Intip Sederet Manfaat Air AC, Jangan Dibuang!

AC yang berfungsi dengan normal akan mengeluarkan air melalui pipa pembuangannya. Semakin sering Anda menyalakan AC, maka air buangannya pun semakin banyak. Tahukah Anda? Ternyata air pembuangan dari AC itu bisa dimanfaatkan, loh.

Air pembuangan dari AC rumah bisa dianggap air limbah, sama seperti air buangan dari peralatan elektronik rumah tangga lain, seperti mesin cuci, bath tub, dan sebagainya. Nah, air buangan seperti ini ternyata dapat didaur ulang sehingga bisa menghemat penggunaan air sehari-hari.

Kira-kira apa saja ya, manfaat air AC? Berikut ini sederet manfaat air AC.

Manfaat Air AC

1. Untuk menyiram tanaman

Manfaat air AC yang pertama adalah untuk menyiram tanaman. Ya, daripada air AC dibuang begitu saja, lebih baik dipakai untuk menyiram tanaman. Air buangan AC ini bisa dibilang hampir serupa dengan air suling, namun tidak terlalu bersih.

Apakah ada manfaat air AC untuk tanaman? Air buangan AC memiliki kandungan yang berbeda dengan air tanah atau air PAM. Air AC tidak mengandung klorin atau zat tambahan lain sehingga bisa dimanfaatkan untuk menyiram tanaman, seperti tanaman karnivora atau tanaman pemangsa daging serangga. Bagi Anda yang senang berkebun dan mengoleksi banyak tanaman, memanfaatkan air AC untuk menyiram tanaman tentu dapat menghemat pemakaian air secara signifikan.

2. Untuk membersihkan toilet

Sistem flush pada kloset sesungguhnya menggunakan cukup banyak air. Nah, Anda bisa menyelingi penggunaan flush dengan memanfaatkan air buangan AC untuk menyiram toilet.

Selain itu, manfaat air AC yang lain adalah untuk membersihkan kamar mandi. Banyak orang bilang air buangan AC efektif menghilangkan noda kuning pada kloset atau ubin kamar mandi. Benarkah? Saatnya Anda mencoba sendiri.

3. Untuk membersihkan perlengkapan rumah

Selama ini, Anda mungkin membersihkan perlengkapan rumah dengan menggunakan air bersih. Mulai sekarang, coba manfaatkan air buangan AC untuk membersihkan perlengkapan rumah seperti perlengkapan dapur, jendela, atau furnitur di teras. Untuk mengatasi noda membandel, cukup tambahkan baking soda atau cuka.

Selain itu, kalau air buangan AC yang terkumpul cukup banyak, bisa juga dipakai untuk membersihkan kendaraan, misalnya untuk mencuci motor atau sepeda. Lumayan, kan, jadi menghemat penggunaan air bersih.

4. Sebagai air radiator mobil

Mungkin tak pernah terlintas di benak Anda bahwa air buangan AC bisa dimanfaatkan untuk air radiator mobil. Hal ini mungkin saja sebab air buangan AC tidak mengandung mineral. Oleh karena itu, ketika air tersebut mendidih, tidak akan menghasilkan kerak seperti air hasil rebusan atau air mineral.

Menurut para pemilik bengkel spesialis radiator, ketika air buangan AC digunakan, hampir tidak ada kerak yang tertinggal atau tersisa di dalam radiator. Padahal, dalam kondisi parah, air dapat menciptakan karat sehingga bisa membuat pipa menjadi tersumbat. Selain itu, air buangan AC lebih dingin daripada air biasa sehingga dapat membuat radiator lebih dingin dan fungsi mobil menjadi lebih baik.

5. Sebagai irigasi

Manfaat air AC yang lain adalah untuk irigasi. Artinya, air buangan AC dapat digunakan untuk mengairi pepohonan, perkebunan, atau persawahan di luar ruangan. Karena air AC tidak mengandung klorin atau bahan tambahan lain, maka air ini aman untuk mengairi berbagai jenis tanaman.

AC AQA-KCR5AHQ: Pilihan AC Berkualitas untuk Ruangan Anda

Saat memilih AC, Anda tentu harus menyesuaikan dayanya dengan besar ruangan tempat AC akan dipasang. Namun, di samping itu, Anda tentu ingin memiliki AC berkualitas yang dapat menghadirkan udara dingin secara cepat dan awet meski sering digunakan.

Tak perlu bingung memilih AC berkualitas untuk ruangan Anda. Pilihan terbaik sudah pasti jatuh pada AC AQA-KCR5AHQ persembahan dari AQUA Elektronik. Ada banyak alasan yang menjadikan AC ini sebagai pilihan berkualitas.

Pertama, AQA-KCR5AHQ dilengkapi fitur Turbo Cooling yang mampu menghadirkan kesejukan di dalam ruangan hanya dalam waktu kurang lebih 5 menit. Ya, tak lama setelah Anda menyalakan AC dan mengatur suhu yang diinginkan, udara dingin yang segar pun akan segera terasa dan menghadirkan kenyamanan di dalam ruangan. Perlu diketahui bahwa fitur ini tidak dimiliki oleh semua AC.

Selain itu, AQA-KCR5AHQ juga memiliki fitur Wide Voltage yang membuat kinerja AC tetap stabil dan optimal pada rentang voltase yang lebar (160V-242V). Ditambah fitur Air Flow yang dapat mengalirkan udara lebih jauh, lebih cepat, dan lebih kuat.

AC AQA-KCR5AHQ juga memiliki ketahanan yang baik. AC ini dibuat dari material istimewa anti karat, yaitu tembaga murni berlapis blue fin untuk evaporator dan kondensor sehingga mencegah timbulnya karat di unit indoor/outdoor.

Jadi, Anda tak perlu bingung lagi memilih AC berkualitas untuk ruangan Anda. AC AQA- KCR5AHQ cocok menjadi pelengkap hunian karena memiliki desain yang menawan dan menghembuskan angin yang menyejukkan. Segera miliki AC ini untuk meningkatkan kenyamanan di hunian Anda. Kunjungi Official Store AQUA Elektronik sekarang juga untuk mendapatkan berbagai promosi menarik!

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003