Ini Pentingnya Pakai Produk Elektronik yang Ramah Lingkungan

Isu lingkungan hidup menjadi topik hangat yang terus populer selama beberapa dekade terakhir. Kerusakan lingkungan adalah masalah masif yang jarang disadari tetapi tidak boleh dibiarkan begitu saja sebab dapat mengganggu keseimbangan hidup secara keseluruhan. Setiap orang punya andil besar dalam menjaga kelestarian lingkungan. Salah satu hal paling sederhana yang dapat Anda lakukan untuk mewujudkan hal tersebut adalah mengutamakan penggunaan produk elektronik yang ramah lingkungan.

Kini, kriteria merek elektronik terbaik bukan sekadar yang dilengkapi beragam fitur canggih. Lebih dari itu, sisi ramah lingkungan penting untuk diprioritaskan sebagai upaya untuk menjaga keseimbangan ekosistem hidup. Alangkah lebih baik jika sekarang Anda mulai mengenal produk ramah lingkungan secara lebih mendala supaya tidak ragu menggunakannya untuk mempermudah segala sisi kehidupan.

Apa yang Dimaksud dengan Produk Elektronik Ramah Lingkungan?

Produk elektronik ramah lingkungan dapat didefinisikan sebagai perangkat elektronik yang proses perancangan dan produksinya sangat mempertimbangkan dampaknya bagi lingkungan. Dengan kata lain, pemilihan bahan baku, pembuatan, hingga penggunaan produk elektronik yang ramah lingkungan tidak boleh bertentangan dengan kepentingan lingkungan secara keseluruhan. Seluruh siklus hidup produk elektronik tersebut harus menimbulkan risiko seminimal mungkin bagi upaya pelestarian lingkungan.

Apa Ciri-Ciri Produk Ramah Lingkungan?

Bila Anda hendak mengupayakan penggunaan produk elektronik yang ramah lingkungan secara lebih masif, berarti Anda patut mengenal ciri-cirinya terlebih dahulu. Pada umumnya, produk ramah lingkungan ditandai dengan beberapa ciri sebagai berikut:

  • Menggunakan bahan-bahan yang ramah lingkungan: setiap produk elektronik ramah lingkungan tentu berusaha mengandalkan bahan-bahan yang dampaknya lebih minim bagi kerusakan lingkungan. contoh produk ramah lingkungan sederhana adalah AC modern. Produk AC masa kini menggunakan jenis freon yang lebih ramah lingkungan dibandingkan generasi pendahulu sehingga efektif mengurangi kerusakan lapisan ozon.
  • Memperoleh sertifikat Green Label Indonesia: Green Label Indonesia adalah suatu sertifikasi bagi produk yang memenuhi kriteria ramah lingkungan berdasarkan ketentuan lembaga audit profesional. Proses penyusunan kriteria sertifikasi ini mengacu pada ISO 12024 dengan persyaratan umum mencakup penggunaan logam berat, kandungan karsinogenik dan zat berbahaya lainnya, sistem manajemen lingkungan, konsumsi energi dan air, dampak bagi bagi ekosistem, serta pengemasan dan pelabelan.
  • Memiliki kemampuan untuk didaur ulang jika siklus hidupnya habis: produk ramah lingkungan juga unik karena bisa didaur ulang saat siklus hidupnya habis. Kecenderungan ini dapat mengurangi jumlah sampah karena elektronik tersebut bisa dimanfaatkan kembali meskipun fungsi utamanya sudah tidak berjalan seperti semestinya.
  • Memakai energi secara lebih efisien: jangan lupa pula kalau produk elektronik ramah lingkungan lebih efisien dari segi penggunaan energi. Misalnya, AC konvensional bisa menggunakan energi sebanyak 300 hingga 400 watt, sedangkan AC modern berteknologi inverter hanya butuh energi kurang dari 150 watt.
  • Mempunyai siklus hidup lebih lama: karakteristik produk elektronik ramah lingkungan juga tercermin dari siklus hidup lebih lama dari produk sejenis yang konvensional. Keunggulan ini penting untuk meminimalkan limbah elektronik sebab produk tersebut tahan banting dan bisa digunakan lebih lama.
  • Memanfaatkan kemasan yang juga ramah lingkungan: usaha untuk membuat produk elektronik menjadi ramah lingkungan bukan sekadar tentang bahan baku dan siklus hidup. Ada hal penting lainnya yang tidak boleh diabaikan, yaitu kemasan. Suatu produk elektronik ramah lingkungan akan semakin sempurna jika terbungkus dalam kemasan yang bahannya juga ramah lingkungan serta dapat didaur ulang.

Apa Tujuan dan Manfaat Penggunaan Produk Elektronik yang Ramah Lingkungan?

Beberapa tujuan dan manfaat yang dapat diwujudkan bila Anda menggunakan produk elektronik ramah lingkungan, yaitu:

  • Mengurangi risiko kerusakan lingkungan dari segi zat residu berbahaya maupun limbah sampah elektronik.
  • Membantu menjaga kesehatan diri sendiri, keluarga, dan orang terdekat lain sebab biasanya elektronik ramah lingkungan juga memiliki dampak negatif yang minim bagi kesehatan. Misalnya, AC ramah lingkungan dirancang dengan teknologi canggih yang mampu membasmi mikroorganisme penyebab penyakit pada udara dalam ruangan.
  • Memaksimalkan penghematan pribadi karena rata-rata produk elektronik ramah lingkungan memiliki siklus hidup lebih panjang dan konsumsi listrik lebih sedikit daripada elektronik konvensional.
  • Melatih kecermatan karena Anda harus ekstra teliti sewaktu memilih produk elektronik ramah lingkungan. Pemilihan bukan sekadar tentang fitur, melainkan juga efisiensi energi serta dampak lingkungan yang dihasilkan suatu produk.
  • Mendukung inovasi dan kreativitas produsen elektronik karena animo masyarakat yang besar terhadap elektronik ramah lingkungan akan memicu eksekusi ide untuk produk serupa yang lebih baik di masa depan.

Salah satu contoh produk ramah lingkungan sederhana yang digagas AQUA Elektronik khusus untuk masyarakat modern adalah AC AQA-KCR5VQCL. Pendingin ruangan yang mengusung konsep ramah lingkungan ini dilengkapi beberapa fitur canggih sebagai berikut:

Self Clean: unit dapat membersihkan evaporator hanya dengan menekan satu tombol.

Inverter Plus Technology: teknologi ini membuat AC mampu menghemat penggunaan daya listrik hingga 63%.

Hyper PCB: proteksi tambahan konformal lebih tebal dengan desain lebih solid serta tahan terhadap SV hingga 550 V.

U Bend Coating & Anti Bacteria: perlindungan tambahan di U-Bend terhadap kebocoran freon karena aus. Blue fin juga dilapisi Nano Silver yang menghambat pertumbuhan bakteri dan jamur.

Wide Voltage: kinerja tetap stabil dan optimal pada rentang voltase yang lebar (160 V – 242 V).

Kehadiran produk pendingin ruangan ramah lingkungan seperti AC AQA-KCR5VQCL siap mendukung pelestarian lingkungan mulai dari rumah. Nikmati pengalaman beraktivitas di ruangan sejuk tanpa mengkhawatirkan dampaknya bagi permasalahan lingkungan.

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003