang lebih higienis.

Mesin cuci berdaya tampung besar ini juga memiliki fitur Dual Spray, yaitu sistem pembersihan otomatis yang diaktifkan pada akhir setiap siklus dengan menyemprotkan air untuk membersihkan gasket dan jendela untuk menghilangkan semua residu atau kotoran yang mungkin tertinggal. Fitur ini membantu Anda dalam merawat mesin cuci agar senantiasa bersih sehingga awet dan dapat digunakan dalam waktu yang lama.

Yang pasti, kegiatan mencuci dengan FQW-1580BS menjadi lebih nyaman karena mesin cuci ini menggunakan teknologi Eco Inverter, suara motor lebih halus sehingga Anda nyaman saat mencuci.

Ingin merasakan berbagai kemudahan tersebut? Segera kunjungi Official Store AQUA Elektronik sekarang juga untuk bisa memiliki mesin cuci ini!

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003