Apakah Semua TV LED Termasuk TV Digital?

Sejak November 2022 lalu, masyarakat Indonesia sudah melakukan transisi dari televisi analog ke sinyal TV digital. Tetapi, transisi ini membuat bingung sebagian masyarakat. Salah satu pertanyaan yang sering muncul adalah apakah TV LED termasuk TV digital?

Kebanyakan TV LED sudah mendukung sinyal TV digital. Bentuknya pun berbeda dari TV analog. Itu sebabnya TV tersebut kerap disamakan dengan TV digital. Padahal, tidak semua TV LED itu adalah TV digital.

Pengertian TV LED

TV LED berarti televisi tersebut sudah menggunakan teknologi panel LED (Light – Emitting Diode). Panel ini mampu memancarkan cahaya bila diberi tenaga listrik dengan konfigurasi arus bias maju (forward bias).

Teknologi LED sendiri tentunya lebih canggih dibanding LCD (Liquid Crystal Display) dan CRT (Cathode Ray Tube). Daripada dua pendahulunya ini, LED dapat menampilkan kualitas gambar yang lebih baik.

Meskipun begitu, TV LED belum tentu termasuk TV digital. TV digital sendiri mengacu pada kemampuan televisi dalam mengolah sinyal secara digital. TV LED bisa dikatakan sebagai TV digital ketika perangkat tersebut dilengkapi dengan teknologi siaran digital seperti DVB – T2

Jika ingin menikmati layanan TV digital di TV LED, itu artinya Anda perlu menambahkan perangkat baru, yaitu Set Top Box (STB) yang mendukung teknologi DVB – T2. Bila tidak ada STB, Anda bisa memilih TV LED yang dilengkapi teknologi siaran digital.

Ciri-ciri TV LED Digital

TV digital juga bisa dibedakan dari modelnya yang lebih kekinian dan tipis. Berbeda dari TV analog yang berbentuk tabung, TV digital memiliki teknologi layar LCD atau LED. Namun, secara teknis, ciri-ciri TV digital dapat dilihat dari dua hal berikut ini:

  • Kualitas Gambar dan Suara yang Lebih Jernih

TV LED Digital tentunya memiliki suara dan gambar lebih jernih. Ini berkat dukungan resolusi High Definition (HD) sampai 4K. Bahkan ada juga yang dilengkapi dengan fitur teknologi surround – sound seperti Dolby Audio.

Kualitas ini memberikan kenyamanan pada penglihatan saat menonton siaran televisi. Pancaran sinyal TV digital pun lebih stabil sehingga tidak akan menurunkan kualitas gambar.

Asalkan sinyal dapat diterima receiver, suara dan gambar konten siaran dapat dinikmati dengan kualitas baik.

  • Sudah Memiliki Fitur DVB – T2

Semua TV digital tentunya dilengkapi dengan jenis sinyal digital berteknologi DVB – T2 (Digital Video Broadcasting – Terrestrial Second Generation).

Teknologi yang dikembangkan DVB Project ini mampu membaca dan menerjemahkan sinyal digital dari sistem pengolahan transmisi digital. Nantinya sistem ini akan mengubah ukuran file video menjadi lebih kecil tanpa mengurangi kualitasnya.

Selain itu, DVB – T2 juga memiliki sistem optimalisasi pemanfaatan channel. Artinya, teknologi ini dapat memuat lebih banyak program siaran dalam satu kanal frekuensi radio saja. Itulah mengapa jumlah siaran di TV digital lebih banyak ketimbang TV analog.

Cara Pindah Siaran dari TV Analog ke TV Digital

Analog Switch Off (ASO) atau penghentian siaran TV analog telah diberlakukan secara merata di Indonesia. Sejak saat itu, masyarakat mulai beralih ke siaran TV digital untuk tetap bisa menyaksikan tayangan favorit.

Perpindahan siaran TV analog ke TV digital juga mudah dilakukan. Caranya adalah:

  1. Pastikan area tempat tinggal termasuk dalam cakupan layanan siaran TV digital
  2. Untuk memudahkan pengecekan sinyal digital di wilayah Anda, unduh aplikasi Sinyal TV Digital di App Store atau Google Play Store
  3. Pasang antena biasa atau UHF di luar atau dalam rumah
  4. Pastikan TV telah mendukung penerimaan siaran TV digital DVB – T2. Jika belum, gunakan perangkat Set Top Box (STB) agar sinyal siaran TV digital dapat tertangkap
  5. Setelah semua perangkat terpasang, nyalakan TV lalu aktifkan mode AV
  6. Arahkan pointer ke menu Pengaturan (setting) lalu pilih opsi Auto Scan untuk memulai pemindaian siaran TV digital secara otomatis
  7. Tunggu hingga proses selesai dan daftar siaran TV digital tampil di layar.

Pengguna televisi analog memang masih bisa menyaksikan siaran TV digital berkat bantuan STB. Tetapi, untuk memperoleh pengalaman menonton yang lebih optimal, kebanyakan orang beralih ke televisi digital dengan fitur-fitur yang lebih pintar.

Tak hanya mempermudah pemindaian siaran, televisi pintar juga bisa digunakan untuk kebutuhan hiburan lainnya seperti main game. Itu sebabnya AQUA Elektronik menghadirkanTELEVISI AQT43P750UX untuk memberikan pengalaman menonton yang menakjubkan.

TV pintar ini dilengkapi dengan teknologi HQLED sehingga layar menampilkan beragam level warna yang lebih presisi. Dilengkapi fitur 4K HDR, kontrol kecerahannya dapat menciptakan warna yang halus dan tajam.

TELEVISI AQT43P750UX memiliki teknologi Dolby Atmos dan Dolby Vision yang tidak hanya menghasilkan detail gambar lebih jelas dan lebih hidup, tapi juga realisme suara yang menakjubkan.

Tidak heran bila Anda dapat merasakan pengalaman nonton di bioskop lewat AQUA TV berukuran 50 inci ini. Tak hanya menonton, Anda juga bisa main game dan mengakses 5000 aplikasi yang bisa diunduh melalui Google Play Store.

Dengan Hands – free Voice Control, mengoperasikan TELEVISI AQT43P750UX semakin mudah untuk menunjang segala kebutuhan menonton di rumah Anda.

Tunggu apalagi? Segera miliki TV terbaik yang akan memanjakan aktivitas menonton Anda bersama keluarga dengan produk terbaik dari AQUA Elektronik. Dapatkan produknya sekarang hanya di official store AQUA Elektronik!

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003