Yuk, Ketahui Cara Merawat TV LED Anda agar Tidak Cepat Rusak!

Yuk, Ketahui Cara Merawat TV LED Anda agar Tidak Cepat Rusak!

Dominasi TV LED di kalangan masyarakat semakin menyeruak. Bagaimana tidak? TV LED terbukti memiliki teknologi yang canggih dan dilengkapi banyak fitur, sehingga menjadi pilihan banyak orang. Akan tetapi, apakah Anda sudah mengetahui bagaimana cara merawat TV LED yang benar? Jika belum, hal ini sangat penting untuk dipahami.

Sebab, selayaknya barang elektronik lainnya, TV LED juga harus diberikan perawatan yang baik agar tetap awet dan tidak timbul masalah. Masalah yang sering terjadi antara lain adalah black screen, suara terdengar tetapi gambar tidak muncul atau sebaliknya, hingga kondisi TV yang mati total.

Anda tidak ingin, kan, masalah tersebut menimpa TV LED Anda? Untuk itu, yuk, ketahui bagaimana cara merawatnya lewat artikel ini!

5 Cara Merawat TV LED

Terdapat 5 cara yang bisa Anda lakukan dalam merawat TV LED yang Anda miliki, di antaranya:

    Perhatikan suhu & kelembapan tempat TV

    Cara pertama dalam merawat TV LED adalah dengan menyimpan TV di tempat dengan suhu dan kelembapan yang tepat. Alangkah baiknya Anda menyimpan TV LED di tempat yang memiliki suhu ruangan atau normal, dengan tingkat kelembapan yang rendah.

    Sebab, suhu yang terlalu rendah bisa mengganggu kualitas gambar yang dihasilkan TV dan apabila terlalu tinggi bisa membuat TV menjadi panas hingga tidak berfungsi.

    Sementara itu, TV yang disimpan di tempat dengan tingkat kelembapan yang tinggi bisa menciptakan korosi berkat komponen elektronik yang terdampak uap air dalam jumlah besar. Akibatnya, TV bisa berpotensi korslet. Selain itu, Anda juga disarankan untuk menaruh TV jauh dari benda-benda yang mengandung air atau cairan.

    Jangan biarkan TV selalu menyala

    Cara selanjutnya adalah dengan mematikan TV jika sedang tidak digunakan. Memang, hal ini memang sulit dilakukan. Terbukti dengan masih banyaknya orang yang membiarkan TV menyala secara terus-menerus agar ruangan tidak sepi.

    Ternyata, hal tersebut bisa mengurangi masa pakai TV dan membuat tagihan listrik menjadi boros. Oleh karena itu, Anda bisa mulai hilangkan kebiasaan tersebut agar TV LED yang Anda miliki bisa awet dan terhindar dari segala macam masalah.

    Gunakan stabilizer tegangan listrik

    Selanjutnya adalah dengan menggunakan stabilizer tegangan listrik. Gunanya adalah agar listrik yang mengalir pada TV selalu berada di jumlah yang stabil. Dengan menggunakan stabilizer, Anda sudah tidak perlu khawatir akan terjadi naik-turun aliran listrik terutama pada saat musim penghujan. Selain itu, listrik akan terbagi secara merata dan tidak saling berebut dengan perangkat elektronik lainnya.

    Bersihkan layar TV dengan benar

    Perabotan rumah yang lama dibiarkan, semakin lama pasti akan semakin kotor dan berdebu, kan? Sama halnya dengan barang elektronik seperti TV LED. Namun, berbeda dengan jenis TV yang sudah ada sebelumnya, TV LED membutuhkan kehati-hatian lebih, terutama dalam membersihkan layar.

    Pasalnya, layar TV LED cenderung lebih sensitif. Dalam membersihkannya, Anda bisa menggunakan kain berbahan lembut dengan gerakan satu arah secara perlahan agar tidak tergores. Jika ingin membersihkan secara menyeluruh, Anda bisa menggunakan pembersih berbahan dasar alkohol. Oh, iya, pastikan TV Anda sudah dalam keadaan mati pada saat dibersihkan, ya!

    Selain layar, Anda juga bisa membersihkan juga debu yang berada di sela-sela lubang sirkulasi TV agar tidak menumpuk dan merusak komponen elektrikal yang ada di dalam.

    Hindari menyimpan benda magnetik di dekat TV

    Cara yang satu ini seringkali dilupakan oleh para pemilik TV LED, padahal benda magnetik yang disimpan dekat TV bisa berdampak buruk pada kualitas TV, lho! Selain benda magnetik, alangkah baiknya untuk menyimpan benda-benda elektromagnetik jauh dari TV, misalnya ponsel. Sebab, benda tersebut bisa menimbulkan masalah pada gambar yang ditampilkan TV juga flash memory pada TV.

    Hayo, apakah Anda masih menyimpan benda magnetik di sekitar TV Anda? Jika iya, segera pindahkan ke tempat yang jauh dengan TV, ya!

Gunakan TV LED yang Berkualitas dan Bergaransi dari AQUA Elektronik

Sebelum merawat TV LED, alangkah baiknya untuk memiliki produk TV LED yang sudah terjamin kualitasnya, seperti produk TV LED tipe LE40AQT9200MF dari AQUA Elektronik. Tipe TV ini dilengkapi dengan fitur Full HD (1920 x 1080)p, sehingga mata Anda akan dimanjakan dengan tampilan gambar yang lebih tajam dan jernih.

Selain itu, tipe ini juga sudah dilengkapi dengan fitur Digital TV, di mana Anda bisa mengakses siaran digital tanpa gambar yang ‘kesemutan’, sehingga tayangan akan terbebas dari bintik dan bayangan.

Terakhir dan yang paling penting, TV dari AQUA Elektronik sudah terjamin dengan garansi panel (5 tahun) juga garansi suku cadang dan jasa (1 tahun), resmi dari AQUA Elektronik. Jadi, Anda sudah tidak perlu khawatir jika terjadi kerusakan pada TV Anda. Sangat menarik, bukan?

Jadi, selain mengetahui cara merawat TV LED yang benar, pastikan TV yang Anda pilih juga memiliki kualitas yang mumpuni, ya. Yuk, kunjungi Official Website AQUA Elektronik untuk tahu informasi lebih lengkap mengenai produk TV dari AQUA Elektronik!

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003